--> Skip to main content
Menu

Arti Simbol Indikator Mobil

Arti Simbol Indikator Mobil

Biasanya simbol indikator mobil ini berada dibagian depan, yaitu dibagian dasbor berdekatan dengan stir mobil

Arti Simbol Indikator Mobil

Biasanya simbol indikator mobil ini berada dibagian depan, yaitu dibagian dasbor berdekatan dengan stir mobil. Dengan adanya indikator ini, orang yang paling pertama mengetahui dan melihat adalah pengemudi atau sopir. Beberapa simbol dari indikator mobil menyala saat mesin dihidupkan dan yang hidup saat mesin dimatikan dengan kondisi kunci dalam keadaan on. Namun semuanya tergantung dari masing-masing tipe mobil, karena tidak semua mobil memiliki indikator dengan fungsi yang sama. Dan selain itu juga tidak semua indikator ada pada semua mobil.

Masing-masing simbol indikator mobil tersebut memiliki fungsi sesuai dengan simbol yang tampil saat mesin dinyalakan. Oleh karena itu sangat perlu diperhatikan ketika Anda menyalakan mobil untuk melihat simbol-simbol yang tampil dibagian depan stir mobil tersebut. Kenapa harus memperhatikan simbol tersebut? Dengan memperhatikan simbol yang muncul maka akan diketahui apakah mobil dalam keadaan baik-baik saja atau ada masalah. Karena dengan mengecek setiap simbol yang muncul, Anda akan mudah mengetahui keadaan mobil yang sebenarnya.

Saat menyalakan mesin mobil, beberapa simbol akan menyala untuk pertama kalinya. Jika simbol indikator ini menyala maka bukan berarti mobil dalam keadaan baik-baik saja. Namun tetap perhatikan berapa lama indikator itu menyala, apakah menyala terus atau mati dalam beberapa detik saat mesin dinyalakan. Karena terkadang setiap pemilik mobil belum banyak yang paham dengan keberadaan simbol indikator yang menyala, khususnya simbol-simbol tertentu.

Baca Juga: Cara Cepat Belajar Mengemudi Mobil

Misalnya simbol pintu yang kurang tertutup rapat. Indikato pintu akan menyala jika pintu tidak ditutup dengan rapat. Indikator ini biasanya memiliki lampu dengan warna biru. Namun banyak yang kurang memperhatikan, bahkan saya sendiri pernah mengalami hal seperti itu. Baru ngeh setelah ada bapak-bapak yang klakson dan memberikan isyarat kalau pintu sebelah kiri agak terbuka. Dan setelah saya memperhatikan dibagian dasbor memang ada lampu indikato yang menyala.

Saat itu juga saya meminggirkan mobil karena disebelah kiri ada istri saya. Tidak aman juga kalau mobil dalam keadaan berjalan membuka dan merapatkan pintu dengan benar. Jika mengalami keadaan seperti ini, yang paling bertanggungjawab adalah sopir yaitu saya. Kenapa? Karena fungsi utama sopir adalah selain mengendarai kendaraan dengan baik dan benar, juga harus memperhatikan keadaan mobil sebelum berangkat. Mulai dari kondisi penumpangnya sampai keadaan mobilnya. Seperti kejadian pintu yang terbuka, meskipun orang lain yang menutup pintu, setidaknya sopir mengetahui kalau ada pintu yang tidak tertutup dengan rapat melalui indikator lampu yang menyala didepannya.

Agar mengendarai mobil lebih tenang dan aman, maka semua pemilik mobil atau sopir harus mengetahui tanda-tanda indikator yang tampil didepan bagian dasbor tersebut. Dibawah ini ada beberapa arti simbol indikator mobil yang bisa diingat. Namun tidak semua indikator yang ada ini, ada di semua mobil, tergantung dari type dan merek.

Indikator Mesin

Sesaat kunci mobil dalam posisi ON, ada beberapa indikator yang akan tampil, termasuk simbol mesin yang menandakan kalau mobil siap digunakan. Dan ketika mesin dinyalakan namun indikator mesin masih menyala, berarti ada yang bermasalah dibagian mesin. Jika lampu indikator mesin masih menyala, segera lakukan pengecekan ke bengkel terdekat. Indikator ini biasanya berwarna merah, orang atau kuning.

Indikator AirBag

Hampir semua mobil sudah dilengkapi AirBag namun untuk type-type terendah dari beberapa merek kendaraan roda empat ini masih belum menyertakan AirBag ini. Padahala fungsinya komponen ini sangat besar sekali untuk keamanan para penumpang. Untuk mobil yang sudah memiliki AirBag biasanya memiliki simbol dibagian dasbor dan diarea speedometer. Saat kendaraan dalam posisi ON, biasanya indikator akan memberitahukan kalau mobil ini dilengkapi dengan AirBag dan indikator akan menyala dengan warna biru.

Indikator HandBrake

Handbrake atau yang lebih dikenal dengan hand rem ini biasanya memiliki tanda huruf P atau tanda SERU dalam lingkaran. Indikator rem tangan ini menyala saat posisi mobil dalam keadaan ON sehingga pemilik mobil akan mengetahui kalau posisi mobil dalam keadaan terparkir. Hand rem sendiri digunakan saat mobil dalam keadaan parkir.

Indikator Antilock Braking System (ABS)

Hampir mirip dengan hand rem namun untuk ABS ini lebih mengendalikan atau mengontrol kecepatan saat melakukan pengereman secara mendadak. Sehingga mobil atau pun motor tetap bisa dikendalikan. Berbeda dengan hand rem, meskipun bisa bisa melakukan pengereman namun roda aka sepenuhnya terkunci, sehingga mobil susah dikendalikan. Indikator untuk ABS ini biasanya ditandai dengan huruf atau simbol ABS berwarna orange.

Indikator Kontrol Traksi

Untuk yang satu ini tidak semua kendaraan memilikinya, apalagi untuk kendaraan dengan level LGCC level terendah. Simbol dari indikator traksi ini berupa gambar mobil dengan bekas ban berliuk. Seperti rambu lalu lintas untuk jalan licin. Fungsi kontrol traksi ini adalah masih berhubungan dengan kotrol pada sistem rem ABS. Dengan adanya kontrol traksi ini akan memudahkan pengendara melakukan manuver atau meliuk-meliuk dijalanan yang membantu roda tetap mencekram jalan dengan baik.

Indikator Temperatur Mesin

Ada dua simbol untuk indikator ini yaitu ikon seperti termometer dan huruf C dan H dengan kombinasi garis melengkung sebagai penghubungnya. Namun untuk beberapa mobil hanya terdapat ikon temperatur. Fungsi dari indikator ini adalah untuk mengetahui keadaan mesin. Huruf C maksudnya adala Cool dan huruf H adala Hot. Jika kondisi mesin sering panas maka indikatornya adalah jarum huruf H dan atau ikon temperatur menyala terus.

Indikator Sabuk Pengaman

Simbol dari indikator ini adalah ikon orang duduk dengan tali menyilang. Ikon ini akan menyala terus jika tidak ada yang menggunakan sabuk pengaman. Oleh karena itu selalu gunakan sabuk pengaman setiap berkendara. Atau jika tidak ingin menggunakan sabuk dan ingin indikatornya tidak menyala terus, biasanya ada tombol khusus untuk mematikan lampu indikator ini. Jika tidak ada tombol, pasangkan saja pengait sabuknya tanpa memasang sabuk.

Indikator Oli

Tanda oli menetes ini untuk mengetahui kondisi oli mobil, apakah sudah berkurang atau ada masalah pada mesin karena kondisi oli yang tidak stabil. Inilah alasannya kenapa mobil harus rutin cek ke bengkel, yang paling utama adalah untuk mengetahui kondisi oli saja. Jika kondisi oli baik, mesin akan selalu stabil.

Indikator Aki atau Baterai

Jika lampu pada indikator aki ini menyala, berarti ada masalah pada sistem kelistrikan mobil. Segera cek dan biasanya perlu dilakukan pergantian aki. Ikon untuk aki ini berbentuk kotak.

Indikator Bahan Bakar

Kalau ikon yang ini pasti sudah tahu semua karena hampir semua kendaraan, baik itu roda dua dan roda empat memiliki indikator dengan ikon yang sama untuk bahan bakar. Begitu juga dengan fungsinya yang mengetahui adanya ketersedian volume bahan bakar pada mobil. Jika bahan bakar mau habis, ikon ini akan menyala atau berkedip.

Indikator Pintu Terbuka

Banyak yang masih melupakan untuk menutup pintu mobil dengan rapat, termasuk saya. Jika waktu pertama kali membuka pintu, ada alarm yang akan berbunyi dan dengan mudah bisa mengetahui kalau ada pintu yang terbuka. Apalagi ikon mobil dengan pintu terbuka juga menyala. Namun masalahnya adalah alarm pintu tidak akan berbunyi jika pintu sudah tertutup, meskipun tidak rapat. Jika pintu ditutup dengan rapat yang muncul adalah ikon mobil dengan pintu terbuka yang akan menyala terus.

High Beam atau Lampu Jauh

Jangan selalu menyalahkan mobil orang lain ketika mereka menyalakan lampu jauh ke arah mobil yang Anda kendarai. Bisa jadi itu adalah respon dari mereka kalau lampu jauh di mobil Anda lah yang menyala. Pernahkan mengalami seperti itu? High beam atau pass beam atau lampu jauh atau yang lebih familiar dengan sebutan lampu dim adalah lampu yang digunakan untuk menyoroti keadaan jalan yang pencahayaannya kurang dan dikawasan yang sepi.

Jadi sebenarnya jangan asal main menyalakan lampu dim jika tidak dalam keadaan darurat. Karena menyalakan lampu dim akan membuat pengendara lain menjadi silau dan itu sangat berbahaya bagi mereka apalahi jika dinyalakan dalam waktu yang agak lama.

Indikator Eco Lamp

Eco lamp yang memiliki icon daun dengan lampu hijau ini adalah menentukan efisiensi pengendara dalam mengendarai kendaraannya. Jika ia berkendara dengan icon eco lamp menyala berarti kendaraan dijalankan dengan efisisiensi bahan bakar. Dalam artian bahan bakar tidak terlalu boros untuk digunakan.

Indikator Kamera Sensor Parkir

Indikator ini akan menyala dan berbunyi saat mobil berjalan mundur dan ada benda yang berjarak kurang lebih 1 meter. Dengan adanya indikator ini, pengemudi akan memiliki resiko kecil untuk menabrak.

Sebenarnya masih banyak lagi ikon atau tanda-tanda lampu indikator dalam sebuah mobil. Bahkan semua mobil memiliki simbol tersebut namun ada yang tidak berfungsi karena disesuaikan dengan type level mobil. Semakin tinggi type dari merek mobil maka semakin banyak ikon indikator didalamnya. Oleh karena itu, jika Anda memiliki mobil, hal pertama yang harus diketahui dulu adalah fungsi masing-masing indikator ini. Banyak yang bisa menyetir mobil namun banyak juga yang belum paham tentang fungsi indikator mobil ini.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]