--> Skip to main content
Menu

Cara Blokir SMS Pinjaman, Penipuan, dan Tidak Dikenal

Cara Blokir SMS Pinjaman, Penipuan, dan Tidak Dikenal

Bagaimana sih cara blokir SMS tidak dikenal seperti SMS pinjaman dan penipuan? Pertanyaan yang pasti akan selalu muncul dibenak kamu

Bagaimana sih cara blokir SMS tidak dikenal seperti SMS pinjaman dan penipuan? Pertanyaan yang pasti akan selalu muncul dibenak Anda ketika mendapatkan pemberitahuan SMS masuk dan setelah dilihat ternyata hanya SMS Spam. Pesan singkat yang dikirim tanpa dikehendaki pini disebut sebagai sms spam. Bahkan sms dari pihak-pihak resmi termasuk operator sekali pun termasuk kedalam kategori sms spam.

Cara Blokir SMS Pinjaman Penipuan dan Tidak Dikenal

Layanan pesan singkat atau SMS atau Short Message Service, telepon suara, pesan suara dan telepon video atau video panggilan adalah jenis komunikasi yang bisa dilakukan oleh setiap orang. Dengan adanya jenis komunikasi ini, Anda dengan mudah memilih menggunakan salah satunya atau bahkan secara bersamaan.

Namun untuk proses terjadi komunikasi ini terkadang ada komunikasi yang tidak diinginkan. Misalkan adanya pesan singkat masuk yang tidak diinginkan, adalah salah satu bentuk komunikasi yang salah. Kenapa salah? Karena komunikasi jenis ini hanya terjadi satu arah atau 1 orang aktif dalam berkomunikasi.

Seperti kita ketahui, terjadinya komunikasi karena adanya interaksi 2 orang atau lebih yang saling mengetahui satu sama lain. Jika hanya hanya dilakukan oleh 1 orang dan isi pesan yang masuk tidak diinginkan oleh orang yang lainnya, maka pesan yang masuk termasuk kedalam pesan spam. Dan pesan spam ini sering masuk kedalam ponsel dalam berbagai media aplikasi.

Media aplikasi yang banyak digunakan untuk mengirim pesan spam ini adalah pesan SMS, Pesan Whatsapp, Email, pesan suara atau panggilan telepon. Media-media ini menjadi tempat yang empuk dan strategis bagi orang orang yang tidak bertanggungjawab untuk mendapatkan keuntungan yang diinginkkanya. Dengan cara melakukan penipuan.

SMS

Pesan singkat atau SMS salah satu media yang paling banyak digunakan untuk melakukan penipuan. Biasanya pesan masuk berisi pesan tawaran pinjaman, pemenang undian berhadian, tawaran investasi, dan sebagainya. Namun yang paling banyak ada SMS pemenang undian berhadiah. Jika sudah ada pesan masuk seperti itu sering membuat jengkel. Dan bahkan ada yang percaya dengan isi pesan masuk tersebut.

Jika sudah percaya dan yakin dengan isi pesan yang menyatakan kalah Anda adalah pemenang undian berhadiah, maka mau tidak mau Anda mulai terjerumus olh akal busuk si penipu atau si pengirim sms tersebut.

Sebagai pengguna telepon genggam, apapun bentuknya selama pesan singkat masih bisa diterima, maka SMS spam, SMS pinjaman, SMS penipuanatau SMS tidak dikenal akan selalu masuk kedalam telepon genggam Anda.

Apakah ada cara untuk memblokir masuk sms seperti itu?

Tentu saja agak sulit untuk memblokir sms pinjaman atau penipuan seperti itu. Karena secara otomatis telepon seluler akan langsung menerima pesan yang masuk dari semua nomor asing atau nomor tidak dikenal. Namun Anda jangan khawatir karena setiap ponsel dilengkapi dengan aplikasi pemblokir SMS yang tidak dikenal.

Cara Blokir SMS Pinjaman, Penipuan, dan Tidak Dikenal

Untuk melakukan pemblokiran atau tidak ingin menerima SMS yang tidak dikenal seperti SMS Penipuan, SMS Pinjaman ada caranya. Bahkan SMS dari operator seluler sendiri yang sering kali mengirim SMS promosi juga bisa di blokir. Bagaimana caranya?

Untuk memblokir SMS seperti ini, tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan, karena saat ini, hampir semua ponsel pintar sudah dilengkapi dengan fitur tambahan untuk memblokir SMS yang tidak diinginkan. Dibawah adalah cara blokir SMS yang tidak dikenal dengan menggunakan Pengaturan Pesan yang ada didalam ponsel.

  1. Buka aplikasi Telepon

    Buka aplikasi Telepon yang biasanya ditandai dengan icon yang ada didalam ponsel Anda. Setelah aplikasi ini terbuka, Anda akan melihat daftar nomor telepon masuk dan keluar. Baik itu panggilan baru atau lama yang belum terhapus.

  2. Klik icon Gir atau icon Setting

    Didalam tampilan Telepon ini ada icon Setting berbentuk Gir atau icon Nut seperti ini . Klik icon tersebut.

  3. Setelan panggilan

    Dengan mengklik icon Gir atau icon Nut tersebut maka anda akan berada ditampilan Setelah panggilan. Didalam tampilan ada beberapa menu yaitu:

    • Kartu SIM & jaringan seluler
    • Rekam panggilan
    • Setelan penerusan panggilan
    • Panggilan tunggu
    • Setelan panggilan masuk
    • Daftar blokir
    • Lokasi
    • Jawab otomatis
    • Setelan lanjutan
    • Kebijakan Privasi
  4. Pilih menu Daftar blokir untuk langkah berikutnya.

  5. Daftar blokir

    Setelah menu Daftar blokir dipilih maka akan muncul tampilan dengan beberapa menu berikut ini:

    • Daftar blokir
    • Daftar blokir SMS
    • Daftar blokir panggilan
    • Nomor terblokir
    • Pengecualian
    • Notifikasi blokir
  6. Selanjutnya Aktifkan daftar blokir.

  7. Aktifkan daftar blokir

    Agar SMS penipuan, SMS pinjama, SMS tidak diinginkan dan bahkan termasuk panggilan dari nomer tidak dikenal ingin di blokir secara otomatis, maka langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan mengaktifkan Daftar blokir. Untuk mengaktifkan Daftar blokir ini cukup menggeser icon toggle swtich menjadi

  8. Dengan mengaktfikan menu daftar blokir ini maka semua SMS dari nomor ponsel yang tidak dikenal akan terblokir secara otomatis. Memang SMS tetap masuk, namun anda tidak akan merasa tergangganggu lagi karena tidak tahu kalau ada SMS dari nomor tidak dikenal.

    Selain SMS tidak dikenal yang di blokir, mengaktifkan menu daftar blokir ini juga memblokir semua panggilan dari nomor yang tidak dikenal atau yang tidak tersimpan kedalam Daftar Kontak. Dan semua bisa masuk kedalam daftar blokir.

Kelola Daftar Blokir

Untuk setelan selanjutnya, Anda bisa mengatur nomor ponsel tertentu yang bisa di blokir. Misalkan nomor temanmu atau nomor ponsel mantanmu.

Jadi itulah cara blokir SMS yang tidak dikenal seperti sms pinjaman atau sms penipuan. Dan semuanya sudah ada didalam ponsel Anda untuk mengaturnya. Untuk ponsel-ponsel terbaru, fitur ini sudah tersedia. Silahkan dicoba!

9 komentar

  1. deamerina
    jujur, sebel banget sekarang tiap terima sms pasti selalu ada yang dari pinjol. annoying banget asli. mereka dapet kontak kita dari mana sih?
    ini kalo diblokir berarti satu-satu ya? pegel juga sih kalo satu-satu hiks
    • Roni
      Kalau blokirnya sudah otomatis masuk daftar blokir kak dan untuk menghapusnya bisa langsung melihat didalam daftar blokir. Dilihat dulu sebelum dihapus karena khawatir ada SMS dari teman atau sodara yang masuk didalamnya :)
  2. monicarasmona
    Sebel banget kalau udah ada yang nyepam di SMS. Eh, sekarang merembet k WA. Kalau di WA seringnya ada yang nyepam slot judi online. 😅
    • Roni
      Hehe betul kak... Solusinya aktifkan saja daftar blokir di ponsel seperti yang udah dijelasin di artikel hehee.
      Kalau WA belum ada solusinya sih, semua nomer bisa dengan leluasa ngirim pesan kecuali langsung memblokirnya setelah itu.
  3. Tika
    Terima kasih sharingnya! Jujur capek banget setiap dapat SMS ini dan itu hampir setiap hari, kadang capek juga harus blokir dan hapus manual supaya SMS gak tertumpuk banyak banget dan bikin pusing lihatnya. Sayangnya sekarang melalui WA udah mulai bermunculan juga...
  4. Phai Yunita S Wijaya
    Iya banget sih, aku juga suka sebel dengan banyaknya sms berkedok modus pinjol dan sebagainya. Aku auto blockir semua sms yang masuk dengan model begini.
  5. ANGGITA RAMANI
    Sering banget nih dapet sms penipuan dapet hadiah sampe 100 juta haha. Ini caranya berlaku buat semua jenis smartphone atau tertentu kah?
  6. Mohammad Rizal Abdan Kamaludin
    nah iya nih, terima kasih tips nya mas, biar ga keganggu sama penipuan-penipuan orang gabut
  7. Amanda Pratiwi
    Sebenarnya kalau mau diblokir semua capek jg, jd sy biarin aja nanti dihapusin semua sekaligus
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]