Skip to main content
Menu

Sarapan Khusus Penderita Diabetes Melitus (DM)

Sarapan Khusus Penderita Diabetes Melitus (DM)

Baca Juga

Sarapan Khusus Penderita Diabetes Melitus (DM) - Kami telah mendengar berkali-kali bahwa sarapan adalah makanan terpenting pada pagi hari karena memiliki manfaat seperti untuk membantu metabolisme tubuh, mencegah keinginan makan yang berlebih, dan membantu orang menurunkan berat badan.

Selain itu, sarapan sereal dilakukan terkadang karena tidak punya waktu di pagi hari untuk mengolah makanan atau memasak. Karena itu, orang sering bertanya kepada saya, "Bolehkah saya makan sereal dingin untuk sarapan?".

Boleh-boleh saja kamu memilih sereal sebagai sarapan khusus di pagi hari namun tidak demikian jika kamu memiliki riwayat penyakit diabetes. Meskipun mungkin lebih baik untuk makan sesuatu untuk sarapan daripada tidak sama sekali, sereal dingin biasanya bukan pilihan terbaik untuk seseorang dengan diabetes yang sedang mencoba menurunkan berat badan.

Sarapan Khusus Penderita Diabetes Melitus (DM)

Sarapan Sereal Untuk Penderita Diabetes Melitus Apakah Perlu Dilakukan?

Untuk penderita diabetes melitus (DM), sarapan sereal bukanlah pilihan tepat yang harus dilakukan, apalagi setiap hari, karena dalam sereal sendiri ada beberapa komposisi atau kandungan yang tinggi gula.

Jika sereal yang dimakan mengandung banyak gula, maka sangat berbahaya bagi penderita diabetes. Untuk itu, pilih lah sereal yang benar-benar aman bagi kamu yang punya riwayat penyakit gula darah.

Dan berikut beberapa alasan kenapa sarapan sereal untuk penderita diabetes melitus tidak disarankan untuk penderita diabetes melitus:

Pertama, penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang dengan diabetes cenderung memiliki gula darah dan kontrol berat badan yang lebih baik ketika memulai hari dengan lemak tinggi, protein tinggi, sarapan karbohidrat lebih rendah.

Protein dan lemak cenderung dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama, biasanya menghasilkan lebih sedikit asupan kalori secara keseluruhan.

Selain itu, gula darah cenderung naik lebih tinggi setelah sarapan dan orang dengan diabetes melitus akan menyebabkan gula darah menjadi naik.

Kedua, banyak orang mengonsumsi sereal yang dapat menyebabkan kelebihan kalori dan asupan karbohidrat. Satu porsi sereal adalah sekitar 3/4 cangkir.

Secangkir sereal biasanya akan mengandung 120 kalori dan 24 gram karbohidrat. Jumlah karbohidrat ini setara dengan makan hampir dua potong roti, tanpa buah atau susu.

Sedangkan makanan sereal 3/4 cangkir dengan satu buah pisang dan satu cangkir susu rendah lemak mengandung sekitar 340 kalori dan 66 gram karbohidrat (sekitar empat potong roti).

Meski kalori tidak terlalu tinggi, kuantitas atau jumlah makanannya kecil dan kandungan karbohidratnya tinggi. Namun, kebanyakan penderita diabetes harus makan sekitar 30-45 g karbohidrat untuk sarapan dan yang paling baik saat makan kurang dari 30 g saat sarapan.

Ketiga, tidak semua sereal memiliki kandungan yang sama. Sereal yang biasanya kita makan ada yang memiliki tekstur kasar dan halu, namun untuk kandungannya hampir semua sereal mengandung kalori, karbohidrat, dan gula.

Ketika memilih sereal, penting untuk memilih sereal yang rendah gula dan tinggi serat.

Usahakan memilih sereal yang memiliki kurang dari enam gram gula dan setidaknya tiga gram serat. Memilih sereal gandum adalah yang terbaik, karena penelitian menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya biji-bijian dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Apakah Semua Sereal Sehat?

Beberapa sereal lebih sehat daripada yang lain. Misalnya, sereal gandum dibuat dengan bahan-bahan yang sehat dan alami seperti kacang yang sehat, tetapi juga bisa kaya kalori dan lemak untuk porsi kecil.

Kabar baiknya adalah jika kamu memilih dengan bijak dan memperhatikan porsi seral yang kamu butuhkan, kamu dapat menikmati sereal tanpa ada rasa khawatir.

Bahkan, banyak sereal diperkaya dengan vitamin dan mineral, yang dapat membantu orang memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Untuk seseorang dengan diabetes, waktu yang baik untuk makan sereal bisa dilakukan sebelum berolahraga.

Aktivitas fisik membantu membakar gula (glukosa). Jika kamu adalah seseorang dengan diabetes melitus dan dalam pengobatan, alangkah baiknya jika kamu makan karbohidrat terlebih sebelum berolahraga untuk mencegah gula darah rendah selama aktivitas fisik.

Dan dibawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi karbohidrat yang biasanya terdapat dalam sereal:

  • Pilih sereal hangat seperti oatmeal atau campuran biji-bijian utuh dan tambahkan kacang-kacangan untuk menambahkan serat, protein, dan lemak sehat.

    Sebagai contoh: 1/2 cangkir oatmeal dimasak dengan 3/4 cangkir blueberry, dan 2 sendok makan kacang kenari cincang, dengan kayu manis atasnya.

  • Jika Anda memilih sereal dingin, perhatikan beberapa hal berikut ini:
    1. Baca label dan perhatikan kandungan dari sereal tersebut.
    2. Pilih sereal yang merupakan gandum utuh (bahan pertama harus mengatakan gandum), bukan tepung.
    3. Pilih sereal yang memiliki setidaknya tiga gram serat dan tidak lebih dari enam gram gula.
    4. Hindari menambahkan buah kering, gula, atau pemanis kalori lainnya, seperti madu dan gula.
    5. Tambahkan satu porsi buah serat tinggi untuk meningkatkan kandungan serat seperti: blueberry, raspberry, stroberi
    6. Pilih susu almond tanpa pemanis karena lebih sedikit karbohidrat daripada susu sapi.

Apa Sereal yang Bagus untuk Dikonsumsi?:

Jika kamu seorang penderita diabetes, kamu dapat memilih sereal mana yang paling cocok untuk kamu dengan menguji gula darah kamu sebelum dan dua jam setelah makan.

Jika gula darah normal, maka kamu tidak perlu khawatir dengan pilihan sereal yang telah kamu pilih. Banyak yang mengatakan bahwa gula darah mereka adalah yang terbaik dan mereka merasa paling puas ketika mereka mengonsumsi merek sereal dingin sesuai dengan pilihan mereka.

Disini kami tidak bisa memberikan contoh sereal yang baik untuk penderita diabetes melitus. Lebih baik konsultasikan dengan dokter kamu.

Jadi, sereal bukanlah pilihan yang baik untuk semua orang dengan diabetes, tetapi mungkin lebih baik daripada tidak makan apa-apa dan dapat menambahkan vitamin, mineral, dan serat ke dalam diet atau menu makanan kamu agar bisa membantu mencegah gula darah rendah.

Kunci terbaik untuk makan sereal adalah dengan tetap menyajikan satu porsi yang kamu butuhkan. Semoga bermanfaat.

Untuk menemukan artikel lainnya, gunakan kolom pencarian :

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: