--> Skip to main content
Menu

Mengganti Tampilan Blog Menjadi Bagus dan Unik

Mengganti Tampilan Blog Menjadi Bagus dan Unik

Mengubah desain atau mengganti tampilan blog menjadi bagus atau terlihat lebih unik dari yang lainnya, sebenarnya mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mempelajari beberapa kode dan mengetahui tata letak dari kode termplate tersebut. Untuk mempelajarinya, anda tidak perlu kursus atau mencari jasa editing tampilan blog. Anda bisa mempelajarinya sendiri.

Memang butuh kesabaran untuk melakukannya namun dengan melajari apa yang saya jelaskan dibawah ini, tentunya akan menjadi cara termudah untuk mengubah desain atau tampilan blog anda. Dan cara ini bukan untuk mengganti template dengan template yang lain. Tetap menggunakan template yang sama dan kita hanya mengubah bagian-bagian tertentu safja.

Jika anda mengganti template blog tentunya semua tampilan akan berganti, bahkan untuk membuat tampilan blog menjadi unik itu tidak harus mengganti template. Jika mengganti secara terus menerus akan ada efek buruk yang bisa membuat peringkat blog menjadi menurun. Dan menurut saya, mengganti template untuk mengubah tampilan blog bukan solusi cerdas.

Kecuali jika anda menggunakan template atau tema yang sama dan template tersebut mengalami update dengan komposisi dan strukutur yang lebih baik, maka anda harus menggnatinya. Untuk pengguna Blogger bisa dilakukan secara manual dan untuk pengguna Wordpress bisa dilakukan secara otomatis dengan mengklik tombol pembaharuan pada tema update yang digunakan.

Memiliki blog dengan temapilan yang berbeda mungkin menjadi keinginan semua bloger dan mungkin juga tidak. Kalau saya sendiri, memang harus berbeda. Apalagi template yang digunakan pada blog yang saya gunakan adalah template yang digunakan oleh hampir semua blogger. Karena template ini adalah dibuat oleh satu pengembang dan bisa dimiliki dengan cara membelinya.

Jika template yang sama digunakan oleh lebih dari 5 blog, maka secara otomatis tampilan ke-5 blog ini adalah sama. Mulai dari sisi header, body, sidebar dan footer pasti sama. Jika tampilannya sama, maka akan dikira dimiliki oleh satu orang blogger atau bisa jadi adalah saudara kembarnya hehehe.

Selain itu efek terburuknya adalah sajian konten yang ada pada blog tersebut. Jika blog yang lain memiliki tampilan yang sama dengan blog kita, dan blog tersebut berisi konten yang tidak baik, bisa jadi ada penilaian buruk pada blog kita. Mungkin akan banyak yang beranggapan, "Ini tampilannya sama, pasti blog ini milikinya dia juga atau ini temannya dia". Blog kita tidak tahu apa-apa malah kena imbasnya.

Mungkin saja dan bisa saja terjadi seperti itu.

Bagaimana Cara Mendesain Agar Tampilan Blog Bagus dan Unik?

Untuk mengubah tampilan ini, anda tidak perlu menggantinya secara keseluruhan. Cukup pada bagian-bagian tertentu saja. Berikut beberapa bagian yang perlu anda ganti agar memiliki tampilan yang berbeda dengan blog yang lainnya:

Baca Juga: Mengenal Tampilan Tata Letak atau Layout Struktur Blog

  • Header
  • Post Body
  • Menu Blog
  • Sidebar
  • Footer

Dengan melakukan perubahan pada salah satu bagian-bagian blog diatas, maka tampilan blog anda sudah berubah dan berbeda dengan yang lainnya. Ingat, dalam melakukan perubahan tersebut, anda tidak perlu mengganti struktur kode template. Cukup kode warna saja, mulai dari warna background, warna font, dan warna lainnya yang sekiranya menimbulkan kontras yang baik.

Melakukan perubahan pada warna ini, anda cukup mengetahui kode CSS dari bagian tersebut. Karena semuanya terbentuk dari kode CSS yang ada pada kode template blog. Beberapa contoh dari penggunaan kode CSS pada bagian-bagian blog yaitu:

Bagian Header

Kode CSS kurang lebih seperti ini:

.header {
background:#f4f4f4;
margin:;
padding:;
}

Bagian Sidebar

Kode CSS untuk bagian sisi kanan atau sidebar kurang lebih seperti ini:

.sidebar-wrapper {
background:#212121;
margin:;
padding:;
}

Untuk mengganti tampilan pada bagian tersebut, anda tidak perlu merubah semuanya, cukup ganti pada bagian warna backgorund saja. Dengan mengganti perubahan pada warna backgorund ini sudah merubah tampilan dari blog anda. Namun jika ada menguasai kode CSS secera penuh, anda bisa melakukan semua bagian yang ingin anda ganti.

Agar mudah dalam melakukan perubahan, dan anda ingin mengetahui kode-kode dari setiap bagian yang ada di blog anda. Maka nada harus mengetahui letak kode tersebut. Silahkan pelajari carnya dibawah ini:

Baca Juga: Cara Mengetahui Kode Template Blog

Intinya tetap pada penguasaan kode CSS dan mengetahui letak kode tersebut. Untuk blog dengan platform Blogger atau Blogspot, lebih mudah untuk melakukan perubahan karena letak kode CSS dan kode script lainnya bisa langsung dibuka dan di edit dibagian menu Tema >> Sesuaikan >> Edit HTML

Namun tidak begitu dengan blog yang menggunakan Wordpress, butuh banyak langkah untuk melakukannya. Dan itu pun terkadang untuk melakukan pengeditan tergantung dari pengaturan tema yang digunakan. Terkadang ada tema yang mengizinkan untuk di edit dan ada yang tidak. Hanya bisa dilakukan melalu menu Sesuaikan Tema.

Jadi untuk mengganti tampilan blog tidak perlu harus melakukan sesuatu yang sulit. Cukup pahami kode dan struktur dari template blog yang anda gunakan, anda bisa melakukannya dengan mudah. Dan tentunya tidak perlu mengganti template blog hanya untuk mendesain ulang tampilan blog anda. Semoga bermanfaat.

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]