Skip to main content
Menu

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Asam lambung meningkat atau naik karena ada perubahan pada proses pencernaan yaitu saluran kerongkongan dan lambung tidak tertutup rapat

Kalau sudah merasakan rasa tidak nyama seperti mual, mules, dada terasa panas, atau pahit maka waspadai terjadinya asam lambung naik. Keadaan seperti itu akan membuat badan tidak nyaman, aktivitas terganggu dan tentunya ada rasa bingung dengan kondisi yang dirasakan.

Asam lambung meningkat atau naik karena ada perubahan pada proses pencernaan yaitu saluran kerongkongan dan lambung tidak tertutup rapat. Sehingga hawa atau kondisi dari lambung kembali keatas atau mengalami refluks.

Terjadinya refluks inilah yang menyebabkan seseorang mual, tidak ada pada tenggorokan, tidak enak badan, dan terjadi dalam waktu yang cukup lama akan membuat badan lemas.

Nyeri ulu hati juga bagian gejala yang dirasakan jika asam lambung meningkat. Untuk mencegah terjadinya perubahan pada proses pencernaan ini, ada beberapa cara yang perlu dilakukan.

Dan yang perlu menjadi perhatian adalah Tidak semua orang mengalami kondisi asam lambung meningkat. Meskipun pola hidup dan pola makan orang tersebut kurang baik, belum tentu mengalami kondisi seperti itu.

Hal ini terjadi karena respon lambung dan kondisi pencernaan setiap orang sangat berbeda. Bahkan ada orang yang tidak kuat dingin atau berada dekat dengan kipas, dia mengalami mual dan muntah. Begitu juga dengan orang yang suka minum kopi dan tidak, memiliki respon yang berbeda.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Asam lambung meningkat atau mengalami peningkatan bisa disebabkan karena faktor tubuh yang kurang baik, kebiasaan yang tidak sehat dan bisa juga karena faktor keturunan.

Nah bagi Anda yang sering mengalami kondisi perut yang tidak nyaman ini, ada beberapa cara mengatasi asam lambung yang bisa dilakukan secara alami. Bahkan tidak perlu mengkonsumsi obat terlebih dulu.

Kecuali jika gejala semakin meningkat dan nyeri semakin meingkat, maka kontrol ke dokter dan mengkonsumsi obat sangat disarankan sesuai dengan advis dokter Anda.

Berikut cara menurunkan asam lambung secara alami:

  1. Jangan Terlalu Kenyang

    Perut yang terlalu kenyang memang tidak enak alias bikin tidak nyaman. Gerak susah, duduk susah, jalan pun susah dan tiduran pun juga tidak nyaman. Lebih konsumsi makanan dalam jumlah porsi kecil atau sedikit.

  2. Hindari Makanan Tertentu

    Hindari makanan yang membuat asam lambung meningkat dan menyebabkan terjadinya refluks. Beberapa makanan seperti makanan pedas, mengandung banyak bawang, berlemak, cokelat bisa menyebabkan terjadinya asam lambung meningkat.

    Namun seperti yang telah disebutkan diatas, respon lambung masing-masing orang dengan konsumsi makanan yang sama tentunya berbeda. Ada yang mengalami gejala dan tidak.

  3. Hindari Minuman Bersoda

    Jika Anda pernah minum-minuman bersoda ini tentu akan merasakan sensasi yang berbeda dari minuman biasa yaitu mudah bersendawa. Nah proses beresendawa berlebihan inilah yang bisa menyebabkan terjadi reflux, asam lambung balik keatas.

  4. Jangan Tidur Setelah Makan

    Siapa yang terbiasa tidur atau rebahan setelah makan? Hmmm... Pasti enak dan nyaman kan? Namun dibalik itu semua ada resiko yang membuat perut tidak nyaman.

    Oleh karena itu sangat tidak disarankan selesai makan, baik itu makan siang atau malam untuk tidak tidur atau pun rebahan. Apalagi jika selesai sarapan atau makan pagi, lebih sangat tidak disarankan.

  5. Jangan Olahrag Setelah Makan

    Apalagi perut dalam kondisi kenyang, malah akan memudahkan terjadinya refluks dan muntah. Terutama jika melakukan olahraga berat seperti langsung lari-lari, mengangkat beban berat, atau pun lompat-lompat.

  6. Berhenti Merokok

    Menurut penelitian, katup antara kerongkongan akan lebih mudah kendur jika sering merokok. Jika katup ini kendur, akan menyebabkan terjadi mual dan muntah akibat terjadi refluks.

    Dengan mengatur pola hidup yang baik dan pola makan yang teratur seperti tidak terlalu kenyang, mengurangi makanan yang merangsang atau terlalu banyak kaldu, olahraga teratur, dan sebagainya akan membantu pencernaan bekerja dengan baik sehingga terjadinya asam lambung naik dapat dicegah sedini mungkin.

Baca Juga Artikel Lainya:

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]