Skip to main content
Menu

Memilih Besi UNP Terbaik Untuk Kebutuhan Bangunan Rumah Anda

Memilih Besi UNP Terbaik Untuk Kebutuhan Bangunan Rumah Anda

Jika Anda seorang kontraktor atau pemborong bangunan, pasti tidak asing dengan jenis besi UNP yang sering digunakan sebagai bahan utama bangunan

Baca Juga

Jika Anda seorang kontraktor atau pemborong bangunan, pasti tidak asing dengan jenis besi UNP yang sering digunakan sebagai bahan utama bangunan. Pemilihan besi yang juga disebut dengan besi kanal U ini merupakan pilihan tepat karena memiliki kualitas yang sangat baik.

Memilih Besi UNP Terbaik Untuk Kebutuhan Bangunan Rumah Anda

Besi UNP termasuk dalam kategori besi yang begitu umum digunakan dalam pembuatan rumah, gedung perhotelan sampai dengan perkantoran. Sesuai dengan namanya ia memiliki bentuk yang menyerupai huruf U.

Selain banyak digunakan di Indonesia sebenarnya produk besi yang satu ini juga populer digunakan di luar negeri, banyak diantaranya yang diekspor ke berbagai negara luar Indonesia.

Meski disebut dengan kata besi, tentunya bahan dari besi UNP ini bukan besi yang mudah berkarat, material atau bahan utama yang digunakan adalah baja dengan kualitas terbaik yang mampu menahan segala macam cuaca. Tidak mudah berkarat meskipun dibiarkan dalam keadaan terbuka.

Perlu Anda ketahui juga, standarisasi pembuatan besi Kanal U atau U Channal Steel ini sudah sesuai dengan standarisasi Eropa. Jadi tidak heran jika besi ini digunakan sebagai bahan utama struktur sebuah bangunan atau di bidang industri.

Bagi Anda yang ingin membeli jenis besi yang satu ini, maka ada beberapa tips yang dapat digunakan dalam pemilihannya agar mendapatkan yang terbaik, yaitu:

  1. Pastikan yang sudah berstandart SNI

    Untuk memastikan produknya yang sudah terjamin berkualitas, maka ada baiknya bagi Anda untuk membeli yang sudah berstandar SNI atau memenuhi standart nasional Indonesia, karena artinya kualitasnya sendiri memang sudah layak pakai.

  2. Pertimbangkan ketebalan besi

    Tentunya Anda ingin bukan mendapatkan besi yang punya kekuatan tinggi, artinya memang tidak akan mudah untuk patah, hal ini sangat bergantung dari ketebalan besi tersebut.

    Karena semakin tinggi tingkat ketebalannya, maka otomatis untuk kekuatannya juga jadi semakin baik, tidak akan mudah untuk patah atau retak.

  3. Pilih ukuran sesuai dengan kebutuhan

    Untuk ukuran sampai dengan bobotnya sendiri juga cukup bervariatif, tentunya ketika ukuran yang Anda butuhkan semakin besar maka nantinya bobot dari besi tersebut juga jadi lebih berat. Hal ini membutuhkan penopang yang lebih kuat ketika ingin dipasang atau untuk instalasinya.

  4. Harga

    Jangan lupakan juga mengenai harga sebelum Anda memutuskan untuk membeli, pastikan disesuaikan dengan budget atau keuangan yang dimiliki, sehingga tidak melebihi anggaran yang sudah ditentukan nantinya.

    Sesuaikan dengan kemampuan Anda, namun memang untuk kualitas terbaik umumnya dijual dengan harga relatif mahal.

  5. Order besi online

    Jika Anda ingin menggunakan besi jenis UNP sebagai bahan utama pembangunan gedung yang Anda rencanakan, Anda bisa melakukan pembelian secara online melalui website https://pbsukses.co.id/. PBS merupakan supplier besi dan baja yang sudah bekerjasama dengan banyak perusahaan.

    Semua jenis material untuk konstruksi ini bisa Anda dapatkan secara mudah, diantaranya adalah lewat Prima Bajaindo Sukses. Belanja material-material konstruksi disana jauh lebih menguntungkan, apalagi dengan harga yang bersaing dibandingkan yang lainnya, bisa beli online juga.

Selain jenis UNP maka juga ada besi CNP yang meskipun bentuknya mirip, namun punya fungsi yang berbeda.

Biasanya, besi CNP atau kanal C ini bisa digunakan sebagai rangka atap bangunan. Bagian rangka atap bangunan yang menggunakan jenis ini bisa Anda lihat di bangunan pabrik atau gudang.