Skip to main content
Menu

Tips Berkendara yang Aman, Nyaman dan Bebas Emosi

Tips Berkendara yang Aman, Nyaman dan Bebas Emosi

Ada beberapa tips berkendara yang harus dilakukan agar saat mengendarai kendaraan tidak merugikan orang lain

Baca Juga

Berkendara bukan hanya sekedar bisa mengendarai kendaraan tanpa peduli dengan hal-hal yang perlu diperhatikan. Ada beberapa tips berkendara yang harus dilakukan agar saat mengendarai kendaraan tidak merugikan orang lain.

Tips Berkendara yang Aman, Nyaman dan Bebas Emosi

Banyak orang bahkan anak-anak dibawah umur sudah bisa mengendarai kendaraan namun kenyataannya mereka belum bisa sepenuhnya. Karena berkendara itu memerlukan perhatian penuh, memilik tanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain, dan yang paling utama adalah keterampilan.

Berkendara itu tidak hanya mementingkan diri sendiri yang seakan-akan kalau sudah dijalan raya, kita lah yang berkuasa. Tidak, banyak orang yang membutuhkan jalan, dan banyak orang yang memiliki tujuan yang berbeda-beda.

Dengan adanya tujuan yang berbeda ini, tentunya ada perbedaan dalam berkendara. Ada yang terburu-buru karena urusan pekerjaan, ada keluarga yang dapat musibah, atau urusan lainnya. Jika keadaannya seperti itu, maka suasana hati setiap pengendara tentunya berbeda.

Tips Berkendara yang Aman, Nyaman dan Bebas Emosi

Jika suasana hati sudah tidak nyaman, maka fokus dalam berkendara akan berkurang dan hal ini akan menimbulkan kecelakaan karena faktor Anda sendiri. Nah dibawah ini, ada beberapa tips berkendara yang dapat membantu agar perjalanan tetap aman, selamat, nyaman dan tidak stress.

1. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Dalam keadaan apapun jika sudah mengendarai kendaraan baik itu roda dua atau empat, wajib mematuhi aturan lalu lintas. Mulai dari batas kecepatan, rambu lalu lintas, dan jalur jalan yang harus dilewati semuany harus dipatuhi.

Jika kondisi Anda dalam keadaan tidak nyaman dan tetap berkendara, maka secara otomatis akan melanggar beberapa aturan berlalu lintas. Dan jika ini terjadi maka akan menimbulkan kecelakaan.

2. Fokus pada Perjalanan

Banyak kecelakaan yang terjadi karena mereka tidak fokus atau karena ada beban pikiran yang mengganggu, selain itu karena menggunakan ponsel saat mengemudi. Jika Anda terbiasa menggunakan ponsel, alangkah baiknya untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Apapun jenis kendaraan yang Anda gunankan jika menggunakan ponsel selama berkendara maka akan mengaligkan perhatian Anda dari jalan raya dan hal tersebut akan menimbulkan kecelakaan yang disebabkan oleh Anda sendiri.

3. Jaga Jarak Aman

Ketika Anda berada dibelakang kendaraan lain, perhatikan jarak aman yang digunakan. Jangan terlalu dekat dengan kendaraan yang didepan dan atau lebih baik agak mundur. Hal ini untuk menjaga keadaan darurat seperti kendaraan didepan berhenti mendadak.

4. Gunakan Sabuk Pengaman

Apakah Anda selalu menggunakan sabuk pengaman setiap kali berkendara menggunakan mobil? Atau menggunakan helm saat berkendara roda dua? Selalu gunakan sabuk pengaman dan helm saat berkendara.

Dengan menggunakan sabuk pengaman atau helm akan membuat perjalanan Anda semakin aman dan nyaman. Dan pastinya dengan menggunakn sistem keamanan dalam berkendara ini sebagai langkah awal tindakan pencegahan.

5. Istirahat Secukupnya

Jika ingin bepergian dengan jarak yang cukup jauh, lebih baik sebelumnya sudah istirahat yang cukup. Misalkan besok pagi akan bepergian, maka malam hari sebelumnya sudah tidur yang cukup.

Kecelakan sering terjadi diakibatkan karena kelelahan atau capek. Oleh karena itu, istirahat sebelum memulai perjalan ini tidak hanya untuk Anda saja tapi juga untuk pengendara yang lainnya.

6. Hindari Berkendara Saat Emosi Tinggi

Adanya masalah adalah salah satu penyebab emosi tidak stabil dan jika dengan kondisi ini Anda berkendara maka akan mengganggu konsentrasi berkendara. Oleh karena itu, jika ada masalah, lebih baik tenangkandiri terlebih dulu.

7. Periksa Kendaraan Secara Berkala

Emosi dalam berkendara tidak hanya disebabkan oleh masalah pribadi saja, tapi masalah kendaraan yang tiba-tiba macet dijalan. Nah agar tidak terjadi masalah dengan kendaraan saat perjalanan, alangkah baiknya untuk melakukan cek kendaraan terlebih dulu.

8. Menggunakan Ponsel Selama Darurat

Sudah banyak korban kecelakaan dijalanan hanya gara-gara menggunakan ponsel sambil berkendara. Jika ada panggilan atau ponsel berdering, lebih baik berhenti sejenak, jangan membiasakan diri menggunakan ponsel saat berkendara.

9. Memahami Cuaca dan Kondisi Jalan

Jika musim hujan dengan kondisi jalan licin atau cuaca buruk pertimbangkan kembali untuk melanjutkan perjalanan. Lebih baik berhenti sejenak sambil minum kopi menunggu hujan reda.

Suasana tenang dan adem saat berhenti berkendara menunggu hujan reda dengan secangkir kopi, akan membuat pikiran tenang dan badan terasa lebih enteng.

10. Tetap Tenang dalam Kemacetan

Kemacetan lalu lintas tidak akan pernah dihindari, yang perludi hindari adalah sikap yang memaksakan diri untuk menerobos kemacetan. Selain meningkatkan emosi, juga akan mengganggu pengendara yang lain karena ulah Anda.

Itulah beberapa tips berkendara yang aman, nyaman, dan bebas emosi yang bisa kita lakukan agar tetap aman dan membuat pengendara lain aman dan nyaman. Dengan mengikuti tips berkendara di atas, akan mengurangi risiko kecelakaan.