--> Skip to main content
Menu

Cara Cek Sertifikat Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi

Cara Cek Sertifikat Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi

Saat ini sertifikat vaksin menjadi salah satu dokumen yang sangat penting. Mungkin lebih penting dari sertifikat sawah atau tanah

Saat ini sertifikat vaksin menjadi salah satu dokumen yang sangat penting. Mungkin lebih penting dari sertifikat sawah atau tanah. Kenapa sangat penting? Karena dimasa pandemi ini, selembar kertas ini menjadi salah satu bukti kalau sudah benar-benar di vaksin.

Untuk pertama kali ada 2 tahap atau 2 kali pemberian vaksin dan 2 lembar sertifikat vaksin yang bisa didapatkan. Yaitu pada saat setelah dilakukannya pemberian vaksin pertama dan kedua dengan jenis vaksin Sinovac. Pemberian vaksin ini dilaksanakan pada tahun 2020 atau pada saat pandemi pertama terjadi.

https://www.digitalpoin.com/2021/08/cara-membuat-akun-pedulilindungi.html

Selanjutnya pada tahun 2021 ini ada tahap lanjutannya yaitu tahap 3 dan 4. Pemberian vaksinnya pun berbeda dari tahap sebelumnya karena menyesuaikan dengan perkembangan dari virusnya. Nama vaksinnya juga berbeda yaitu Moderna.

Untuk tahap 3 dan 4 ini, sampai dengan artikel ini ditulis, mungkin masih belum banyak yang mendapatkannya. Kecuali Nakes dan para pejabat.

Lantas bagaimana cara mendapatkan sertifikat vaksin? Apakah harus menyelesaikan semua tahap pemberian vaksin tersebut? Untuk mendapatkan sertifikat ini, tidak perlu menyelesaikan semua tahapan vaksin. Untuk saat ini cukup tahap 1 dan 2 saja dulu. Dan sudah bisa digunakan untuk beberapa kepentingan.

Namun jika tahap 3 dan 4 sudah selesai, maka tidak apa-apa digunakan untuk keperluan atau kepentingan.

Keberadaan sertifikat vaksin saat ini memang benar-benar dibutuhkan. Pemerintah sudah menjadikan sertifikat ini sebagai salah satu syarat untuk melakukan aktivitas dan kebutuhan lainnya.

Beberapa Kegunaan Sertifikat Vaksin Covid 19 yaitu:

  • Untuk melakukan perjalanan keluar daerah.
  • Untuk melakukan belanja di pusat perbelanjaan seperti Mall.
  • Untuk memperpanjang pajak kendaraan bermotor.
  • Untuk mengadakan acara akad nikah di KUA.
  • Dan sebagai syarat lainnya yang kemungkinan besar akan diberlakukan oleh pemerintah.

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat covid 19? Silahkan baca ulasan lengkapnya serta persiapan sebelum dilakukan vaksinasi di Cara Mendapatkan Vaksin Covid 19 Tanpa Efek Samping

Setelah dilakukan vaksin maka akan mendapatkan sertifikat tanda bukti kalau sudah benar-benar dilakukan vaksinasi. Sertifikat ini bisa langsung didapatkan sesudah di vaksin yaitu melalu pesan singkat SMS.

Sekitar kurang lebi h 10 - 20 menit sesudah di vaksin akan ada SMS masuk. Sms ini berisi link dokumen vaksin yang bisa langsung di download.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin Melalui SMS

Bagaimana jika tidak mendapatkan SMS pemberitahuan tersebut? Tidak perlu khawatir, ada cara lainnya yang bisa dilakukan yaitu melalui layanan PeduliLindungi. Melalui layanan ini bisa dilakukan pengecekan sertifikat vaksin.

Untuk melakukan cek sertifikat vaksin di PeduliLindungi ini bisa dilakukan secara online melalui ponsel atau laptop dengan cara sebagai berikut:

Baca Juga: Cara Membuat Akun PeduliLindungi

  1. Buka website PeduliLindungi di https://pedulilindungi.id
  2. Di halaman depan website ini ada tulisan paling atas yaitu "Sudah melakukan vaksinasi Covid-19? Cek sertifikat Anda disini". Klik link tersebut.
  3. Setelah link di klik akan muncul halaman masuk. Jika Anda sudah memiliki akun, Anda bisa masuk menggunakan akun PeduliLindungi tersebut.
  4. Jika belum memiliki akun, lakukan pendaftaran dan baca panduannya di Cara Membuat Akun PeduliLindungi Menggunakan Ponsel.
  5. Pada halaman Masuk ini, ada 2 cara yang bisa digunakan yaitu menggunakan email dan nomor telepon atau ponsel. Silahkan gunakan salah satunya.
  6. Selanjutnya, setelah selesai melakukan pendaftaran akan muncul halaman Periksa Sertifikat Vaksinasi Covid-19 untuk mengecek hasil vaksin.
  7. Isi semua kolom sesuai dengan data vaksinasi yaitu Nama Lengkap, NIK/No Paspor, Tanggal lahir, Tanggal Vaksin, Pilih Jenis Vaksin (Sinovac, AstraZaneca, Sinopharm, Moderna), Centang tanda bukan robot dan klik tombol Periksa.
  8. Jika berhasil, maka akan tampil Sertifkat Vaksin atas nama Anda. Jika tahap vaksin lengkap, tahap 1 dan 2, akan muncul 2 dokumen vaksin tersebut.

Jika tidak berhasil tampil sedangkan Anda sudah merasa kalau sudah di vaksin, maka hubungi Call Center 199 atau menghubungi via email di sertifikat@pedulilindungi.id

Jika sertifikat tampil dan ingin menyimpan kedalam ponsel, lakukan cara berikut ini:

  • Klik pada gambar sertifikat dan klik tombol Unduh Sertifikat
  • Selanjutnya akan tampil halaman "Apakah Anda ingin menyimpan sertifikat ke dalam ponsel Anda?" Klik tombol Ya, Lanjutkan.
  • Sertifikat berhasil disimpan.

Dengan melakukan beberapa serangkaian mudah diatas, maka Anda bisa dengan mudah melihat dan mendapatkan informasi seputar corona di layanan online PeduliLindungi. Sangat disarankan untuk memiliki akun di layanan ini.

Itulah cara cek sertifikat covid di PeduliLindungi, semoga memberikan manfaat.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]