Skip to main content
Menu

Tips Pola Hidup Sehat Untuk Wanita Sehari-hari

Tips Pola Hidup Sehat Untuk Wanita Sehari-hari

Menjalankan pola hidup sehat yang baik sehari-hari dan tentunya tidak terlalu membutuhkan biaya yang mahal untuk melakukannya

Baca Juga

Kesehatan adalah salah satu yang terpenting dalam hidup kita, apalagi sebagai seorang wanita yang notabene juga sebagai seorang ibu. Tanpa kesehatan, kita tidak dapat melakukan apa-apa.

Untuk mendapatkan tubuh yang selalu terjaga dan sehat, ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah menjalankan dan menjaga pola hidup sehat. Seperti apa pola hidup sehat yang bisa kita lakukan setiap hari?

Kesehatan sebenarnya sangat murah harganya jika kita selalu melakukan pola hidup sehat, dan melakukan pola hidup sehat itu sendiri pun sangat mudah dan tidak butuh biaya mahal. Karena semuanya tergantung pada diri kita mau atau tidak melakukan pola hidup sehat.

Tips Pola Hidup Sehat Untuk Wanita Sehari-hari

Begitu juga sebaliknya, kesehatan akan menjadi sangat mahal bila kita sudah menderita sakit. Harus beli obat setiap waktu, biaya opname, harus check up setiap waktu, istirahat total, dan biaya-biaya lain yang juga ikut membengkak penggunaannya seperti anak-anak tidak ada yang masakin sehingga harus membeli nasi, menyewa orang untuk menjaga rumah dan anak-anak ketika kita opname dan sebagainya.

Jadi, sakit itu tidak enak. Sangat tidak enak. Untuk itulah, agar stamina tubuh selalu terjaga, mulai sekarang lakukan pola hidup sehat. Melakukan pola hidup sehat bukan hanya bertujuan untuk diri kita sendiri, tapi untuk keluarga, anak-anak, suami dan karir atau pekerjaan kita.

Tips Pola Hidup Sehat Untuk Wanita Sehari-hari

Beberapa cara dibawah ini dapat Anda lakukan dalam menjalankan pola hidup sehat yang baik sehari-hari dan tentunya tidak terlalu membutuhkan biaya yang mahal untuk melakukannya. Sederhana namun tetap menyehatkan:

Perhatikan Asupan Makanan

Dalam menjalankan pola hidup sehat, hal terpenting dan pertama yang harus dilakukan adalah menjaga asupan makanan yang kita konsumsi. Makanan yang baik yang dapat menjaga stamina dan daya tahan tubuh adalah makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya sekedar makan dan kenyang.

Beberapa mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu vitamin C, vitamin D, Vitamin A, kalsium, asam folat, zat besi, asam lemak omega 3, dan sebagainya. untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin dan mineral, kita bisa mendapatkannya dari bahan-bahan makanan seperti bayam, tomat, kacang-kacangan, daging ikan salmon dan berbagai makanan yang mengandung lemak tak jenuh.

Sedangkan untuk makan-makanan yang tinggi akan kalori seperti nasi yang berlebihan, lemak jenuh, tinggi garam, dan makanan tinggi gula lebih baik dihindari. Selain itu, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar tubuh tetap segar dan tidak kering.

Olahraga Secara Rutin

Banyak aktivitas yang dilakukan oleh seorang wanita setiap harinya menjadikan ia mudah lelah dan kecapean sehingga untuk meluangkan waktu berolahraga serasa tidak mungkin. Malahan ketika dianjurkan untuk berolahraga, mereka beranggapan kalau aktivitas yang dilakukan setiap hari sama halnya dengan berolahraga.

Tentu saja beda, beraktivitas dan berolahraga meskipun sama-sama gerak namun ada perbedaan yang diantara keduanya. Jika melakukan aktivitas dengan pekerjaan, akan membuat otot-otot tubuh menjadi kaku dan pegal-pegal. Sedangkan berolahraga adalah melemaskan atau meregangkan otot-otot yang kaku sehingga tubuh merasa lebih nyaman dan membuat peredaran darah menjadi lancar.

Untuk itu melakukan olahraga secara rutin diantara kesibukan kita, dapat menjaga tubuh tetap bugar dan kesehatan tetap terjaga.

Kontrol Stres

Wanita adalah makhluk dengan kesibukan dan mobilitas yang tinggi, mengurus dan mengatur rumah, menjaga dan merawat anak-anak, memasak, mencuci, menyapu, merawat suami, memikirkan keuangan rumah, menjaga kehamilan, dan sebagainya adalah aktivitas yang setiap hari selalu dilakukan oleh seorang wanita atau ibu rumah tangga. Bahkan saking sibuknya, seorang wanita sampai lupa untuk mengurus diri sendirinya.

Untuk itulah, tingkat stres yang didapatkan oleh seorang wanita lebih tinggi jika dibandingkan dengan seorang pria. Agar stres tidak berlebihan, alangkah baiknya untuk menenangkan pikiran bersama anak-anak dengan cara rekreasi ke tempat-tempat yang menyenangkan dan menghibur. Sejenak melupakan aktivitas rumah tangga sangat penting untuk dilakukan.

Berkumpul bersama anak-anak dan suami ditempat rekreasi yang nyaman semakin membuat rumah tangga menjadi lebih harmonis dan nyaman.

Hindari Makan Terlalu Banyak

Terlalu banyak makan atau makan yang tidak teratur sangat mengganggu kesehatan. Terlalu banyak makan bukan membuat tubuh menjadi segar, tapi sebaliknya tubuh akan mudah lelah, mudah mengantuk dan konsentrasi terganggu. Selain menyebabkan penurunan pada fungsi tubuh, terlalu banyak makan juga bisa menyebabkan terjadinya obesitas dan memicu terjadinya berbagai macam penyakit degeratif seperti kecing manis, stroke, darah tinggi, dan penyakit jantung.

Begitu juga sebaliknya, jika Anda terlalu makan sedikit akan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi dan menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Untuk itu, mengkonsumsi makanan yang seimbang adalah solusi terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jangan Merokok & Minuman Alkohol

Sudah bukan trennya lagi kebiasaan merokok atau minum-minuman yang mengandung alkohol dilakukan. Banyak dampak buruk yang diakibatkan oleh kedua zat ini. Jika Anda masih melibatkan kedua zat ini didalam hidup Anda maka selamanya Anda tidak akan sehat bahkan malah akan memberikan dampak buruk bagi anak-anak dan keluarga Anda.

Jadi, jauhilah kedua zat ini. Khususnya untuk wanita muda, jangan sekali-kali mencoba kedua zat ini dalam pergaulan Anda karena dampaknya sangat buruk.

Itulah beberapa tips pola hidup sehat yang bisa diterapkan dalam kehidupan Anda sehari-hari. Pola hidup sehat ini juga bisa dilakukan oleh para suami atau lelaki agar kesehatan tetap terjaga. Semoga bermanfaat.