Skip to main content
Menu

Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Kedelai

Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Kedelai

Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Kedelai - Salah satu jenis kacang-kacangan yang sering ditemui dan banyak disukai oleh masyarakat adalah kedelai

Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Kedelai - Salah satu jenis kacang-kacangan yang sering ditemui dan banyak disukai oleh masyarakat adalah kedelai. Bahan dasar dari pembuatan tempe dan tahu ini bisa di makan sesuai selera, di masak dengan cara di kukus atau di goreng dengan bumbu penyedap membuat kedelai menjadi enak untuk dinikmati.

Bahkan tanaman yang tumbuh didaerah tropis ini juga bisa dicampur dengan makanan yang lain seperti urap-urap atau dicampur dalam makanan ketan. Namun yang paling saya senangi dari kedelai ini adalah jika dibuat susu kedelai yang segar dan nikmat.

Selain bisa dibuat berbagai aneka makanan atau masakan dan susu, kacang kedelai juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Manfaat kacang kedelai ini bisa dirasakan karena kandungan gizi yang ada pada kedelai tersebut.

Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Kedelai

Manfaat dan Kandungan Gizi Pada Kedelai

Seperti yang telah disebutkan diatas, dengan kandungan gizi pada kedelai, beberapa manfaat kacang kedelai bisa dirasakan untuk meningkatkan stamina dan kesehatan tubuh serta juga sebagai imunitas atau antioksidan.

Berikut beberapa manfaat kedelai dan kandungan gizi kedelai

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Salah satu kandungan gizi yang ada pada kedelai adalah protein nabati. Kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati tinggi yang dalam membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, dengan kandungan protein yang tinggi sel-sel dalam tubuh selalu diregenerasi dengan baik untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit.

Untuk itu, kacang kedelai sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari khususnya dalam bentuk susu dengan kandungan gula yang seimbang...

2. Membantu Mencegah Kanker

Siapa yang ingin menderita penyakit kanker? Tentu saja tidak ada yang ingin. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya kanker adalah pola hidup dan kebiasaan pola makan yang tidak teratur.

Nah, kacang kedelai dengan kandungan antioksidan didalamnya sangat dipercaya dalam membantu mencegah kanker atau bahkan sel-sel penyakit lainnya.

Antioksidan pada kedelai juga memiliki manfaat dalam membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh.

Dengan menyingkirkan radikal bebas yang tidak diinginkan didalam tubuh akan membuat tubuh selalu sehat dan fit setiap hari.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Sebagai salah satu organ terpenting dalam tubuh, jantung perlu diperhatikan dan dijaga kesehatannya dengan sebaik-baiknya agar tidak terjadi beberapa masalah pada jantung seperti penyakit jantung, pembesaran pada jantung, dan sebagainya.

Untuk itu, salah satu kandungan kedelai yang mengandung lemak tidak jenuh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang diproses didalam jantung. Dengan menurunkan kolesterol yang berlebihan secara baik maka kesehatan jantung tetap terjaga.

4. Mencegah Anemia

Salah satu manfaat kacang kedelai selain seperti yang telah disebutkan diatas adalah untuk mencegah terjadinya anemia. Manfaat ini didapatkan karena kedelai memiliki kandungan zat besi dan Vitamin B12 yang membantu dalam pembentukan sel-sel darah merah dalam tubuh.

Namun perlu juga diperhatikan, jika anda mengalami anemia dengan nilai Hb dalam darah kurang dari normal, mengkonsumsi kedelai bukan satu-satunya solusi, yang harus dilakukan adalah dengan cara transfusi darah.

5. Membantu Menyehatkan Pencernaan

Kedelai memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membantu pencernaan dalam melakukan 'pekerjaanya'. Dengan adanya serta dalam kedelai maka kontraksi otot dalam pencernaan tetap terjaga dengan baik.

Selain mengandung serta tinggi, kedelai juga mengandung zat antibakteri yang sangat membantu dalam proses pencernaan dan mencegah terjadinya diare.

Itulah kandungan gizi dan manfaat kacang kedelai yang bisa kami informasikan di blog Digital Poin ini. Dan perlu diperhatikan kembali, jika keluhan sakit anda terlalu berat maka mengkonsumsi kedelai dalam bentuk apapun tidak bisa dijadikan acuan.

Anda tetap membutuhkan nasihat dokter untuk mengatasi keluhan anda. Selain itu, jangan terlalu banyak mencampurkan gula kedalam masakan anda. Terimakasih

Baca Juga Artikel Lainya:

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]