Skip to main content
Menu

Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet

Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet

Menyimpan daging dalam waktu yang lama membutuhkan cara yang tepat agar daging tetap awet dan tidak mudah rusak

Baca Juga

Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet

Menyimpan daging dalam waktu yang lama membutuhkan cara yang tepat agar daging tetap awet dan tidak mudah rusak. Khususnya di hari raya Idul Adha, banyak sekali daging yang diterima dan didapatkan oleh masyarakat. Baik itu melalui sedekah atau pun dari membeli. Tidak memandang orang yang tidak mampu atau mampu, pada hari raya Idul Adha adalah hari perayaan yang sangat istimewa, setiap orang akan mendapatkan daging sesuai jatah masing-masing.

Kenapa banyak sekali daging saat hari raya Idul Adha? Karena hari raya ini disebut sebagai hari raya qurban. Yaitu melaksanakan pemotongan hewan yang layak untuk dikurbankan. Setelah melaksanakan pemotongan hewan qurban ini, dagingnya akan dibagikan kepada yang berhak. Bahkan untuk saat ini setiap orang berhak mendapatkan daging hewan qurban.

Hewan-hewan yang bisa dijadikan sebagai hewan qurban antara lain unta, sapi, kambing, atau domba. Oleha karena itulah saat perayaan hari qurban banyak sekali daging yang diterima oleh masyarakat. Bahkan saking banyaknya daging bisa disimpan sampai beberapa hari bahkan ada yang sampai 1 bulan menyimpan daging qurban ini.

Apakah dengan menyimpan terlalu lama akan membuat daging menjadi rusak? Tentu saja iya karena meskipun daging tergolong awet namun tidak tahan juga jika dibiarkan terlalu lama di luar ruangan atau berada di suhu ruangan.

Daging membutuhkan tempat yang bisa membuatnya tahan lebih lama. Oleh karena itu sangat tidak dianjurkan daging disimpan ditempat yang bisa membuatnya mempengaruhi kualitas dari daging itu sendiri. Sekalipun disimpan ditempat tertutup seperti lemari, belum tentu membuat daging awet.

Bagaimana Cara Menyimpan Daging Agar Tetap Awet?

Agar daging tetap awet, ada beberapa cara yang harus dilakukan dengan benar. Selain untuk menjaga kerusakan pada daging, juga untuk membuat daging tetap enak saat di makan dengan rasa yang khas. Dibawah ini ada beberapa cara penyimpanan daging yang perlu dilakukan untuk menjaga kualitas daging yaitu :

1. Cuci Daging Sebentar

Sebelum menyimpan daging didalam frezzer, lebih baik dicuci terlebih dulu namun jangan terlalu lama. Apalagi membersihkan sampai ke sela-sela bagian dalam daging. Cukup mencuci daging dengan cara dialiri hanya untuk mengurangi sisa darah dan kotoran yang menempel.

Jika daging di cuci sampai kedalam sela-sela daging akan menyebabkan kualitas daging berkurang dan akan mempercepat daging menjadi rusak atau membusuk.

2. Jangan Membiarkan Daging Terlalu Lama di Suhu Ruang

Membiarkan daging terlalu lama diluar akan memudahkan lalat berdatangan atau beberapa serangga lainnya. Khususnya lalat, serangga yang satu ini terkenal membawa bakteri yang menempel ditubuhnya. Jika lalat lalat ini hinggap di daging maka daging mudah membusuk karena sudah terkontaminasi oleh lalat. Oleh karena itu segera simpan daging kedalam frezzer sesegera mungkin.

Bagaimana dengan daging yang di beli dari pasar? Bukankah daging yang dijual itu digantung dan pastinya dikerubuti lalat? Daging yang di beli dari pasar lebih baik segera di rebus agar bakteri cepat mati.

3. Simpan Ditempat yang Rapat

Simpan ditempat yang benar-benar rapat yang kedap udara. Jangan terlalu pusing untuk mencari dan menggunakan tempat yang benar-benar rapat, tas kresek besar juga bisa digunaka dan diikat agar selalu rapat. Setelah itu simpan daging kedalam frezzer.

4. Cairkan Daging Sebelum Dimasak

Setelah daging dikeluarkan dari frezzer, dinginkan terlebih dulu sebelum dimasak. Untuk mencuci daging, langsung cuci dengan kreseknya agar kualitas daging tetap terjaga. Inilah salah satu alasan kenapa memilih tas kresek agar daging bisa langsung dicuci. Jika wadahnya menggunakan kotak dari platsik, keluarkan saja dagingnya.

5. Simpan Daging Dalam Porsi Kecil

Agar mudah dalam penyimpan dan penggunaan setelah penyimpanan lebih baik daging disimpan dalam potongan-potongan kecil. Cara ini juga memudahkan saat dibersihkan, dipotong dan dicuci sebelum di masak.

Baca Juga Cara Masak Daging Agar Empuk Tanpa Presto

Apakah Daging Boleh Disimpan Di Kulkas?

Daging bisa saja disimpan di kulkas namun dalam waktu yang sebentar saja. Jangan terlalu lama menyimpan daging di dalam kulkas karena suhu di kulkas cenderung berubah sehingga akan membuat kualitas daging bisa berubah.

Untuk menyimpan daging di kulkas cukup 3 hari, namun sangat tidak disarankan untuk menyimpan didalam kulkas meskipun daging dibungkus oleh kresek atau dalam tempat yang vakum udara. Semoga bebeberapa tips cara menyimpan daging qurban agar tetap awet bisa menjadi sumber referensi untuk menjaga kualitas daging agar tidak mudah membusuk.