Skip to main content
Menu

Tips Transaksi Aman Menggunakan ATM

Tips Transaksi Aman Menggunakan ATM

Dalam menggunakan mesin ATM sebagai alat untuk transaksi pembayaran, ada beberapa tips mudah yang bisa dilakukan agar transaksi tetap aman dan tenang

Baca Juga

Melakukan transaksi secara digital memang sangat memudahkan dan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Transaksi digital ini bisa dilakukan secara online atau menggunakan media eletronik yang bisa memudahkan untuk melakukan pembayaran atau pembelian secara digital. Salah satu transaksi yang sering menggunakan media elektonik adalah menggunakan ATM.

Tips Transaksi Aman Menggunakan ATM

Anjungan Tunai Mandiri atau ATM yang sering digunakan untuk bertransaksi adalah salah satu mesin otomatis yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran atau pembelian secara digital.

Mesin ATM ini dsediakan oleh masing-masing bank atau lembaga keuangan yang bisa digunakan oleh para nasabah bank itu sendiri atau nasabah bank lainnya. Biasanya mesin ATM ini ditempatkan dipusat perbelanjaan, tempat umum dan didekat kantor bank.

Namun yang lebih ekstrim terkadang ada mesin ATM yang ditempatkan ditempat sepi didalam bangunan dengan ukuran 2x2. Padahal salah satu transaksi yang aman menggunakan ATM adalah memilih lokasi yang aman.

Transaksi yang Menggunakan ATM

Dengan menggunakan ATM, Anda bisa melakukan berbagai transaksi penjualan atau pembayaran dan saat ini sudah bisa mengambil uang secara tunai atau melakukan pembayaran secara tunai melalui mesin ini.

Jadi dengan menggunakan mesin anjungan ini, para nasabah dari berbagai bank tidak perlu mengunjungi bank untuk sekedar transfer, mengambil uang sekian juta, atau melakukan pembayaran lainnya.

Dibawah ini beberapa transaksi yang bisa dilakukan menggunakan mesin ATM:

  1. Penarikan Tunai

    Nasabah bisa melakukan tarik tunai sejumla uang yang mereka inginkan dengan jumlah maksimal per transaksi yang sudah diatur dengan mesin ATM ini. Untuk jumlah yang lebih besar, sangat disarankan untuk melakukan penarikan melalui kantor bank.

    Misalkan Anda tarik tunai sebesar 20 juta lebih, sangat disarankan untuk melalui kantor bank. Kenapa? Selain jumlahnya yang sangat besar, agar tidak terlalu lama berada didalam ATM.

  2. Setoran Tunai

    Selain bisa digunakan untuk tarik tunai, mesin ATM dibeberapa bank juga sudah bisa digunakan untuk melakukan setor tunai. Setor tunai ini dilakukan untuk mengirimkan uang ke rekening sendiri.

  3. Transfer Dana

    Dengan menggunakan mesin ATM, nasabah bisa melakukan transfer atau kirim uang ke rekening sendiri atau yang lainnya. Proses transfer ini tidak hanya dilakukan antar bank saja tap bisa dilakukan dengan bank yang berbeda.

  4. Cek Saldo

    Aktivitas yang sering dilakukan ketika memiliki kartu ATM adalah selalu ingin tahu berapa sisa saldo yang ada di rekening tabungan. Untuk beberapa tahun kebelakang, cek saldo memang selalu dilakukan di mesin ATM. Namun seiirng waktu, untuk cek saldo cukup melalui aplikasi m-Banking.

  5. Pembayaran Tagihan

    Beberapa ATM juga menyediakan layanan pembayaran tagihan seperti listrik, telepon, air, atau tagihan kartu kredit. Nasabah dapat memasukkan nomor tagihan dan jumlah pembayaran yang diinginkan.

Selain itu, ATM juga seringkali dilengkapi dengan fitur tambahan seperti penggantian kartu yang hilang, pembelian pulsa telepon seluler, dan pengecekan riwayat transaksi terakhir.

Baca Juga: Tips Bertransaksi di ATM yang Baik dan Sopan

Ingat! Adanya mesin ATM untuk memudahkan dan mempercepat proses transaksi, jika diluar mesin banyak yang Antri, perhatikan waktu Anda berada didalam mesin tersebut!

Tips Transaksi Aman Menggunakan ATM

Dalam menggunakan mesin ATM sebagai alat untuk transaksi pembayaran, ada beberapa tips mudah yang bisa dilakukan agar transaksi tetap aman dan tenang. Salah satunya adalah dengan menjaga kerahasian kode pin ATM.

Meskipun dengan menggunakan mesin ATM memberikan kemudahan dan cepat dalam bertransaksi, namun tetap wajib menjaga keamanan dengan cara memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Gunakan Mesin ATM yang Terpercaya

    Untuk menggunakan mesin ATM diperlukan kartu ATM, meskipun kartu ATM untuk satu bank ini bisa digunakan ke banyak mesin ATM, untuk penggunaanya harus menggunakan mesin ATM yang terpecaya.

    Dalam artian, jangan menggunakan mesin ATM yang tidak pernah diketahui sebelumnya. Atau minimal menggunakan mesin ATM sesuai dengan bank penerbit kartu ATM.

  2. Jaga Kerahasiaan PIN

    PIN atau Personal Identification Number adalah kode keamanan yang digunakan untuk melakukan transaksi di mesin ATM dengan menggunakan kartu ATM. Jangan sekali-kali memberiathu kode PIN ini kesiapapun.

    Baca Juga: Cara Aman Membuat Password atau PIN

  3. Amankan Lingkungan sekitar saat Bertransaksi

    Saat memasuki ruang mesin ATM, jangan langsung menggunakan dan memasukkan kartu ATM kedalam mesin. Perhatikan dulu keadaan didalam ruang mesin ATM tersebut. Apakah mesin ATM rusak atau ada hal-hal yang mencurigakan.

    Jika ada hal-hal yang mencurigakan, segera keluar dan lapor kebagian security yang menjaga mesin ATM tersebut. Jika mereka ada, jika tidak ada segera tinggalkan dan jika ada orang lain, sampaikan saja kalau mesin sepertinya rusak.

  4. Gunakan Tangan untuk Menutupi saat Memasukkan PIN

    Meskipun tampilan atau letak tombol angka di mesin ATM agak masuk, namun tetap menggunakan tangan untuk menutupi angka-angka yang dipencet saat memasukkan nomor PIN.

    Dengan menutupi PIN ini setidaknya tidak ada yang bisa melihat tombol apa yang dipencet, bahkan untuk menghindari kamera atau CCTV yang mensorot ke arah mesin ATM.

  5. Rutin Ganti PIN

    Wajib dilakukan atau kartu ATM akan terblokir dengan sendirinya. Nomor PIN kartu ATM wajib diganti secara berkala, seberapa rumitpun kode angka yang dibuat untuk PIN wajib diganti.

    Hal ini dilakukan untuk menghindari peretasan dan mengamankan data pribadi diperbankan. Selain itu untuk mencegah pemblokiran kartu ATM karena tidak diganti kode PIN.

    Saat ini, beberapa bank sudah menerapkan blokir otomatis untuk PIN kartu ATM tidak ganti dalam jangka waktu tertentu. Biasanya 6 bulan nomer PIN tidak diganti, maka kartu ATM akan diblokir dan tidak bisa digunakan.

    Untuk menggunakan kembali, harus ke kantor Bank untuk melakukan reset PIN dan kartu ATM bisa diaktifkan kembali.

  6. Periksa Rekening secara Berkala

    Biasanya beberapa orang yang sering menggunakan kartu ATM, jarang sekali memeriksa buku tabungan. Biasanya mereka hanya mengisi rekening tabungan secara transfer dan mengambilnya dengan menggunakan mesin ATM.

    Setidaknya, jika aktif dalam bertransaksi secara online menggunakan kartu ATM, minimal 1 - 2 minggu sekali melakukan cek rekening secara berkala. Halini dilakukan untuk mengetahui semua transaksi yang terjadi.

Itulah beberapa tips transaksi aman menggunakan ATM yang bisa diterapkan ketika melakukan transaksi menggunakan mesin ATM secara terus menerus. Semoga bermanfaat.