Skip to main content
Menu

Manfaat Bangun Tidur Pagi Hari Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bangun Tidur Pagi Hari Untuk Kesehatan Tubuh

Apakah Anda tahu manfaat bangun tidur pagi hari untuk kesehatan? Tentu saja Anda tidak akan menyangka ternyata bangun tidur di pagi hari itu memiliki

Baca Juga

Apakah Anda tahu manfaat bangun tidur pagi hari untuk kesehatan? Tentu saja Anda tidak akan menyangka ternyata bangun tidur di pagi hari itu memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan. Bahkan untuk memulai hari menjadi lebih baik dari kemarin juga lebih terasa.

Sering begadang atau tidur malam? Cobalah untuk mengurangi porsi tidur malam anda yang terlalu malam, meskipun dalam keadaan lembur jangan sampai terlalu malam apalagi sampai dini hari karena tidur malam akan membuat bangun tidur pagi menjadi kesiangan.

Jika bangun pagi tidak pernah kamu dapatkan maka ada kerugian besar yang kamu rasakan karena ada banyak manfaat bangun pagi untuk kesehatan tubuh yang bisa kita rasakan.

Memang bangun pagi bagi sebagian orang adalah sesuatu yang sangat berat dilakukan apalagi kalau harus bangun pagi pada jam 04:00, jam 03:00, apalagi jam 02:00. Buat apa coba jam 4 pagi? Kebiasaan sebagian besar orang, bangun dilakukan pada jam 06:00 atau paling jam 05:30

Tahukah kamu kalau bangun pagi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Dengan catatan bangun pagi yang dilakukan adalah bangun pagi yang sehat.

Apa itu bangun pagi yang sehat? Bangun pagi yang dilakukan setelah melalui istirahat atau tidur pada malam hari yang cukup. Dan tentunya sudah tidak menimbulkan rasa kantuk saat bangun pagi. Jika bangun pagi dilakukan dengan rentang istirahat yang kurang pada malam harinya.

Misalnya tidur hanya 2 jam, setelah jam 6 baru bangun tidur. Tentu saja ini tidak sehat karena masih mimbulkan rasa kantuk karena istirahat yang kurang.

Manfaat Bangun Tidur Pagi Hari Untuk Kesehatan Tubuh

Untuk itu mulai saat ini, cobalah untuk bangun pagi lebih awal dan belajar melakukan hal itu karena ada manfaat bangun pagi untuk kesehatan tubuh yang dapat kita rasakan. Apalagi jika bangun pagi bersama keluarga akan terasa semakin baik.

Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Apa saja manfaat bangun pagi untuk kesehatan tubuh kita? yuk simak dibawah ini...

1. Udara Segar

Jika bangun pagi dilakukan setiap hari maka setiap hari juga kamu akan menghirup udara segara yang benar-benar bebas dari polusi. Baik di kota atau di desa, udara pagi masih benar-benar bersih dan ini sangat bagus untuk paru-paru dan tubuh kita.

2. Lebih Terasa Segar Bugar

Seperti yang telah dibahas diatas, jika bangun pagi dilakukan secara sehat maka tubuh akan benar-benar terasa lebih fit dan segar bugar. Jika tubuh lebih fit maka keadaan tersebut sangat baik untuk melakukan olahraga ringan seperti lari-lari kecil atau pelemasan dan peregangan otot.

3. Memaksimalkan Kinerja Otak

Di pagi hari udara masih bebas dari polusi yang bisa kita nikmati. Dengan menikmati udara di pagi hari akan membuat otak bekerja secara baik dan maksimal.

4. Pemandangan Indah dan Segar

Dimananpun tempatnya baik di kota, di desa atau di pegunungan menikmati suasana pagi yang sejuk dan segar akan selalu menghadirkan pemandangan yang indah seperti terbit matahari atau menapaki embun pagi direrumputan depan rumah. Sungguh ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

5. Lebih Bahagia & Ceria

Bangun pagi yang dilakukan setiap hari sangat baik bagi tubuh, mampu meningkatkan mood dan membuat kita lebih ceria dan bahagia. Bandingkan dengan seseorang yang bangunnya siang terus, mereka akan lebih mudah marah dan emosi lebih meningkat karena akan selalu dikejar waktu dan kaget karena kesiangan.

Itulah manfaat bangun tidur pagi untuk kesehatan tubuh yang bisa dilakukan setiap hari. Apalagi jika bangun pagi langsung mandi, minum segelas susu, dan mulai menikmati keindahan alam di pagi hari. Selamat mecoba.