--> Skip to main content
Menu

Memasang Rating Bintang Artikel Blog Apakah Perlu?

Memasang Rating Bintang Artikel Blog Apakah Perlu?

Menambahkan beberapa aksesoris sederhana untuk tampilan blog memang sangat diperlukan, begitu juga dengan memasang rating bintang artikel blog

Memasang Rating Bintang Artikel Blog Apakah Perlu

Menambahkan beberapa aksesoris sederhana untuk tampilan blog memang sangat diperlukan, begitu juga dengan memasang rating bintang artikel blog. Rating bintang yang digunakan ini biasanya muncul di halaman artikel atau di halaman pencarian google. Namun terkadang aksesoris yang dipasang tersebut tidak lebih daripada apapun.

Dengan memasang rating ini memang terlihat sangat bagus untuk tampilan halaman artikel blog, namun semua itu hanya sekedar tampilan saja dan tidak memberikan pengaruh apa-apa. Khususnya pengaruh dalam meningkatkan rating artikel tersebut di mata google. Tidak ada pengaruhnya sama sekali.

Apakah dengan memasang rating atau pun review artikel ini bisa meningkatkan nilai S.E.O artikel di halaman google? Tentu saja tidak. Google tidak semudah itu memberikan peringkat sebuah artikel hanya dengan memasang sebuah aksesoris atau menampilkan keindahan yang menarik untuk halaman artikel blog anda.

Dulu, mungkin iya, keberadaan rating ini memberikan pengaruh terhadap peringkat blog atau artikel. Namun seiring perkembangan algoritma google, semua yang tidak dibutuhkan dan hanya sebagai tanda yang bisa dimodifikasi tersebut bukan lagi sebuah acuan untuk meningkatkan peringkat blog atau artikel. Dan sungguh tidak masuk akal juga jika hanya dengan menampilkan bintang di artikel bisa meningkatkan rangking artikel tersebut di hasil pencarian google.

Benarkah Memasang Rating Bintang Artikel Blog ini Tidak Berguna?

Tentu saja sudah tidak ada gunanya kecuali hanya sebagai aksesoris saja. Apa buktinya kalau sudah tidak digunakan? Untuk mengetahui kalau pemasangan review bintang ini, jika anda sebagai pengguna Blogger, lihat dibagian menu Tata Letak >> Gadget Postingan Blog.

Pada tampilan gadget ini sudah tidak ada fitur rating dan interaksi lainnya. Fitur yang ada hanya menampilkan profil penulis, labels, tanggal, komentar dan tombol berbagi. Dan sudah tidak ada fitur interaksi dan rating.

Dengan tidak adanya fitur ini, itu artinya google sudah tidak menganggap sesuatu yang penting dengan menampilkan rating bintang ini.

Namun jika anda tertarik untuk menggunakan dan menampilkan rating bintang dengan skor tertentu, anda bisa mencobanya dengan menggunakan script rich snippet pada artikel blog anda dibawah ini:

  • Buka akun dasbor Blogger anda.
  • Pilih menu Tema >> Klik pada tombol Sesuaikan >> Pilih Edit HTML dan masukkan kode rich snippet dari schema.org ini kedalam kode template. Cari kode seperti ini application/ld+json atau kode rich snippet schema.org untuk halaman artikel blog anda. Atau lebih lengkapnya kurang lebih kodenya seperti ini:
    <script type='application/ld+json'>
      {
        "@context": "https://schema.org",
        "@type": "CreativeWorkSeries",
        "url": "<data:blog.url/>",
        "name": "<data:blog.pageTitle/>",
        "alternateName": "<data:blog.pageTitle/>",
        "description": "<data:blog.metaDescription/>",
        "inLanguage": "id",
        "author": {"@type": "Person", "name": "Sahroni"},
        "publisher": {"@type": "Organization", "name": "<data:blog.title/>"}
        }
      }
    </script>
  • Lalu sematkan kode rating bintang ini diantara kode diatas:
        "aggregateRating": {
        	"@type": "AggregateRating",
        	"ratingValue": "4.5",
       	    "ratingCount": "5",
      }, 
  • Sehingga lebih lengkapnya seperti dibawah ini:
    <script type='application/ld+json'>
      {
        "@context": "https://schema.org",
        "@type": "CreativeWorkSeries",
        "url": "<data:blog.url/>",
        "name": "<data:blog.pageTitle/>",
        "alternateName": "<data:blog.pageTitle/>",
        "description": "<data:blog.metaDescription/>",
        "inLanguage": "id",
        "aggregateRating": {
        	"@type": "AggregateRating",
        	"ratingValue": "4.5",
       	    "ratingCount": "5",
      },     
        "author": {"@type": "Person", "name": "Sahroni"},
        "publisher": {"@type": "Organization", "name": "<data:blog.title/>"}
        }
      }
    </script>
  • Jika kode sudah berhasil dipasang, simpan ulang kode template blog anda.

Keterangan:

"ratingValue" Menampilkan skor rating bintang 
"ratingCount" Mengatur jumlah rating, misalkan rating 5 

Apakah dengan memasang rating ini langsung menampilkan skor bintang dan jumlah preview pada artikel blog? Tentu saja, berhasil atau tidaknya kemungkinan menunggu hasil pembacaan schema yang dilakukan oleh blogger itu sendiri. Jika schema rich snippet diatas bisa terbaca maka rating bintang akan tampil, jika tidak, lebih abaikan saja.

Lantas apakah benar dengan memasang fitur berbintang ini meningkatkan nilai seo artikel atau blog?

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, tidak ada pengaruh apapun dengan pemasangan rating ini. Sekalipun anda memasang atau memberikan rating 9 pun tidak akan berpengaruh pada rangking artikel blog anda. Namun yang anda dapatkan tetap baik yaitu memperjelas kalau artikel tersebut ada nilainya di mata pengunjung atau pembaca artikel blog anda.

Rich Results

Sudah yakin ingin memasang kode rich snippet diatas? Setelah anda memasang kode diatas kedalam kode template blog, sebaiknya cek dulu apakah kode rich tersebut valid atau tidak. Untuk mengetahui valid atau tidaknya, kunjungi link pengujian rich snippet google ini:

Pengujian Hasil Kaya

Masukkan Url artikel atau blog yang ingin diuji dan lihat hasilnya. Jika ada yang error dari hasil pengujian tersebut, sebaiknya anda perbaiki dengan melihat panduan yang telah diberikan. Jadi jika kode yang saya berikan diatas keliru dan tidak sesuai, anda bisa mempelajarinya lebih lanjut di halaman pengujian hasil kaya tersebut.

Jika hasil yang ditampilkan error, itu artinya item untuk aggregateRating, itemReviewed, dan sebagainya tidak cocok dengan markup BlogPosting atau WebPage. Dengan membaca hasil yang didapatkan tersebut, anda akan bisa mempelajari beberapa item markup yang bisa digunakan dalam struktur schema.org yang bisa digunakan pada blog anda.

Kesimpulan

Jika anda ingin tetap memasang rating bintang sebagai bagian dari item rich snippet artikel blog dan muncul di halaman pencarian google atau pun dibawah artikel blog, silahkan sesuai setiap kode item yang valid yang sesuai dengan struktur schema.org.

Namun jika alasan anda memasang rating ini untuk meningkatkan peringkat artikel di halaman pencarian google (SERP), itu salah kaprah. Tidak ada bukti sahih yang menjelaskan secara detail kalau dampak pemasangan item review berupa bintang ini dapat meningkatkan peringkat blog.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]