--> Skip to main content
Menu

Cara Menentukan Harga Produk Toko Untuk Untung Maksimal

Cara Menentukan Harga Produk Toko Untuk Untung Maksimal

Cara Menentukan Harga Produk - Membuka usaha toko kebutuhan rumah tangga, kebutuhan sembako adalah menjadi keinginan banyak orang untuk saat ini. Namun untuk menajalankan usaha tersebut membutuhkan keuletan yang hebat. Semangat dan kesabaran sangat diperlukan dalam membuka toko pracangan ini. Kenapa karena jika Anda berada dalam satu RT, pastinya lebih dari 1 toko yang bisa ditemukan disana. Bukan 1 desa loh ya, bayangin saja kalau 1 desa, ada berapa toko pracangan yang berdiri disana?

Dengan banyaknya toko kelontong atau pracangan tersebut tentunya membutuhkan kesabaran untuk mendatangkan pembeli atau menciptakan pelanggan yang setia membeli di toko Anda. Bukan perkara mudah, karena saingan utama yang harus dihadapi adalah pemilik toko. Bukan harga dari produk yang dijual. Kalau untuk harga mungkin rata-rata produk memiliki harga yang sama dengan toko yang lainnya. Harus? Belum tentu juga. Namun yang pastinya saingan utamanya adalah antar pemilik, terkadang persaingan yang terjadi mengakibatkan permusuhan dan tidak saling sapa. Duh, wong ndeso lek wis saingan yo ngunu kuwi, ora iso demek yo main alus hehehe.

Padahal kalau mereka ke kota, banyak sekali pedagang yang menjual produk yang sama, bahkan saling berdempetan. Katakalah toko baju atau toko sepatu, mereka berjualan dengan sangat rukun dan tetap saling tegur sapa. Tidak ada permusuhan, merek menjual karena satu sama lain saling membutuhkan. Tidak hanya sekedar membutuhkan pembeli, tapi terkadang mereka saling kerja sama. Misalkan ketika diantara produk mereka yang dijual tidak laku, mereka akan saling kerja sama untuk jual beli produk dengan harga tertentu.

Begitu juga dengan harga-harga produk di toko kelontong. Memainkan harga itu sangat penting dilakukan namun jangan sampai keblabasan. Karena jika berlebihan akan merusak usaha yang lainnya. Ingat saingan boleh keras, namun harus sehat. Begitu juga dalam menentukan harga produk. Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk menentukan harga agar pembeli datang ke toko Anda:

1. Menaikan Harga Produk

Menaikkan harga produk memang harus dilakukan namun jangan terlalu berlebihan karena akan menjadi boomerang untuk usaha Anda. Menaikkan harga produk yang sewajarnya menjadi daya minat pembeli untuk membeli produk tersebut. Dengan menaikkan harga tentunya tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan untung.

2. Harga Sama

Berani menggunakan harga yang sama dengan harga pembelian atau jarga kulakan? Kenapa tidak? Jika dengan menetapkan harga tersebut untuk tujuan menarik pembeli, maka cara ini bisa dilakukan. Karena selain mendapatkan pembeli dari produk yang mereka inginkan, tentunya pembeli ada opsi lain untuk membeli produk yang lainnya.

3. Menaikkan Harga Produk Lain

Masih berhubungan dengan opsi kedua diatas, jika produk yang dibeli konsumen menggunakan harga yang sama dengan harga kulakan, maka Anda boleh menaikkan harga yang lainnya. Dengan harapan Anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Keuntungan dari harga jual produk yang lainnya bisa menutupi produk yang lainnya.

4. Harga Promo

Toko pracangan ada promo? Kenapa tidak? Misalkan ada produk baru yang belum dijual oleh toko lainnya. Berikan saja harga promo pada produk tersebut, ingat jangan menaikkan, mentang-mentang hanya di toko Anda memiliki produk ini lalu harganya dinaikkan. Jangan tujuan utama dari promo ini adalah untuk menarik pembeli datang ke toko Anda. Jika harganya dinaikkan suatu saat pasti akan ada yang jual produk yang sama. Nah ketika toko lain menjual produk yang sama menggunakan harga promo mereka sedangkan di toko Anda harganya sudah naik atau lebih mahal, maka toko Anda akan sepi.

5. Memberikan Produk Gratis

Berani memberikan produk secara gratis? Berani banget. Produk yang diberikan secara cuma-cuma adalah produk dengan harga Rp 500 - Rp 1.000. Misalkan seperti bumbu dapur. Dengan memberikan produk ini secara gratis, bukannya Anda tidak mendapatkan untung. Ingat Anda sudah menaikkan harga produk yang lainnya, disanalah keuntungan yang bisa didapatkan untuk menutupi harga produk yang lain.

Dari kesekian tips diatas, tentunya ada salah satu yang dilakukan penjual di toko mereka. Bukan usaha pake yang mistis mistis loh ya, kalau itu jangan disebutkan karena cara tersebut merupakan cara yang hanya Anda sendiri yang mengetahui dampak dan efeknya. Semoga cara diatas memberikan manfaat untuk perkembangan bisnis toko Anda.

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

2 komentar

  1. Dwi Sugiarto
    saya buka toko kelontong sudah lama.. ada yang pake prosentase mas.. 10 % aja udah bagus..untuk barang yang lakunya cepat
  2. Gustyanita Pratiwi
    wah angkut dulu ilmu kewirausahaannya mas roni...bermanfaat untuk pemula yang akan membuka usaha toko kebutuhan rumah tangga. Dari kesemuanya yang menurutku paling menarik sekaligus ga bikin buntung adalah point menaikkan harga produk, dengan catatan harus wajar ya harga yang dikenakannya. Dalam artian harga tetep di atas pas kukakan tapi juga ngga njomplang banget kalau mau naikkan prosentase. Supaya pembeli tidak kabur dan keburu ngecap toko kita kemahalan. Kalau yang kasih gratis untuk macam barang yang harganya murah ini kayak hadiah bundling gitu ya..
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]