--> Skip to main content
Menu

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Tahukah anda kelebihan dan kekurangan shared hosting?, jika anda belum mengetahuinya, anda tepat mengunjungi artikel ini

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting - Tahukah anda kelebihan dan kekurangan shared hosting?, jika anda belum mengetahuinya, anda tepat mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini kami akan mengulas kelebihan dan kekurangan shared hosting.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan shared hosting, penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan layanan ini. Pilihan hosting terbaik yang benar tergantung pada jenis situs web atau blog yang Anda jalankan. Nah, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan server shared hosting yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis atau individu.

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Apa itu Shared hosting ?

Shared hosting menjadi pilihan yang populer terutama untuk website baru, pada dasarnya hosting jenis ini berfungsi untuk menyediakan resource server yang akan digunakan oleh beberapa website yang memiliki layanan yang sama. Penjelasan yang lebih luas adalah shared hosting menyediakan layanan dengan akun hosting yang ditempatkan bersama dengan beberapa akun lain di server yang sama sehingga dalam kinerjanya akan menggunakan server bersama.

Baca juga : Apa itu cloud hosting?

Keuntungan dari Shared hosting

Apa keuntungan dari shared hosting? Cari tahu jawabannya di bawah ini:

1. Efektivitas Biaya Dan Kustomisasi

Orang bisa mendapatkan manfaat besar dengan memilih layanan ini daripada yang lain. Hal ini disebabkan persaingan yang ketat karena banyaknya perusahaan web hosting di pasar. Adapun pilihan untuk kustomisasi sumber daya di shared hosting dibagi di antara banyak pengguna, namun situs web masih dikelola oleh webmaster menggunakan alat panel kontrol. Alat panel kontrol shared hosting itu sendiri juga cukup ramah pengguna dan serbaguna, karena ada sejumlah penyesuaian yang tersedia.

2. Nyaman Digunakan

Alat kontrol yang ada di shared hosting sangat penting untuk memeriksa statistik situs. Efektivitas biaya dan kemampuan beradaptasi dapat digabungkan menjadi manfaat lain, yaitu kenyamanan. Ketika kita ingin menjalankan sebuah halaman web, akses ini sangat nyaman untuk dijalankan. Pengelolaan situs web dikelola oleh para ahli yang sangat profesional sehingga memberikan Anda kemudahan yang memungkinkan Anda menjalankan bisnis dengan lancar.

3. Harga Sangat Terjangkau

Shared hosting adalah layanan yang sangat murah, biasanya hanya beberapa dolar per bulan dengan tarif promosi pengantar penyedia. Tarif tersebut biasanya naik ke tarif paket standar situs setelah periode promosi berakhir, tetapi bahkan pada tarif standar tersebut, shared hosting tetap menjadi pilihan paling murah untuk hosting situs web dasar.

4. Mudah Disetel

Shared hosting berfungsi paling baik untuk situs yang baru dan situs kecil yang tidak melihat banyak lalu lintas. Manfaat ini memungkinkan layanan ini tetap berada dalam batas yang ditetapkan oleh banyak pengguna yang menggunakan sumber daya terbatas.

Setelah situs Anda mencapai tingkat lalu lintas bulanan tertentu atau menggunakan ruang disk yang dialokasikan, Anda mungkin perlu meningkatkan ke tingkat shared hosting yang berbeda, atau beralih ke jenis hosting yang berbeda.

5. Sangat Efisien

Salah satu aspek terpenting dari web hosting adalah jumlah ruang disk dan bandwidth yang disediakan oleh server. Bandwidth membantu pemilik bisnis menjalankan situs web dan bisnis mereka secara efisien, dan shared hosting menyediakan bandwidth yang lebih dari cukup, memberi Anda kesempatan untuk menambahkan lebih banyak sumber daya ke situs Anda.

Kekurangan Shared Hosting

Shared hosting juga memiliki kekurangan, antara lain:

1. Kurang Keamanan

Salah satu masalah terbesar untuk shared hosting adalah keamanan ke server. Shared hosting sangat terlihat oleh peretas dan dapat memengaruhi semua klien. Ada kasus di mana skrip berbahaya yang dijalankan di situs web terpisah juga merugikan orang-orang di sekitarnya. Sayangnya ini menjadikannya sasaran empuk bagi peretas.

Adapun apa yang memperburuk keadaan, karena Anda diberi platform daripada infrastruktur itu sendiri. Anda tidak dapat menginstal antivirus atau firewall khusus untuk melindungi situs web Anda. Namun, ketika Anda menggunakan host web yang memiliki reputasi baik, masalah ini hampir tidak mungkin karena mereka memiliki beberapa protokol keamanan.

2. Performa Terbatas

Shared hosting adalah layanan di mana semua situs web berjalan di satu server yang berarti secara efektif membuat server rentan terhadap kinerja. Misalnya, jika situs web mengalami lonjakan lalu lintas dan server tidak dirancang untuk menangani hal ini. Maka tentu saja hasil tersebut akan merusak situs web lain juga. Situs web Anda mungkin melambat dan kinerjanya terbatas.

Perubahan mendadak dalam lalu lintas pengguna dapat berdampak langsung pada kinerja situs web Anda dan membutuhkan waktu lama untuk memuat halaman. Hal ini tentu saja dapat membuat frustasi pengunjung Anda yang mungkin memilih untuk mencari informasi di tempat lain.

3. Sistem Macet

Dalam kasus terburuk, shared hosting bahkan dapat menyebabkan sistem macet. Meskipun Anda dapat dengan mudah mendapatkan penyedia hosting web, ketergantungan pada shared hosting selalu dipertanyakan. Terlepas dari semua tindakan proaktif yang dilakukan, tindakan menempatkan ribuan situs web di satu server membuat mesin mogok.

Namun ada hosting yang memiliki uptime sampai 99.9% adalah hosting DomaiNesia. DomaiNesia juga memiliki sistem keamanan anti virus dan malware. Tak hanya itu saja, jika kamu mau mencoba hosting DomaiNesia, kamu bisa memesan paket paling murah dengan pembayaran bulanan. Cek harga hosting nya dan dapatkan promo diskon 20% selamanya disini web hosting

Demikian pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan shared Hosting Terbaik, semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]