--> Skip to main content
Menu

Decoy Effect: Cara Menggunakan Penawaran Produk Jualan

Decoy Effect: Cara Menggunakan Penawaran Produk Jualan

Decoy Effect: Cara Menggunakan Penawaran Produk Jualan - Dalam menjalankan sebauh usaha, menggunakan penawaran yang tepat untuk menarik konsumen

Decoy Effect: Cara Menggunakan Penawaran Produk Jualan

Decoy Effect: Cara Menggunakan Penawaran Produk Jualan - Dalam menjalankan sebuah usaha, menggunakan penawaran yang tepat untuk menarik konsumen terbilang sangat susah dilakukan. Apalagi yang dijual hanya lah satu produk namun kenyataan tidak seperti itu. Baik itu jualan produk secara online ataupun offline, penawaran yang digunakan harus melihat opsi dari setiap promo yang akan dilakukan.

Misalkan Anda menjual produk digital secara online, atau jualan online, Anda hanya punya satu produk untuk dijual. Dengan adanya 1 produk ini, tentunya tidak ada penawaran yang akan digunakan untuk menarik pembeli. Bagaimana cara menggunakan penawaran satu produk agar maksimal? Yuk kita bahas bareng-bareng...

Jika Anda ingin jualan secara online, misalkan produk digital seperti jasa website, undangan digital, tool optimasi sosial media dan sebagainya. Dengan jualan 1 niche produk tersebut, Anda tidak perlu membuat dan menunggu memiliki banyak produk atau lebih dari 1 produk untuk dijual. Cukup satu produk saja. Dengan satu produk ini, Anda sudah bisa menghasilkan profit maksimal. Bagaimana caranya? Lakukan penawaran yang tepat. Apa sih yang ditawarkan? Tentunya produk yang akan dijual, sampaikan saja detail produk dan lain-lainnya yang berhubungan dengan produk tersebut. Termasuk support yang akan didapatkan oleh calon customer Anda.

Untuk satu produk memang terlihat agak susah namun jika Anda berhasil memainkan perasaan calon pembeli produk tersebut, disanalah mereka akan tertarik untuk membeli. Sama halnya ketika Anda melakukan pendekatan terhadap seorang cewek untuk dijadikan kekasih. Segala daya upaya akan dilakukan, termasuk kelebihan Anda. Pendekatan terhadap orang lain itu secara tidak langsung Anda menawarkan diri Anda agar dia tertarik dengan apa yang Anda miliki. Begitu juga saat menjual produk secara online, lakukan penawaran yang baik. Tawarkan produk kepada orang lain agar mereka tertarik dengan produk tersebut. Salah satu penawaran yang digunakan adalah menggunakan tehnik Decoy Effect.

Apa itu Decoy Effect?

Sederhananya adalah Decoy effect itu adalah memberikan 2 pilihan terhadap 1 produk dengan harga yang berbeda. Kalau jualan secara offline atau konvensional lebih mudah dalam menerapkan efek decoy ini. Misalkan Anda jualan es boba dengan 2 gelas berbeda. 1 gelas ukurang kecil dengan harga Rp 5.000 dan 1 gelas lagi ukuran besar dengan harga Rp 7.000. Dari dua ukuran gelas es boba ini, ada selisih harga yang tidak terlalu mahal harganya. Dengan adanya 2 harga berbeda namun 1 produk tersebut akan membuat pembeli bingung menentukan pilihan mereka.

Jika pembeli sudah bingung seperti itu, maka pilihan utama mereka akan memilih produk dengan harga yang lebih mahal karena memiliki isi yang lebih banyak. Begitu juga denga pilihan pasa es boba, tentunya untuk kepuasan tersendiri akan memilih es boba dengan harga Rp 7.000, isi lebih banyak, rasa sama, lebih puas dan cuma selesih Rp 2.000.

Bagaimana jika jualan secara online yang hanya 1 produk? Misalkan jual jasa website. Untuk menarik perhatian dan calon konsumen menggunakan jasa wesbite tersebut, lakukan penawaran berupa produk yang berhubungan dengan website tersebut sebagai bonusnya. Misalkan gratis domain dan hosting selama 1 tahun, jasa 1x optimasi SEO secara gratis, gratis template atau theme, atau gratis tool pembuat artikel. Dengan memberikan bonus yang berhubungan dengan produk utama, tentunya akan menjadi daya tarik calon pembeli untuk menggunakan jasa web Anda. Mainkan bonus yang menarik.

Namun perhatikan juga dalam memberikan harga pada produk tersebut, jangan sampai Anda memiliki banyak calon pembeli namun Anda tidak memiliki untung yang banyak. Misalkan Anda hanya memiliki jasanya saja, sedangkan layanan domain hosting dan optimasi SEO menggunakan jasa orang lain. Tentukan saja harga dan masing-masing kebutuhan ini, misalkan harga domain dan hosting Rp 300.000. Maka harga jasa web yang bisa Anda pasang adalah Rp 500.000 lebih. Keuntungan yang Anda dapatkan Rp 200.000. Bayangin saja kala ada 10 orang dalam 1 minggu yang oder, udah banyak kan?

Bagaimana jika jualan baju atau busana? Apakah bisa menerapkan decoy effect ini? Bisa banget karena banyak pilihan yang bisa dijadikan daya tarik pembeli. Pilihan yang ditawarkan mulai dari harga, ukuran yang sama, ukuran yang berbeda, produk yang sama dengan jenis yang berbeda, dan sebagainya. Anda bisa bermain-main dengan produk yang lainnya yang bisa menjadi pilihan pembeli. Tawarkan kepada mereka produk yang lainnya jika produk pilihan mereka terlalu mahal atau dengan alasan yang lainnya.

Contoh Kasus

Pernah melihat orang jualan buah dipinggir jalan? Misalkan buah jeruk, salak, rambutan, duku, atau yang lainnya yang dipasang tulisan harga? Dari kejauhan tentunya yang terlihat adalah tulisan harga yang sangat menarik. Misalkan jeruk, penjual pinggiran jalan tersebut memasang harga Rp 10.000 per kilo. Setelah Anda hampiri dan menanyakan ternyata harga Rp 10 ribu tersebut hanya untuk jeruk yang ukurannya kecil. Kalau yang besar harganya Rp 13 - 15 ribu. Dan biasanya juga posisi jeruk yang besar ada dibagian atas.

Nah dari contoh kasus diatas, ternyata penjual menggunakan trik dengan memasang harga murah hanya untuk jeruk yang kecil dengan perbandingan harga yang tidak terlalu mahal dengan jeruk yang besar.

Banyak sekali cara menggunakan penawaran yang tepat untuk menjual produk Anda. Tidak hanya sekedar memasang harga yang mahal atau murah namun memberikan pilihan yang tepat kepada calon pembeli akan menghasilkan untung yang sesuai dengan jerih payah Anda. Semoga bermanfaat.

2 komentar

  1. Dwi Sugiarto
    Wah sekarang sudah mulai ngomong bisnis nih... boleh lah dicoba triknya
  2. Ainun
    baru tau istilah decoy effect, selama ini hanya menerka nerka sendiri teknik seorang penjual dengan promo penawarannya, seperti penjual buah tadi
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]