--> Skip to main content
Menu

Tips Ampuh Lulus Tes CPNS dan PPPK

Tips Ampuh Lulus Tes CPNS dan PPPK

Tips Ampuh Lulus Tes CPNS dan PPPK - Sudah sering mengikuti tes CPNS tapi tidak pernah lulus? Padahal sudah belajar secara rutin, mengikuti try out

Tips Ampuh Lulus Tes CPNS dan PPPK

Tips Ampuh Lulus Tes CPNS dan PPPK - Sudah sering mengikuti tes CPNS tapi tidak pernah lulus? Padahal sudah belajar secara rutin, mengikuti try out, bahkan sudah memiliki kisi-kisi materi tes CPNS dan hasil yang didapat ternyata tidak sesuai dengan keinginan.

Kenapa tidak lulus tes CPNS? Apakah ada yang salah dengan cara saya belajar? Padahal waktu mengerjakan soal-soal ujian sangat yakin kalau jawaban yang diberikan sangat yakin benar. Atau jangan-jangan? Jangan-jangan ada sesuatu...

Eits jangan berpikiran negatif dulu, mungkin Anda akan berpikir kalau penerimaan calon pegawai pemerintah ini masih ada embel-embel KKNnya? Sudaahh jangan berpikiran kesana, lebih baik fokusin saja untuk lulus CPNS.

CPNS

Sampai detik ini atau mungkin sampai selamanya, profesi yang satu ini masih menjadi dambaan semua masyarakat Indonesia. Bekerja menjadi seorang pegawai negeri sipil masih menjadi anggapan kalau profesi ini membuat kehidupan seseorang menjadi lebih baik dan terhormat.

Dan di tahun ini, pemerintah kembali membuka pendaftaran CPNS dan PPPK yang rencananya akan dibuka pada bulan ini. Dengan dibukanya pendaftaran calon pegawai ini, maka ada peluang besar bagi mereka yang memenuhi syarat.

Syarat pendaftaran CPNS dan PPPK sebenarnya sangat mudah dilakukan. Dan ini menjadi awal terpenting yang harus disiapkan sesuai dengan kategori atau posisi yang dihendaki. Tanpa menyiapkan dokumen persyaratan, tentunya tidak akan pernah bisa masuk tes CPNS.

Selain menyiapkan dokumen sebagai syarat lulus ujian tes CPNS, dibawah ini ada beberapa tips ampuh lulus tes CPNS dan PPPK yang bisa membuat anda lulus secara mulus mengikuti ujian calon pegawai ini:

1. Pilih Lowongan (Posisi) Dengan Persyaratan yang Mudah

Untuk menjadi calon pegawai tidak perlu memilih posisi yang terlalu banyak saingannya. Meskipun tidak sesuai dengan krteria dan minat Anda, yang penting tujuannya kan jadi PNS.

Jika memilih posisi yang banyak peminatnya, sangat dijamin akan banyak saingan yang harus Anda hadapi. Jadi pilih saja yang sekiranya sepi peminat namun tetap mudah dilakukan.

Misalkan: Jika ijazah Anda seorang guru atau sarjana hukum, tidak apa-apa jika memilih sebagai administrasi.

Tidak perlu gengsi ketika mendapatkan apa yang bukan dari profesimu, tidak perlu malu. Karena orang lain tidak akan pernah peduli ketika Anda jatuh dan menderita.

2. Latihan Mengerjakan Soal

Untuk latihan mengerjakan soal ujian tes CPNS ini gunakan beberapa aplikasi yang ada di Playstore. Dengan latihan rutin akan mudah mengetahui waktu yang digunakan untuk menyelesaikan soal-soal latihan tersebut.

Karena saat mengikuti tes ujian yang sebenarnya, peserta ujian akan berhadapan dengan komputer dengan mengerjakan setiap soal yang ada durasi waktunya. Dengan latihan, setidaknya Anda sudah mengetahui cara mengerjakannya.

3. Banyak Membaca

Soal-soal ujian CPNS tidak hanya berisi materi tentang ilmu dari study yang Anda jalani selama ini. Tapi soal-soal tersebut juga berisi pengetahuan umum yang sebelumnya tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya.

Dengan banyak membaca dan mengetahui berbagai informasi terkini, Anda sudah memiliki bekal tambahan dalam mengikuti tes calon pegawai ini.

4. Pahami Kemampuan

Jika Anda mampu dalam beberapa bidang dan ada satu bidang yang tidak dikuasai, maka setidaknya Anda harus benar-benar menyiapkan diri untuk belajar lebih giat lagi pada satu bidang tersebut.

Hasil tes CPNS tidak hanya menampilkan pada bidang yang Anda kuasai, tapi semua hasil tes adalah dari semua yang Adna kerjakan. Jika ada saja satu hasil yang tidak memenuhi, maka bisa jadi Anda tidak akan lolos tes CPNS.

5. Belajar dari YouTube

Sambil menambah pengetahuan serta berbagai tips dalam mengerjakan soal-soal tes CPNS, tidak ada salahnya mulai dari awal Anda belajar melalui media online seperti Youtube.

Di Youtube banyak sekali pengetahuan dan tata cara serta tips lulus tes CPNS. Karena di media video ini, tidak hanya soal-soal yang dikerjakan tapi pembahasan pada setiap soal juga dibahas.

Dengan adanya pembahasan pada setiap soalnya maka Anda akan mudah mengetahui dan mengerjakan setelah tes sebenarnya. Setidak akan ada soalnya yang mirip dengan pembahasan yang sama.

6. Tes Try Out Online

Sudah banyak yang mengikuti tes try out ujian CPNS secara online dan hasilnya banyak juga yang lulus tes dan menjadi PNS. Karena didalam tes try out ini benar-benar diajari kisi-kisi dan soal-sola latihan serta cara menjawab setiap soal yang diberikan.

Namun yang perlu diperhatikan dalam mengikuti tes ini, harus benar-benar yang terpercaya dan bukan abal-abal. Carilah info lembaga try out yang benar-benar terpecaya yang bisa didapatkan dari teman yang pernah belajar disana.

7. Rahasia

Poin ke 7 ini yang wajib diperhatikan, jika Anda memiliki soal-soal latihan, kisi-kisi soal ujian CPNS atau PPPK atau bahkan mengikuti bimbingan belajar, jangan diberitahukan ke teman-teman Anda. Pada saat mengikuti ujian untuk bekerja ini, anggap saja mereka adalah saingan Anda yang harus disingkirkan.

Teman boleh saja teman, namun perjalanan hidup, nasib hidup Anda belum tentu dipedulikan oleh teman Anda. Bisa jadi setelah mereka berhasil, malah berubah dan bahkan sudah tidak peduli dengan keadaan Anda.

Biarkan apa yang Anda ketahui tentang CPNS adalah Anda sendiri yang mengetahuinya, bukannya pelit tapi ini adalah adu nasib. Biarkan mereka dengan caranya sendiri, biarkan saja mereka belajar dengan cara mereka. Namun perlu diingat, setelah Anda berhasil, jangan lupakan teman-teman Anda. Setidaknya tetap berkumpul dan bermain bersama.

Baca Juga: Syarat Cara Pendaftaran PPPK/P3K Guru dan Tenaga Kesehatan

Dari ketujuh tips itu, bisa membuat Anda lebih mudah dalam mengerjakan dan kemungkinan lolos juga semakin besar. Jangan belajar dengan menggunakan sistem kebut semalam. Karena setiap soal-soal yang dikerjakan terkadang tidak semudah yang Anda bayangkan. Semoga bermanfaat.

2 komentar

  1. Ikrom Zain
    latian pola soal itu penting banget
    dan cukup membantu kalau kita sering tau bakal lebih cepat menyelsaikannya
    • Roni
      Betul mas, karena setiap soal terkadang sama namun hanya diganti beberapa kalimat saja.
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]