Skip to main content
Menu

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1443 H

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1443 H

Begitu juga dengan artikel ini, adalah artikel pertama di hari pertama saya menjalankan ibada puasa Ramadhan

Beberapa menit yang lalu saya dan keluarga, termasuk ibu saya sudah makan sahur di hari pertama puasa Ramadhan ini. Begitu juga dengan artikel ini, adalah artikel pertama di hari pertama saya menjalankan ibada puasa Ramadhan. Sambil menungguh waktu imsak, saya menyempatkan diri untuk membuat artikel ini.

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1443 H

Jika imsak sudah tiba, itu artinya saya sudah tidak boleh makan dan minum. Karena menurut pemahaman yang kami ikuti, imsak merupakan batas tegas antara berakhirnya waktu sahur dengan waktu Subuh. Memang ada yang menyatakan, kalau saat imsak tiba, masih ada yang memperbolehkan untuk makan dan minum.

Tidak bagi saya dan keluarga saya, waktu imsak adalah waktunya memulai untuk berpuasa Ramadhan.

Sambil mendengarkan suara orang ngaji di masjid dekat rumah, pelan tapi pasti saya mengetik artikel ini sampai memikirkan setiap kata dan kalimat yang saya ketikkan langsung.

Kerasnya suara orang mengaji yang terdengar melalui Toa atau speaker masjid dan dengan sekali-kali pengurus masjid menyampaikan peringatan tentang waktu imsak yang akan segera tiba. Kerasnya suara orang mengaji yang didengarkan melalui kaset dan suaranya pengurus masjid yang setiap beberapa menit mengingatkan tentang waktu imsak sama sekali tindak mengganggu saya dan keluarga saya.

Begitu juga dengan para tentang yang dekat dengan masjid dan dekat rumah saya tidak ada yang merasa terganggu. Bahkan sayup-sayup terdengar dengan jelas dari masjid di desa sebelah juga terdengar. Padahal menteri agama sudah memutuskan membatasi penggunaan pengeras suara. Jika mengikuti peraturan penggunaan pengeras suara untuk kepentingan ibadah yang dibatasi tersebut akan membuat masyarakat, bahkan saya sendiri yang mulai lahir mendengarkan sejak lahir akan merasa aneh karena sunyi.

Padahal sangat penting jika ada pengeras suara yang digunakan untuk kepentingan ibadah. Toh bukan hanya orang muslim sendiri yang merasakan manfaat dari pengeras suara ini, orang non muslim pun merasakan manfaatnya.

Apalagi di saat seperti sekarang ini, di bulan suci yang penuh berkah, bulan puasa Ramadhan memberikan sejuta manfaat untuk kita semua. Oleh karena itu, marilah dimulai dari kita sendiri untuk saling memahami bahwa hal-hal yang terbiasa sudah ada dan sudah diterima oleh semua masyarakat tidak usah dicari-cari masalahnya, hanya untuk membatasi hal-hal tersebut.

Apalagi saat ini sudah bulan puasa Ramadhan, marilah saling menjaga untuk kepentingan bersama. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1443 hijriyah.

Imsak sudah tiba, penulisan artikel ini saya sudahi dulu meskipun masih ada yang akan saya tulis karena juga akan siap-siap ke masjid untuk sholat subuh berjamaah.

Baca Juga Artikel Lainya:

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]