--> Skip to main content
Menu

Cara Memasang Gambar Google Foto Untuk Artikel Blog

Cara Memasang Gambar Google Foto Untuk Artikel Blog

Google foto adalah layanan penyimpanan foto gambar yang bisa digunakan secara gratis. Bagaimana cara memasang gambar google foto untuk artikel blog

Cara Memasang Gambar Google Foto Untuk Artikel Blog

Google foto adalah layanan penyimpanan foto atau gambar yang bisa digunakan secara gratis. Bagaimana cara memasang gambar google foto untuk artikel blog? Tentu ini menjadi pertanyaan teman-teman blogger semua. Untuk menggunakan foto atau gambar yang ada di google foto memang tidak bisa langsung digunakan meskipun ada link untuk foto tersebut.

Apakah gambar yang ada di google foto bisa dimasukkan atau bisa dipasang kedalam blog? Tentu saja bisa. Inilah instimewanya jika menggunakan layanan google. Satu email untuk semua bisa digunakan untuk semua layanan atau produk yang dimiliki oleh google. Dan semuanya itu gratis.

Mulai dari Blogger, Mail, Google Foto, Youtube, Drive, Maps, Chat, Meet, News, Podcasts, Classroom, Ads, Travel hingga Seni dan Budaya dalam layanan Arts and Culture dimiliki oleh Google. Dan semua itu bisa digunakan secara cuma-cuma dengan menggunakan satu email saja untuk mengaksesnya.

Google Photos

google foto

Untuk google photos seperti yang sudah disebutkan di awal artikel disebutkan kalau layanan yang satu ini hanya dikhususkan untuk menyimpan foto-foto kenangan bersama keluarga dan teman. Meskipun sebagai media penyimpanan foto atau gambar, semua file yang ada didalam layanan ini bisa digunakan oleh siapa saja dengan cara melakukan pengaturan berbagi.

Baca Juga: Mengatasi Gambar Artikel dan Thumbnail Blog Tidak Tampil

Apakah bisa digunakan untuk gambar artikel? Tentu saja bisa dan sangat bisa. Namun sebelum menggunakan layanan ini, anda harus terlebih dulu Login dan menyimpan foto-foto yang anda inginkan.

  1. Buka https://photos.google.com/
  2. Setelah terbuka, google akan meminta Memverifikasi diri Anda, klik tombol berikutnya.
  3. Silahkan Login dengan memasukkan password akun gmail anda. Dan klik tombol berikutnya dan klik jangan sekarang.

Anda sudah berhasil login dan sudah siap menggunakan layanan google foto ini untuk menyimpan semua foto-foto yang anda inginkan. Namun perlu diingat untuk kapasitas penyimpanan google hanya menyediakan 15 GB. Jika foto yang tersimpan sudah melebih batas maka anda diharuskan melakukan upgrade.

Selanjutnya pelajari beberapa menu yang ada dasbor google foto ini. Ada tombol yang bisa digunakan untuk Upload foto atau icon Upload seperti ini yang ada dihalaman foto. Ada menu yang digunakan untuk membuat Album. Menu ini digunakan untuk membedakan setiap foto yang ingin disimpan dalam kategori tertentu. Misalkan foto olahraga dimasukkan kedalam Album Olahraga, foto untuk gambar Blog dimasukkan dalam Album Blog, dan sebagainya.

Dengan membagi foto dalam setiap Album akan memudahkan anda menemukan dan menggunakan foto-foto yang sudah tersimpan tersebut dikemudian hari.

Selain dari semua itu, di google photos ini anda juga bisa melakukan edit untuk tampilan foto atau gambar, ukuran gambar, dan warna gambar. Dan selain bisa digunakan melalui komputer atau laptop, anda juga bisa menggunakannya menggunakan aplikasi Google Photos di ponsel anda.

Bagaimana Cara Menyematkan Gambar di Google Foto?

Untuk layanan ini, google tidak menyediakan menu tambahan yang bisa digunakan untuk mengambil kode embed yang bisa dipasang di blog atau di tempat lainnya. Google hanya menyediakan link variasi yang bisa digunakan untuk berbagi foto dengan yang lainnya.

Jika anda hanya ingin membagikan foto yang ada di layanan ini, anda cukup membuka foto yang ingin dibagikan tersebut dan klik pada icon Share . Ada pilihan yang bisa digunakan untuk membagikan foto yaitu bisa langsung di share atau Buat Link.

Link foto yang berhasil dibuat tidak bisa dijadikan sebagai link embed yang bisa dipasang kedalam blog atau website. Atau digunakan untuk gambar artikel. Untuk menggunakan dan memasang gambar google foto untuk artikel blog anda, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan anda sudah mengaktifkan akun google foto seperti yang sudah saya jelaskan diatas.
  2. Pastikan anda sudah menyimpan foto-foto yang ingin digunakan untuk artikel blog atau website anda.
  3. Selanjutnya buat artikel atau buka halaman post blogger dan perhatikan icon Image yang digunakan untuk Upload gambar artikel blog. Klik icon tersebut sehingga muncul pilihan seperti ini:
    upload foto
  4. Dan pilih menu Foto untuk mengUpload gambar yang ada di google foto.
  5. Proses selanjutnya adalah sama dengan ketika anda mengupload gambar artikel langsung dari folder penyimpanan di komputer atau laptop anda.

Namun sayangnya jika anda mengUpload gambar menggunakan blogger, maka link pada gambar tersebut menggunakan link dari penyimpanan blogspot seperti 1.bp.blogspot.com/-1U padahal terkadang jika masih menggunakan blogspot, gambar tidak muncul. Bagaimana agar link yang digunakan adalah link dari google foto itu sendiri? Silahkan lanjutkan baca artikel dibawah ini:

Baca: Cara Mendapatkan Link Gambar Google Foto

Padahal sebelum Blogger melakukan pembaharuan, gambar yang di upload dari blogger dengan pilihan google photos tetap berasal dari penyimpanan di google photos tersebut. Sehingga link yang dibuat adalah seperti ini https://lh3.googleusercontent.com/B6x5Exxxx atau contoh penggunaannya adalah ada pada gambar artikel yang anda baca ini.

Semua gambar di artikel ini sudah menggunakan link dari googleusercontent karena jika menggunakan dari blogspot, gambar dan thumbnail masih sulit muncul.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]