--> Skip to main content
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
Info Ramadhan

Manfaat dan Jenis Kurma Untuk Kesehatan

Manfaat dan Jenis Kurma Untuk Kesehatan

Selama ini hanya sedikit tahu mengenai manfaat dan jenis kurma untuk kesehatan yang saya makan. Kurma yang paling terkenal adalah ajwa dan selain itu sudah tidak tahu nama dan jenis-jenis kurma. Sedangkan manfaatnya mungkin semua kurma memiliki khasiat yang sama baiknya untuk tubuh.

Ternyata setelah mendapatkan info dari saudara yang ada di Arab, ternyata banyak sekali jenis tanaman palm yang satu ini. Begitu juga dengan khasiat yang terdapat pada masing-masing jenis tanaman ini.

Kurma adalah termasuk kedalam tanaman jenis palm yang bisa tubuh dimana saja. Jadi jangan salah jika tanaman yang satu ini hanya tumbuh di padang pasir atau tanah yang tandus. Karena ternyata tanaman ini bis a tumbuh dimana saja. Meskipun buah ini menjadi makanan pokok di Timur Tengah dan Afrika, tanaman ini juga bisa tumbuh baik di Indonesia.

Sedangkan untuk asal muasalnya, meskipun pada zaman nabi buah ini sudah ada, namun untuk asal buah ini tidak ada yang mengetahuinya. Karena sejak lama buah ini sudah dibudidayakan di wilayah Timur Tengah. Tapi menurut sumber yang saya baca, buah ini berasal dari Teluk Persia dan akhirnya menyebarluas ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sedangkan untuk jenis kurma yang ada dipasaran ini, merupakan berbagai jenis dari sekian jenis kurma yang ada. Sedangkan yang banyak di cari, selain jenis kurma ajwa, ada beberapa jenis yang memiliki manfaat dan diminati oleh banyak orang. Bukan hanya kurma ajwa saja yang memiliki manfaat tapi ada jenis kurma yang lainnya.

Namun yang paling populer dan banyak dicari adalah kurma ajwa. Buah dengan warna kehitaman dengan rasa yang manis dan daging buahnya yang empuk ini, dipercaya kalau jenis buah yang satu ini adalah buah kurma kesukaan nabi. Sehingga sering disebut kalau kurma ajwa adalah kurma nabi. Apakah selain kurma yang satu ini ada kurma yang termasuk dalam kurma terbaik?

Tentu saja, ada 5 jenis kurma dan memiliki manfaat yang berbeda untuk kesehatan yaitu:

1. Kurma Ajwa

Buah dengan warna agak kehitaman ini menjadi kurma favorit dari sekian kurma yang ada. Bahkan buah ini disebut-sebut sebagai buah kesukaan nabi. Dari rasa dan bentuknya, memang buah ini meiliki cita rasa yang berbeda. Dengan serat daging yang empuk sangat enak untuk dinikmati.

Sedangkan dari manfaat, buah ini sangat bagus untuk kesehatan yaitu sebagai anti inflamasi dan anti oksidan yang membantu mencegah kerusakan sel dan membantu mencegah radikal bebas didalam tubuh.

Selain itu, meskipun memiliki rasa yang manis namun kandungan gula yang ada dalam buah ini sangat aman untuk tubuh. Bahkan dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus atau kencing manis sangat aman.

2. Kurma Sukkari

Dengan warna kekuningan pada buah ini menjadi daya tarik penikmat buah kurma. Apalagi daging buahnya juga sangat enak, yang tak kalah enak dengan buah kurma lainnya. Jenih buah ini menjadi buah favorit yang juga sering dicari oleh penyuka buah kurma.

Sedangkan manfaat yang didapatkan dari jenis buah kurma ini adalah membantu mengontrol tekanan darah, menjaga keseimbangan kada air, mengontrol kolesterol dan mencegah sembelit.

3. Kurma Medjool

Memiliki warna daging yang agak merah kecokelatan memiliki cita rasa yang manis dan enak juga. Sedangkan dari segi manfaat, kurma ini memiliki manfaat yang sama dengan kurma ajwa yaitu sebagai anti inflamasi dan anti oksidan dengan kandungan vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan tubuh.

4. Kurma Deglet Noor

Dengan warna daging cokelat muda, rasa manis dan dagingnya agak tipis dengan serat banyak, kurma yang satu ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan lambung, membantu proses pencernaan dan mengatasi sembelit.

5. Kurma Safawi

Dengan warna daging yang hampir sama dengan kurma ajwa, kehitaman dan daging yang emput dengan serat yang banyak. Kurma ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan lambung, menjaga kesehatan jantung dan membantu mengatasi disfungsi ereksi.

Dari kelima jenis buah kurma diatas, mana yang menjadi buah favorit anda? Atau jangan-jangan anda sama dengan saya, yaitu hanya mengetahui jenis kurma ajwa saja? Sedangkan yang lainnya tidak tahu namanya tapi mungkin pernah memakannya. Nah mulai sekarang, cobalah untuk mencari dan membeli jenis yang lainnya selain ajwa.

Coba tanyakan ke penjual, apakah ada jenis kurma medjool, deglet noor dan safawi. Kalau untuk kurma sukkari dan deglet noor sepertinya juga mulai familiar dan ada dibeberapa super market.

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

8 komentar

  1. Himawan Sant
    Mantap..., dari entri ini bisa mengenal nama-nama jenis kurma.
    Selama ini aku cuma tau kurma dari jenis warnanya yang beda tanpa tau namanya.
    • Sahroni
      Iya mas, ternyata dari sekian warna kurma itu ada namanya masing-masing tapi ya gitu meskipun sudah ada namanya tetap saja lupa hehee
  2. Gustyanita Pratiwi
    aku suka yang warnanya agak kehitaman dan basah..mungkin yang terakhir berarti ya mas roni...kalau yang hitam memang rasanya lebih enak dan manis menurutku..
    • Roni
      Bisa jadi mbak, karena yang hitam ada 2 ini.. Atau jangan-jangan bukan yang saya sebutkan diatas, hehehee.. Karena hampir semua kurma memiliki cita rasa dan warna yang sama
  3. Einid Shandy
    Aku tuh tiap makan kurma suka bingung, kenapa banyak warna. Lucunya ada cerita miring kurma berwarna gelap sekali biasanya malah tidak enak dan ada campurannya. Campuran apa'an? Hehe...

    Tapi, ah peduli sekali sama warna, yang penting makan kurma. Semuanya enak kok. Tapi, aku suka yang tidak terlalu manis sekali. Warna apa ya Kak? Aku lupa warnanya, tiap makan baru ngerti rasanya.
    • Roni
      Ternyata setelah di makan tidak ada yang aneh dengan kurma-kurma itu ya mbak, semuanya pasti enak hehehe
  4. Djangkaru Bumi
    Ternyata kurma saja aneka macam ya
    Saya tahunya asal kurma dan asal beli
    • Roni
      Karena semuanya enak-enak ya mas, apapun jenisnya kurma tetap disukai semua orang
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]