--> Skip to main content
Menu

Cara Membuat Credit Link Template Blog Agar Tidak Mudah Dihapus

Cara Membuat Credit Link Template Blog Agar Tidak Mudah Dihapus

Cara membuat credit link ini tidak hanya digunakan pada kode template blog saja. Tapi juga bisa dipasang pada setiap kode widget yang Anda inginkan

Cara membuat credit link ini tidak hanya digunakan pada kode template blog saja. Tapi juga bisa dipasang pada setiap kode widget yang Anda inginkan. Namun umumnya, pemasangan link credit ini dipasang pada template blog yang memiliki tujuan tertentu.

Apa itu Credit Link Blog?

Link credit adalah identitas yang dipasang oleh seorang pengembang web untuk hasil karyanya. Karya yang mereka hasilkan berupa theme atau template. Pemasangan identitas atau nama ini karena mereka yang benar-benar membuat hasil karya tersebut dan menjadi hak cipta mereka.

Dengan adanya hak cipta ini, maka mereka atau pengembangkan memberikan opsi untuk menggunakan hasil karyanya secara cuma-cuma alias gratis dan berbayar dengan atau tanpa menghilangkan atau menghapus credit link yang terpasang.

Cara Membuat Credit Link Template Blog Agar Tidak Mudah Dihapus

Oleh karena itu, pemasangan link kredit ini digunakan untuk memberitahukan kalau produk yang digunakan adalah milik mereka, hasil karya mereka. Sehingga orang yang menggunakan produknya mengetahui pembuatnya.

Link kredit ini biasanya ada di footer yang menampilkan nama atau perusahaan pembuatnya. Misalkan contoh tampilannya seperti ini Design by Adhy Suryadi, Design by Kompi Ajaib, Design by Jago Desain, Theme by Themeforest, Theme by Monster, dan sebagainya.

Apakah Identitas Link Kredit Selalu Berada di Footer?

Hampir semuanya jika produk yang dihasilkan dalam bentuk theme atau template terpasang identitas pembuatnya. Tapi ada juga yang tidak menyematkan atau memasangnya, tapi terpasang ditempat lainnya. Misalnya didalam kode theme atau template itu sendiri.

Tujuan Memasang Credit Link

Pemasangan link kredit ini tidak serta hanya sebagai gaya-gayaan saja. Tapi ada tujuan besar yang sangat dibutuhkan oleh pemilik produk tersebut. Apa saja tujuanya?

  • Sebagai hak cipta yaitu untuk melindungi hasil karya yang telah dibuatnya.
  • Untuk mempromosikan hasil karya dan atau bisnis yang dijalaninya.
  • Sebagai tautan balik atau backlink untuk website atau blog utama.
  • Agar pengguna yang lain mengetahui pembuat theme atau template tersebut.

Apakah Credit Link Boleh Dihapus?

Boleh saja dengan catatan pembuat template tersebut sudah memberikan syarat dan ketentuan yang harus diikuti. Biasanya link credit ini tidak boleh dihapus jika Menggunakan template itu secara gratis. Dan Anda boleh menghapusnya jika membeli template tersebut.

Saya kira ini cukup adil, mereka telah susah payah membuat template atau theme dan mereka sangat berharap agar tidak menghapus link credit yang disematkan pada template tersebut. Dan sebagai pengguna, tidak ada salahnya anda menghargai mereka dengan membiarkan link identitas tersebut tetap ada.

Kecuali anda menggunakan template atau theme tersebut dengan cara membeli. Maka banyak pengembang yang memberikan kebebasan untuk tidak menggunakan credit link yang telah dipasang.

Cara Membuat Credit Link di Footer

Ada 2 cara untuk memasang link credit atau identitas pembuat theme yang biasanya dipasang dibagian footer yaitu:

  • Menggunakan Link HTML

    Penggunaan link html ini biasanya dengan menyertakan kode CSS sebagai pembentuk tampilannya. Namun disini saya tidak akan memeberikan kode CSSnya. Contoh pemasangan link html di footer sebagai berikut:

    <footer id="footer-wrapper">
    <div class="credit-link">
    Template by <a class="credit" href="https://www.digitalpoin.com" id="credit" title="digital poin" rel="noopener">Digital Poin</a>
    </div>
    </footer>
    
  • Menggunakan tag CSS, HTML dan Link Script

    Cara kedua ini adalah dengan menambahkan kode script untuk melindungi credit link yang terpasang. Melindungi disini dalam artian agar credit link tidak bisa dihapus atau dihilangkan.

    • Copy dan salin kode dibawah ini kedalam kode template blog. Salin sebelum kode </head> atau jika script tidak bekerja salin sebelum kode </body>
      <script type="text/javascript">
      //<![CDATA[
      $(document).ready(function () {if ($("#credit,.credit").attr("href") != "https://www.digitalpoin.com") {window.location.href = "https://www.digitalpoin.com"; }});
      //]]>
      </script>
      
    • Salin kode dibagian footer blog Anda. Jika didalam kode template blog Anda menggunakan kode yang sama, gunakan saja kode link credit htmlnya saja.
      <footer id="footer-wrapper">
      <div class="credit-link">
      Theme by <a class="credit" href="https://www.digitalpoin.com" id="credit" title="digital poin">Digital Poin>/a>
      </div>
      </footer>
      

      Ganti link blog https://www.digitalpoin.com dengan url blog Anda dan judul Digital Poin dengan judul blog Anda.

  • Setelah semua selesai dan diganti, simpan Tema.

Kesimpulan

Dengan menggunakan link javascript tersebut maka akan berpengaruh pada tampilan kode template yang digunakan. Jika credit link di hapus, maka secara otomatis akan mengalihkan browser menuju ke halaman blog Anda.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]