Skip to main content
Menu

4 Metode Pembayaran Saat Beli Apartment

4 Metode Pembayaran Saat Beli Apartment

Dengan mengetahui metode pembayaran saat beli apartment, Anda tinggal mencari tahu harga apartemen di Makassar dan segera membelinya

Tinggal di apartemen dapat menjadi pilihan hunian di kota besar seperti Makassar. Pasalnya, untuk saat ini mencari rumah tapak dengan harga murah cukup sulit dilakukan. Apalagi jika Anda mencari di tempat strategis seperti pusat kota. Oleh karena itu, banyak orang memilih hunian apartemen sebagai alternatif. Selain itu, harga apartemen di Makassar masih terbilang terjangkau untuk kaum menengah atas.

4 Metode Pembayaran Saat Beli Apartment

Dalam membeli apartemen, terdapat beberapa metode bayar yang bisa digunakan. Hal ini sangat penting diketahui agar Anda dapat memilih pembayaran mana yang paling cocok. Untuk mengenal cara bayar apartment tersebut, Anda dapat menyimak penjelasan selengkapnya berikut ini.

4 Metode Pembelian Apartment

1. Pembayaran Tunai (Hard Cash)

Metode pertama dalam pembayaran apartemen adalah pembayaran tunai atau hard cash. Cara ini bisa dipilih bagi Anda yang tidak ingin meminjam uang dari Bank. Untuk dapat memilih cara ini, tentu harus punya uang cukup besar untuk melakukan pelunasan pembayaran apartment. Memilih metode ini, dapat membuat pembeli terbebas dari jeratan hutang serta KPR.

Selain itu, membayar cash sebenarnya akan membuat total pembayaran menjadi lebih hemat jika dibandingkan dengan pembayaran secara kredit. Seperti diketahui, saat memilih mencicil pasti akan terdapat bunga yang dibebankan pada saat pembayaran. Jika dijumlahkan, tentu metode kredit akan menghasilkan jumlah biaya lebih besar dibandingkan dengan cash.

2. Metode Tunai Bertahap

Apabila kondisi keuangan tidak memungkinkan untuk membeli tunai (Cash), Anda dapat menggunakan metode tunai bertahap. Artinya, pembeli akan membayar tunai, namun dilakukan dalam beberapa tahapan. Perbedaan cara ini dengan KPR adalah waktu cicilan tidak bisa fleksibel seperti tenor KPR.

Pada umumnya, tenor cicilan diberikan mulai dari 12 kali cicil sampai dengan 36 kali. Jumlah cicilan tersebut tergantung dengan kesepakatan antar pihak pembeli dengan pengembang. Bisa juga pembayaran cicilan dilakukan lebih dari 36 kali.

3. Balloon Payment

Bagi sebagian besar orang, mungkin istilah balloon payment masih terdengar asing. Balloon Payment merupakan sebuah metode bayar apartemen dengan cara mencicil ringan di awal serta pelunasan dilakukan di belakang. Dengan kata lain, pembeli bisa mendapatkan keringanan cicilan di taun pertama sampai ketiga.

Akan tetapi, saat waktu mencicil tersebut sudah selesai, pembeli harus melakukan pelunasan terhadap sisa pembayarannya. Cara seperti ini sangat cocok bagi orang yang telah mempersiapkan uang untuk membayar lunas setelah 3 tahun mencicil. Namun, langkah ini kurang tepat bagi orang yang tidak punya tabungan karena bisa memberikan beban berat pada pengeluaran bulanan.

4. Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)

Jika kondisi keuangan terbilang terbatas, membeli apartemen dengan cara kredit pemilikan apartemen (KPA) adalah pilihan terbaik. Dengan cara ini, pembeli hanya perlu mempersiapkan saja Down Payment sekitar 15 % sampai dengan 30 %. Setelah itu, tinggal mengajukan saja KPA lewat Bank untuk dapat mempunyai apartemen tanpa harus membayar penuh langsung.

Akan tetapi, berikutnya Ana harus mulai membayar cicilan tersebut setiap bulannya. Untuk besar cicilannya, itu semua tergantung dengan DP yang dibayarkan. Semakin besar DP-nya maka pembayaran cicilan dapat lebih kecil. Sebaliknya, DP kecil akan membuat biaya kredit lebih tinggi.

Demikian tadi pembahasan tentang cara pembayaran apartemen. Setelah mengetahui metode di atas, selanjutnya Anda tinggal mencari tahu tentang harga apartemen di Makassar dan segera membelinya. Nah, selain soal harga, tentu Anda menginginkan sebuah hunian nyaman dan strategis. Hal tersebut bisa didapatkan dengan membeli apartemen dari 31 Sudirman Suites.

Baca Juga Artikel Lainya:

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]