--> Skip to main content
Menu

Mengatasi Gambar Artikel dan Thumbnail Blog Tidak Tampil

Mengatasi Gambar Artikel dan Thumbnail Blog Tidak Tampil

Lalu Bagaimana Solusinya? Bagaimana cara mengatasi gambar artikel dan thumbnail blog yang tidak tampil atau tidak muncul?

Mengatasi Gambar Artikel dan Thumbnail Blog Tidak Tampil

Beberapa hari ini ada sedikit masalah dari tampilan gambar yang saya alami di blog, masalahnya adalah setelah memposting artikel baru, gambar artikel dan thumbnail blog tidak tampil. Tentu hal ini menjadi pertanyaan bagi saya, kok bisa thumbnail gambar tersebut tidak muncul? Padahal cara pemasangannya pun sudah benar, tidak link gambar yang rusak atau pun berkurang. Benar-benar aneh!

Awalnya saya mengira adalah masalah di sinyal internet yang tidak bisa membuka gambar secara penuh. Tapi setelah saya amati dan saya cek, bukan karena sinyal internet karena semua gambar atau pun thumbnail artikel lainnya bisa muncul dan tampil dengan baik. Tidak tampilnya thumbnail sekaligus gambar artikel ini saya alami kurang lebih 2 minggu yang lalu.

Setiap saya dan tim blog ini menulis dan menerbitkan artikel baru, selalu mengalami masalah yang sama. Sebenarnya tidak setiap artikel yang diterbitkan seperti itu, terkadang gambar dan thumbnail tampil langsung dan terkadang tidak. Bahkan salah satu penulis artikel di blog ini tidak pernah mengalami masalah gambar yang tidak muncul atau tampil ini. Lancar-lancar saja.

Karena masing-masing penulis di blog ini mengalami masalah yang berbeda, jadinya saya mencoba mengabaikannya karena mungkin penyebab gambar artikel ini tidak muncul adalah ada pembenahan di pusat server blogger. Namun karena beberapa gambar yang sudah diterbitkan disetiap artikel blog ini belum muncul terkadang lebih dari 2 hari, saya sedikit ragu, apa iya karena server blogger sedang down?

Setelah beberapa hari, 1 - 3 hari ternyata gambar artikel sudah bisa tampil. Tidak tahu juga apa penyebabnya. Apakah dari server blogger, dari server gambar cdn yang digunakan pada blog ini yaitu script cdn.staticaly atau pengaruh dari penggunaan host cloudfare untuk domain ini. Ingin membongkar semuanya dan mengembalikan ke tampilan default blog ini.

Namun untuk merubah ke dns awal untuk domain ini rasanya bukan waktu yang tepat jika dilakukan saat ini. Begitu juga untuk mengembalikan tampilan blog menggunakan template defaultnya yaitu template kompi flexible.

Lalu Bagaimana Solusinya? Bagaimana cara mengatasi gambar artikel dan thumbnail blog yang tidak tampil atau tidak muncul?

Ada banyak yang menyebabkan gambar tidak bisa tampil, dan cara mengatasinya pun berbeda-beda tergantung masalah yang terjadi. Dan juga tergantung dari pengguna atau pemilik blog tersebut. Seharusnya sebagai pemilik blog, harus mengetahui masalah awalnya, sejak kapan masalah itu terjadi? Setelah melakukan apa masalah itu muncul? Apakah setelah atau sedang melakukan edit-edit kode template atau yang lainnya?

Dengan mengetahui masalah awal yang menjadi penyebab tidak munculnya gambar, maka dengan mudah akan menemukan solusinya. Bahkan tidak perlu mencari jawabannya di google atau bertanya-tanya ke blogger yang lain.

Jadi tidak ada solusi apapun selama kode template blog, cara upload yang benar, dan tidak mengubah apapun di blog anda, hasilnya akan tetap sama. Malah jika anda mencoba melakukan hal-hal baru agar gambar yang terupload bisa langsung tampil akan mengakibatkan masalah yang baru atau masalah lainnya.

Kecuali masalah ini tidak teratasi dengan baik dan sampai berhari-hari maka anda perlu mempertimbangkan untuk mengganti template blog atau melakukan pengaturan ulang pada blog anda. Atau bisa juga dengan menggunakan pihak ketiga sebagai media penyimpanan gambar blog. Dengan menggunakan pihak ketiga, mungkin gambar artikel akan langsung tampil.

Dengan menggunakan pihak ketiga maka bisa jadi gambar langsung tampil dan tidak perlu loading atau menunggu beberapa waktu untuk menampilkan gambar tersebut. Namun dengan menggunakan pihak ketiga sebagai media penyimpanan maka akan ada efek yang harus anda terima yaitu loading akses server untuk mereload gambar tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Jika dari pihak ketiga dirasa kurang sreg atau kurang nyaman untuk digunakan, saran terbaik atau yang bisa saya rekomendasikan adalah menggunakan Google Foto. Upload dan unduh gambar kedalam layanan ini dan gunakan foto atau gambar yang sudah tersimpan disana. Namun untuk menggunakan gambar di google foto ini, anda harus membaca artikel dibawah ini

Baca: Cara Memasang Gambar Google Foto Untuk Artikel Blog

Dengan menggunakan layanan di perusahaan yang sama, mungkin akses loadnya relatif sama sehingga tidak terlalu mengganggu loading blog. Google foto adalah layanan penyimpanan foto atau gambar milik google yang bisa anda gunakan secara gratis dan bisa dibagikan menggunakan tautan atau link yang sudah disediakan.

Jadi jika anda mengalami hal yang sama dengan saya untuk masalah gambar artikel blog yang tidak tampil atau tidak muncul ini tidak perlu merubah atau mengganti kode apapun. Karena apa yang ada unggah kedalam blog anda sepenuhnya sudah tersimpan di penyimpanan blogger atau blogspot.

Mulai dari tulisan yang anda buat, gambar, video dan sebagainya, semuanya tersimpan didalam server google khusus blogger. Jika servernya ini ngadat atau terganggu maka akan mempengaruhi kinerja blog anda. Selama server ini berfungsi dengan baik dan masih gratis untuk digunakan, selama itulah masih menggunakan layanan ini.

Tentunya dengan banyaknya pengguna pada sebuah layanan yang disediakan oleh google, tidak serta merta google membiarkan begitu saja. Mereka akan melakukan update setiap waktu bahkan bisa setiap detik. Dengan tujuan agar server mereka tidak down.

Begitu juga jika anda menggunakan blog menggunakan hosting sendiri dengan kualitas yang baik. Baiknya kualitas hosting tergantung dari keberadaan server. Jika server buruk maka akses data yang ada di hosting akan buruk juga.

Terlepas dari semua itu, yang penting permasalahan yang terjadi yang menyebabkan gambar thumbnail dan artikel yang tidak muncul bukan karena faktor adanya script yang rusak atau adanya link gambar yang tidak lengkap.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]