Skip to main content
Menu

Cara Mudah Meraih atau Bertemu Malam Lailatul Qadar

Cara Mudah Meraih atau Bertemu Malam Lailatul Qadar

Cara Mudah Meraih atau Bertemu Malam Lailatul Qadar - Setiap umat muslim pasti ingin bertemu dengan malam Lailatul Qadar, namun tidak semua umat musli

Baca Juga

Cara Mudah Meraih atau Bertemu Malam Lailatul Qadar - Setiap umat muslim pasti ingin bertemu dengan malam Lailatul Qadar, namun tidak semua umat muslim bisa bertemu dengan malam penuh berkah tersebut. Meskipun banyak ulama dan hadits yang menjelaskan akan waktu terjadinya malam Lailatul Qadar yaitu 10 hari terakhir di bulan Ramadhan atau terjadi pada malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan yaitu malam 21, 23, 25, 27 dan 29. Seperti yang diriwayatkan dalam hadits berikut ini:

Cara Mudah Meraih atau Bertemu Malam Lailatul Qadar

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِفِي الْوِتْرِمِنَ الْعَشْرِالْأَوَاخِرِمِنْ رَمَضَانَ

Artinya, "Carilah lailatul qadar pada malam ganjil sepuluh terakhir Ramadhan." (HR Al-Bukhari).

Sulitkah untuk bertemu dengan Lailatul Qadar? Tentu saja tidak, karena dari waktu yang diperkirakan dan sudah banyak diketahui, kita semua bisa dengan mudah bertemu dengan malam Lailatul Qadar. Tidak ada kesulitan yang menghadang untuk bertemu dengannya. yang menjadi penyulit atau penghalang untuk bertemu dengan malam seribu bulan tersebut tergantung dari niat dan keinginan masing-masing individu.

Dalam sebuah riwayat Ibnu Bathal disebutkan, perkiraan malam Lailatu Qadar terjadi pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan, sebab pada waktu itu, Rasulullah memperbanyak melakukan ibadah dan meningkatkan amal shaleh. Hal ini juga tertulis dalam hadits riwayat Bukhari yaitu:

'Aisyah mengatakan, "abi Muhammad SAW ketika memasuki sepuluh terakhir Ramadhan, beliau fokus ibadah, mengisi malam harinya dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ibadah".

Jadi untuk bertemu dengan malam Lailatul Qadar dengan memperbanyak melakukan ibadah pada 10 terkahir Ramadhan. Bahkan dalam melakukan ibadah tidak hanya dilakukan pada malam hari tapi juga disiang hari.

Cara Mudah Meraih atau Bertemu Malam Lailatul Qadar

Dari beberapa sumber dan beberapa hadits yang telah disebutkan diatas, untuk bertemu dengan malam Lailatul Qadar yaitu dengan memperbanyak melakukan ibadah dan amal perbuatan baik lainnya. Selain itu ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan yaitu:

  1. Berpuasa Di Siang Hari: Karena Lailatul Qadar bertepatan pada bulan Ramadhan dan Lailatul Qadar sendiri terjadi pada malam hari maka pada siang hari diwajibkan untuk berpuasa. Puasa yang dimaksud juga tidak hanya sekedar menahan lapar atau haus, tapi juga menjaga perbuatan atau perilaku kita serta menjaga mata, mulut, telinga, tangan, kaki dan kemaluan kita.
  2. Sholat Malam: Ibadah malam yang dilakukan adalah sholat tarawih, sholat Lailatul Qadar, membaca Al Quran dan melaksanakan sholat tahajjud setelah tidur. Jumlah rakaat yang dianjurkan dalam sholat tahajjud adalah 8 rakaat dengan 2 rakaat satu kali salam.
  3. Membaca Amalan atau Doa: "Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni" (Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang minta ampunan, ampunilah aku).

Lakukan cara diatas setiap waktu, siang dan malam. Dengan melakukan ibadah dan amalan baik lainnya secara istiqomah setiap waktu, siang dan malam dengan ikhlas dan mengharap rahmat serta ridho dari Allah SWT, semoga kita bisa bertemu dengan Lailatul Qadar. Jika setelah kita melakukan ibadah dengan baik dan belum bertemu dengan Lailatul Qadar, jangan menyesali karena iabadah yang kita lakukan Insyaallah akan memberikan kemudahan bagi kita di dunia dan akhirat. Aamiin