Skip to main content
Menu

Tata Cara Sholat Taubat 2 Rakaat

Tata Cara Sholat Taubat 2 Rakaat

Sholat taubat adalah salah satu ibadah yang dilakukan dalam rangkan mengaskan untuk bertaubat kepada Allah. Sholat ini dilakukan setiap hari dengan me

Sholat taubat adalah salah satu ibadah yang dilakukan dalam rangkan mengaskan untuk bertaubat kepada Allah. Sholat ini dilakukan setiap hari dengan mengingat dosa-dosa yang telah dilakukan.

Tata Cara Sholat Taubat 2 Rakaat

Jadi tidak hanya waktu atau setelah sadar melakukan perbuatan dosa, sholat taubat ini dilakukan. Sebagai manusia, semua tidak luput dari dosa dan khilaf kepada Allah. Perbuatan-perbuatan yang tanpa disengaja, sering dilakukan oleh kita semua.

Bahkan perbuatan yang disengaja kita lakukan, seharusnya mendapatkan porsi lebih untuk meminta ampunan kepada Allah dengan cara tidak mengulangi perbuataan tersebut dan meminta petunjuk agar dijauhkan dari perbuatan seperti itu lagi.

Dan juga perbuatan-perbuatan yang lainnya, yang mengundang dan mengandung dosa. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang, Allah pasti akan memberikan ampunan dari setiap perbuatan khilaf yang kita lakukan.

Asalkan kita sungguh-sungguh dan memoho maaf dan ampunan dengan cara tidak melakukan perbuatan seperti itu lagi dan tentunya dengan salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan setiap hari yaitu dengan melakukan sholat taubat.

Dengan melakukab sholat taubat, menggambarkan kesungguhan dalam bertaubat dan tidak akan melakukan perbuatan yang sama atau perbuatan yang lainnya.

Tata Cara Melakukan Sholat Taubat

Bagaimana cara melakukan sholat taubat? Syarat dan rukun sholat sama dengan melakukan sholat-sholat yang lainnya. Namun untuk hukumnya adalah sunnah, boleh dilakukan dan tidak berdosa jika tidak dilakukan.

Rakaat yang dilakukan adalah minimal 2 rakaat, lebih dari 2 rakaat tidak masalah selama tidak mengganggu niat dalam melakukan ibadah ini. Maksdunya apa? Misalkan dilakukan lebih dari 4 rakaat lebih, ternyata konsentrasi saat sholat malah terganggu dengan pikiran Anda sendiri.

Waduh, kok malah jadi capek ya kalau lebih dari 4 rakaat... Pikiran-pikiran seperti itulah yang malah mengganggu kekhusukan dalam beribadah. Oleh karena itu, jika masih tahap awal, lebih baik pilih 2 rakaat saja.

Berikut cara-cara dalam melakukan sholat taubat 2 rakaat:
  1. Membaca Niat

    ُأصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِركعتين مستقبل القبلة لله تعالى

    Bacaan: Usholli sunnatat taubati rok'ataini mustaqbilal qiblati lillaahitaala

    Artinya: Aku berniat sholat sunnah taubat dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Subḥānahu wataʿālā

  2. Dilakakuan secara perorangan

    Sholat yang meminta ampunan akan dosa-dosa sendiri ini dilakukan secara perorangan, dan tidak bisa dilakukan secara kelompok atau berjemaah. Hal ini dilakukan agar niat untuk taubat bisa dilakukan dengan sungguh-sungguh.

  3. Dilakukan kapan saja

    Tidak ada larangan atau ketentuan yang menyatakan untuk melakukan ibadah taubat ini dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Sholat taubat bisa dilakukan kapan saja. Namun yang sangat dianjurkan adalah pada malam hari.

  4. Dikerjakan 2 rakaat

    Sholat taubat dikerjakan paling sedikit hanya 2 rakat dan paling banyak adalah 6 rakaat. Jika dilaksanakan lebih dari 2 rakaaat maka masing-masing tetap dilakukan 2 rakaat, hingga terhitung total 4 rakaat atau 6 rakaat.

  5. Membaca istighfar setelah sholat

    أَسْتَغْفِرُ اللهَ اْلعَظِيْمِ اَلَّذِ يْ لَا إِلَهَ إِلاَّ هُوَالْحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُوا اِلَيْهِ تَوْبَةًعَبْدِالظَّا­ لِمِيْنَ لَايَمْلِكُ لِنَفْسِهِ ضَرًا وَّلَانَفْعًا وَّلَامَوْتًا وَّلَاحَيَاةًوَّلَان­ُشُوْرًا

    Bacaan: Astaghfirullaahal ‘azhiimal-ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi taubata ‘abdin zhaalimin laa yamliku linafsihi dharran wa la naf’an walaa mautan wa laa hayaatan wa laa nusyuuraa

    Artinya: Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung. Aku mengaku bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, Tuhan yang hidup terus selalu jaga. Aku memohon taubat kepada-Nya dengan taubatnya seorang hamba yang banyak berdosa yang tidak mempunyai daya upaya untuk berbuat mudarat atau manfaat untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti

    Atau cukup dengan membaca istighfar yang singkat ini: أَسْتَغْفِرُ اللهَ اْلعَظِيْمِ

  6. Membaca Doa Sholat Taubat

    اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

    Bacaan: Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana 'abduka, wa ana ala ahdika wawa'dika mastatha'tu, audzubka min syarrima shana'tu, abu'u laka bini'matika alayya wa abu'u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa Anta

    Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain-Mu

Mengerjakan sesuatu yang baik dan semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah dan tidak bertentangan dengan hukum Islam, apakah dikatakan tidak baik? Atau haruskah ada sunnah atau hadits yang harus memuat hal-hal seperti itu?

Itulah tata cara sholat taubat 2 rakaat atau lebih yang bisa dilakukan setiap hari.

Baca Juga Artikel Lainya:

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]