--> Skip to main content
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
Info Ramadhan

Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet

Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet

Menyimpan daging dalam waktu yang lama membutuhkan cara yang tepat agar daging tetap awet dan tidak mudah rusak. Khususnya di hari raya Idul Adha, banyak sekali daging yang diterima dan didapatkan oleh masyarakat. Baik itu melalui sedekah atau pun dari membeli. Tidak memandang orang yang tidak mampu atau mampu, pada hari raya Idul Adha adalah hari perayaan yang sangat istimewa, setiap orang akan mendapatkan daging sesuai jatah masing-masing.

Kenapa banyak sekali daging saat hari raya Idul Adha? Karena hari raya ini disebut sebagai hari raya qurban. Yaitu melaksanakan pemotongan hewan yang layak untuk dikurbankan. Setelah melaksanakan pemotongan hewan qurban ini, dagingnya akan dibagikan kepada yang berhak. Bahkan untuk saat ini setiap orang berhak mendapatkan daging hewan qurban.

Hewan-hewan yang bisa dijadikan sebagai hewan qurban antara lain unta, sapi, kambing, atau domba. Oleha karena itulah saat perayaan hari qurban banyak sekali daging yang diterima oleh masyarakat. Bahkan saking banyaknya daging bisa disimpan sampai beberapa hari bahkan ada yang sampai 1 bulan menyimpan daging qurban ini.

Apakah dengan menyimpan terlalu lama akan membuat daging menjadi rusak? Tentu saja iya karena meskipun daging tergolong awet namun tidak tahan juga jika dibiarkan terlalu lama di luar ruangan atau berada di suhu ruangan.

Daging membutuhkan tempat yang bisa membuatnya tahan lebih lama. Oleh karena itu sangat tidak dianjurkan daging disimpan ditempat yang bisa membuatnya mempengaruhi kualitas dari daging itu sendiri. Sekalipun disimpan ditempat tertutup seperti lemari, belum tentu membuat daging awet.

Bagaimana Cara Menyimpan Daging Agar Tetap Awet?

Agar daging tetap awet, ada beberapa cara yang harus dilakukan dengan benar. Selain untuk menjaga kerusakan pada daging, juga untuk membuat daging tetap enak saat di makan dengan rasa yang khas. Dibawah ini ada beberapa cara penyimpanan daging yang perlu dilakukan untuk menjaga kualitas daging yaitu :

1. Cuci Daging Sebentar

Sebelum menyimpan daging didalam frezzer, lebih baik dicuci terlebih dulu namun jangan terlalu lama. Apalagi membersihkan sampai ke sela-sela bagian dalam daging. Cukup mencuci daging dengan cara dialiri hanya untuk mengurangi sisa darah dan kotoran yang menempel.

Jika daging di cuci sampai kedalam sela-sela daging akan menyebabkan kualitas daging berkurang dan akan mempercepat daging menjadi rusak atau membusuk.

2. Jangan Membiarkan Daging Terlalu Lama di Suhu Ruang

Membiarkan daging terlalu lama diluar akan memudahkan lalat berdatangan atau beberapa serangga lainnya. Khususnya lalat, serangga yang satu ini terkenal membawa bakteri yang menempel ditubuhnya. Jika lalat lalat ini hinggap di daging maka daging mudah membusuk karena sudah terkontaminasi oleh lalat. Oleh karena itu segera simpan daging kedalam frezzer sesegera mungkin.

Bagaimana dengan daging yang di beli dari pasar? Bukankah daging yang dijual itu digantung dan pastinya dikerubuti lalat? Daging yang di beli dari pasar lebih baik segera di rebus agar bakteri cepat mati.

3. Simpan Ditempat yang Rapat

Simpan ditempat yang benar-benar rapat yang kedap udara. Jangan terlalu pusing untuk mencari dan menggunakan tempat yang benar-benar rapat, tas kresek besar juga bisa digunaka dan diikat agar selalu rapat. Setelah itu simpan daging kedalam frezzer.

4. Cairkan Daging Sebelum Dimasak

Setelah daging dikeluarkan dari frezzer, dinginkan terlebih dulu sebelum dimasak. Untuk mencuci daging, langsung cuci dengan kreseknya agar kualitas daging tetap terjaga. Inilah salah satu alasan kenapa memilih tas kresek agar daging bisa langsung dicuci. Jika wadahnya menggunakan kotak dari platsik, keluarkan saja dagingnya.

5. Simpan Daging Dalam Porsi Kecil

Agar mudah dalam penyimpan dan penggunaan setelah penyimpanan lebih baik daging disimpan dalam potongan-potongan kecil. Cara ini juga memudahkan saat dibersihkan, dipotong dan dicuci sebelum di masak.

Baca Juga Cara Masak Daging Agar Empuk Tanpa Presto

Apakah Daging Boleh Disimpan Di Kulkas?

Daging bisa saja disimpan di kulkas namun dalam waktu yang sebentar saja. Jangan terlalu lama menyimpan daging di dalam kulkas karena suhu di kulkas cenderung berubah sehingga akan membuat kualitas daging bisa berubah.

Untuk menyimpan daging di kulkas cukup 3 hari, namun sangat tidak disarankan untuk menyimpan didalam kulkas meskipun daging dibungkus oleh kresek atau dalam tempat yang vakum udara. Semoga bebeberapa tips cara menyimpan daging qurban agar tetap awet bisa menjadi sumber referensi untuk menjaga kualitas daging agar tidak mudah membusuk.

Ning Deasy
Penulis:
Ning Deasy
Belajar untuk menjadi lebih baik lagi...

14 komentar

  1. Rudi Chandra
    Persiapan buat lebaran idul adha ntar nih. 😀
    • Roni
      Ayok disiapin dulu mas :)
  2. Himawan Sant
    Wuah mantap ...jauh-jauh hari sebelum Idul Adha, trik menyimpan daging sudah dirilis 😁
    • Roni
      Kejar tayang mas hehehee
  3. Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis
    bermanfaat....

    Thank you for sharing
    • Roni
      Sama-sama :)
  4. Andie
    Cocok nih bang, makasi infonya yah..

    Kalau orang rumah ketika dapat daging kurban, langsung masukin ke freezer ga pake cuci-cuci bang, katanya bakteri yang diair malah masuk ke daging..

    • Roni
      Kalau kelamaan bersihin dagingnya memang akan mudah terkontaminasi oleh bakteri mas, jadi bentar aja hanya bersihin bagian luarnya
  5. Reyne Raea / Rey
    Btw, kalau saya perhatikan, banyak orang yang nggak pake cuci dagingnya dong, apa gitu alasannya, yang jelas meminimalisasikan terkena air banget :)

    Btw, ini mau puasa, bentar lagi lebaran, kayaknya persiapan banget menyimpan daging :)
    • Roni
      Mencuci hanya bagian luarnya aja kak Rey dan tidak terlalu lama banget, bentar-bentar aja
  6. Gustyanita Pratiwi
    aku biasanya juga takpotongin kecil kecil mas roni, trus takmasukin tempat makan atau tupperware #e kok sebut merek ya si mbul...keplak si mbul wkwkwkkw

    tapi dominasi besarnya langsung takungkep atau takmasak biar bisa dihangatkan beberapa kali :)
    • Roni
      Hahahaa ada dua pilihan daging nantinya yang akan di masak ya mbak, eh si tupperware masuk juga ya :D
  7. <a href="https://www.bangancis.web.id/" rel="nofollow">Bang Ancis</a>
    Wah terima kasih tipsnya... Ini bukan untuk daging kurban saja sih sebenarnya.. Semua jenis daging untuk stok harus melalui proses yang sama...
    • Roni
      Betul bang, rata-rata caranya sama dalam menyimpan daging agar tetap awet
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]