--> Skip to main content
Menu

Pendaftaran PPPK Guru dan Perawat 2021 Khusus Honorer K2

Pendaftaran PPPK Guru dan Perawat 2021 Khusus Honorer K2Ilustrasi foto by Pixabay

Berita tentang pendaftaran pppk guru dan kesehatan tahun 2021 ini semakin gencar diberitakan. Tidak hanya pendaftaran p3k tapi pendaftaran untuk pegawai negeri sipil juga mulai banyak diberitakan. Benar, pada tahun 2021 ini pemerintah berencana akan membuka pendaftaran untuk dua profesi kepegawaian ini.

Namun berita yang paling dicari dari profesi ini adalah lowongan pendaftaran pegawai P3K untuk guru dan tenaga kesehatan. Lowongan kerja ini sangat diharapkan oleh banyak pekerja yang bekerja di badan pemerintahan. Khususnya mereka yang sudah bekerja sebagai tenaga honorer bertahun-tahun.

Mereka yang menjadi pegawai tidak tetap atau honorer dan sudah bekerja lebih dari 10 tahun sangat berharap untuk menjadi P3K. Karena untuk menjadi atau mendaftarkan diri untuk ikut seleksi CPNS mereka terkendala usia. Banyak dari mereka yang sudah berusia lebih dari 35 tahun dan untuk mendaftar seleksi CPNS tentunya sudah tidak bisa.

Namun sayangnya dengan masa kerja lebih dari 10 tahun, berpengalaman, dan faktor usi tersebut bukan tidak bisa dijadikan bahan pertimbangan oleh pemerintah. Pemerintah seakan-akan menutup mata dengan keberadaan mereka yang sudah lama bekerja ini.

Jadi untuk kalian yang sudah bekerja lebih dari 10 tahun dan usia diatas 35 tahun jangan pernah berharap pemerintah akan secara otomatis mengangkat anda sebagai tenaga PPPK. Tidak ada peluang untuk itu, karena saat ini pemerintah yang berencana mengangkat Guru dengan Kategori 2 atau K2 saja masih mengalami kesulitan. Apalagi yang belum masuk dalam Kategori 2 (K2).

Jika tidak ada pertimbangan dan keputusan untuk anda yang sudah bekerja lebih dari 10 tahun, alangkah baiknya untuk mempersiapkan diri mendaftar seleksi PPPK. Karena pada tahun ini, pemerintah membuka pendaftaran PPPK untuk guru dan perawat.

Adapun pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 untuk guru honorer ini sudah dibuka di halaman website milik Badan Kepegawaian Negara (BKN). Untuk link pendaftaran PPPK guru dan perawat 2021 ini bisa diakses di ssp3k.bkn.go.id

Halaman website ini terhubung dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dari Kemendikbudristek. Dihalaman tersebut juga sudah ditampilkan jadwal pendaftaran PPPK 2021. Meskipun sudah ada jadwal serta syarat dan tata cara pendaftaran, registrasi pembuatan akun untuk peserta baru bisa dilakukan pada tanggal 31 Mei sampai 21 Juni 2021.

Cara Daftar PPPK 2021

Sebelum registrasi pembuatan akun dibuka, berikut tata cara daftar PPPK tahun 2021 untuk guru dan perawat:

  1. Buka halaman website https://www.sscasn.bkn.go.id dan buat akun dengan membuka menu Registrasi
  2. Atau pilih menu menu PPPK atau buka halaman website https://www.ssp3k.bkn.go.id
  3. Buka menu Registrasi dan isi data, berupa nomor peserta Ujian K-II, tanggal lahir, hingga pas foto
  4. Jika sebelumnya anda sudah memiliki akun di portal tersebut, langsung lakukan Login dengan akun anda sebelumnya
  5. Setelah mengisi data registrasi, Cetak kartu informasi akun anda
  6. Selanjutnya Login menggunakan akun yang sudah dibuat di halaman website https://www.ssp3k.bkn.go.id. Ingat, Login menggunakan NIK dan katan sandi yang sudah dibuat sebelumnya
  7. Setelah bisa Login, lengkapi keseluruhan data yang diperlukan. Mulai dari KTP, foto memegang KTP, pilihan jabatan, seluruh data diri dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan
  8. Setelah data benar-benar lengkat diisi. Tim verifikator akan memeriksa semua dokumen yang sudah anda unggah tersebut. Hal ini dilakukan untuk menentukan apakah anda lolos administrasi atau tidak
  9. Jika anda lolos administrasi maka akan mendapatkan Kartu Ujian yang akan digunakan untuk tahapan selanjutnya
  10. Selanjutnya akan ada pengumuman kelulusan dari panitia seleksi PPPK sesuai dengan bidang atau pilihan pelamar yang diumumkan disetiap instansi

Tata cara pendaftaran diatas tidak hanya untuk guru saja tapi semua yang non guru termasuk tenaga kesehatan dan teknisi p3k juga menggunakan cara yang sama seperti diatas. Ikuti alur pendaftaran yang ada di website pendaftaran.

Baca Juga: Syarat Cara Pendaftaran PPPK/P3K Guru dan Tenaga Kesehatan

Syarat Daftar PPPK 2021 Khusus Guru Honorer

Untuk pendfataran p3k tahap awal ini, pemerintah masih memperioritaskan keberadaan guru yang sudah masuk dalam Kategori 2 atau K2 atau yang sudah memenuhi syarat sesuai dengan database TK-II di BKN. Jadi jika anda para guru atau non guru yang sudah bekerja lebih dari 10 tahun dan ternyata belum masuk database maka anda hanya bisa mengikuti seleksi di jalur umum.

Berikut beberapa syarat khusus untuk guru honorer k2:

  1. Peserta yang berhak melakukan pendaftaran seleksi PPPK Guru 2021 yaitu:
    • Tenaga honorer THK-II yang seusai dengan database TK-II di BKN
    • Tenaga Guru Honorer yang masih aktif mengajar di sekolah negeri yang berada di bawah kewenangan pemerintah daerah dan terdaftar di Dapodik Kemendikbud
    • Guru yang masih aktif mengajar di sekolah swasta dan terdaftar di Dapodik Kemendikbud
    • Guru dengan Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar di Database Lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemendikbud.
  2. Verifikasi Tes PPPK Guru dilaksanakan sebanyak 3 kali. Jadi jika anda tidak lolos tes pertama masih ada kesempatan di tes kedua dan ketiga
  3. Verifikasi administrasi dilakukan sesuai dengan Sertifikasi Pendidik (serdik). Apabila tidak sesuai, maka dilakukan berdasarkan Kualifikasi Pendidikan guru yang bersangkutan
  4. Sertifikasi Pendidik dan Kualifikasi Pendidikan ini merujuk pada SE (Surat Edaran) Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud tahun 2021 dengan No 1460/B.B1/GT.02.01/2021 tanggal 15 Maret 2021.

Jadi mulai sekarang persiapkan semuanya, berkas-berkas yang diperlukan. Sekalipun anda tidak masuk dalam Kategori 2, setidaknya masih ada kesempatan dijalur seleksi umum. Begitu juga tenaga non guru yang sudah berkerja bertahun-tahun dan tidak ada perhatian khusus dari pemerintah, jangan berkecil hati, tetap semangat bekerja dan tetap ikuti seleksi PPPK ini sesuai prosedur.

Baca Juga: Pendaftaran PPPK 2021 Untuk Guru dan Perawat

Saya sendiri sudah bekerja sebagai tenaga honorer 13 tahun, sebelum berusia 34 tahun, saya selalu mengikuti ujian CPNS namun selalu gagal. Dulu sistem penerimaan CPNS tidak seperti sekarang ini, mungkin dulu lebih mudah daripada sekarang. Dan kemudahan itu sudah banyak memberi jalan khusus bagi mereka melalui seleksi jalur khusus.

Semoga pendaftaran P3K guru dan tenaga kesehatan pada tahun ini tidak dimanfaatkan oleh mereka-mereka yang memiliki seleksi jalur khusus. Kalau itu terjadi, maka harapan tenaga guru dan non guru untuk menjadi pegawai lebih layak lagi hanyalah sebuah harapan dan hanyalah sebuah mimpi yang terbeli.

Hamza Irawan
Penulis:
Hamza Irawan
Sosmed optimasi | Video creator | Writer magic

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]