--> Skip to main content
Menu

Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Original Dengan Sangat Mudah

Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Original Dengan Sangat Mudah

Cara upgrade Windows 7 ke Windows 10 ini adalah cara yang saya gunakan sendiri dan berhasil di instal di laptop saya

Beberapa tahun hingga sekarang saya masih setia menggunakan laptop jadul saya dengan sistem operasi Windows 7. Hingga laptop hampir rusak pun tetap saya gunakan menemani saya dalam melakukan pengetikan, melakukan editing, hingga menyimpan beberapa file penting didalamnya.

Sebagai informasi tambahan, laptop saya adalah Lenovo G470 yang lahir pada tahun 2013 dengan spesifikasi seperti berikut:

Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Original Dengan Sangat Mudah
  • Processor : Intel(R) Pentium(R) CPU B940 @ 2.00GHz 2.00 GHz
  • RAM : 2.00 GB
  • System 32 bit

Dengan spesifikasi seperti itu tentu masih bisa di upgrade ke Windows 10 karena masih menjadi syarat minimal sebuah laptop bisa di instal sistem operasi dari Microsoft ini. Namun dengan tampilan yang agak berbeda dengan laptop yang memiliki spesifikasi yang lebih baik.

  • Edition : Windows 10 Pro
  • Version : 21H2
  • Installed on : 12/10/2021
  • OS build : 19044.1288
  • Experience : Windows Feature Experience Pack 120.2212.3920.0

Didalam artikel cara upgrade Windows 7 ke Windows 10 ini adalah cara yang saya gunakan sendiri dan berhasil di instal di laptop saya. Sebelumnya saya agak ragu untuk mengganti Windows 7 ke 10 di laptop saya ini karena spesifikasi laptop yang minim banget.

Karena ada anjuran untuk menggantinya, mau tidak mau dengan spesifikasi seadanya, akhirnya saya mengupgrade windows di laptop saya. Proses instalasi atau pemasangannya pun sangat mudah dan tidak perlu menunggu waktu cukup lama.

Risiko Masih Menggunakan Windows 7

Adanya anjuran yang saya dapatkan untuk mengganti Windows tentunya bukan tanpa alasan. Alasan utamanya adalah karena Windows 7 sudah tidak diperbaharui lagi oleh Microsoft. Dengan kata lain, jika saya tetap menggunakan Windows 7 maka ada resiko yang harus saya hadapi.

Apalagi saya sering online, jika windows di laptop saya tidak saya update maka akan mudah terjangkit virus atau malware. Meskipun di laptop sudah ada antivirus atau antimalware, namun untuk penggunaan OS harus update tersendiri dari sistem keamanannya.

Buat kalian yang masih menggunakan sistem operasi lawas dari microsoft ini, sebaiknya mulai dari sekarang sudah mulai menggunakan sistem operasi terbaru. Saran minimal yang direkomendasikan adalah Winsows 10.

Untuk spesifikasi laptop yang mendukung untuk dipasang Windows 10 ini sudah saya sebutkan diatas. Lapto jadul saya yang lahir tahun 2013 dengan spesifikasi minimalis ternyata masih bisa diupgrade menggunakan Windows 10.

System Requirements Windows 10

Sebagau acuan sebuah laptop dengan 32 bit atau 64 bit bisa di upgrade ke Windows 10 paling tidak memiliki spesfikasi seperti berikut ini:

  • Prosesor: minimal 1GHz
  • RAM: minimal 1GB untuk 32 bit dan 2GB untuk 64 bit
  • Ruang penyimpanan: minimal 16GB untuk 32 bit dan 32GB untuk 64 bit
  • Kartu Grafis: Direct 9 atau yang lebih tinggi dengan driver WDDM
  • Display: minimal 800 x 600 piksel
  • Koneksi Internet: wajib tersedia untuk proses pengunduhan.

Pastikan juga sisa memori internal juga masih tersedia, minimal ruang kosong 20 GB.

Cara Update Windows 7 ke 10

Kalau sudah yakin dengan spesifikasi yang ada di laptop atau komputer kalian dan memenuhi syarat minimal untuk bisa di update ke Windows 10. Selanjutnya ikuti cara berikut ini:

Perlu diperhatikan: Pastikan saat update komputer terhubung dengan koneksi internet untuk proses pengunduhan dan membutuhkan beberapa waktu yang harus ditunggu. Kurang lebi 30 menit untuk laptop saya mengupgrade Windows 10.

  1. Kunjungi dan klik halaman web Windows 10 dihttps://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10
  2. Di menu Create Windows 10 Installation Media, klik Download Tool Now. Saat proses unduh selesai, klik Run file itu
  3. Pilih Upgrade This PC Now.
  4. Ikuti langkah-langkah selanjutnya hingga proses upgrade selesai
  5. Ketika proses upgrade selesai, buka Setting Update & Security > Activation, dan buka menu lisensi digital Windows 10

Saat proses update berlangsung, ikuti saja setiap perintah yang berupa tulisan yang tampil dilayar. Jangan sekali-kali mematikan komputer atau laptop. Pastikan baterai full atau sambungkan power daya agar laptop tida mati karena kehabisan baterai.

Itulah cara upgrade Windwos 7 ke Windows 10 khusus laptop dengan spesifikasi minimal seperti laptop saya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]