--> Skip to main content
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
Info Ramadhan

Cara Masak Daging Agar Empuk Tanpa Presto

Cara Masak Daging Agar Empuk Tanpa Presto

Cara Masak Daging Agar Empuk Tanpa Presto - Memasak daging yang benar masih belum banyak yang bisa melakukannya, apalagi untuk menghasilkan daging masak yang empuk dan mudah digigit tanpa harus menggunakan pisau. Daging mudah dipotong hanya dengan menggunakan sendok makan saja.

Apapun jenis daging yang akan dimasak adalah daging dengan komposisi keras jika cara masaknya kurang tepat akan menghasilkan masakan daging yang alot alias keras saat di makan. Tentu saja keadaan ini sangat membuat tidak nyaman, apalagi makanan yang disajikan pada acara resmi. Pasti bakalan banyak sisa-sisa daging diatas piring yang tidak di makan.

Pernah kan melihat banyak sisa daging yang tidak di makan saat acara pernikahan? Jika kita sebagai tuan rumah melihat kondisi seperti itu tentu merasakan ada masakan yang kurang benar. Apalagi sebagai tamu, tentu merasa kecewa karena daging yang menjadi masakan favorit tidak bisa dikunyah alias dagingnya keras.

Apakah daging yang dimasak masih mentah sehingga sangat sulit untuk di gigit atau dikunyah? Tentu saja tidak, tidak mungkin orang yang masak daging tersebut memasak dagingnya tidak dalam keadaan matang. Kenapa dagingnya masih terasa keras?

Salah satu faktor yang menyebabkan daging masih mentah setelah di masak adalah karena cara memasak daging yang benar yang masih kurang tepat dilakukan. Padahal cara masak daging dengan cara masak biasa tanpa menggunakan presto tetap bisa membuat daging menjadi empuk dan mudah untuk dikunyah.

Namun saat ini kebanyakan ibu-ibu dirumah memilih menggunakan presto untuk membaut daging menjadi lebih lunak. Padahal presto tidak selalu digunakan untuk melunakkan daging. Dengan beberapa cara dibawah ini, daging yang di masak akan mudah lunak, emouk dan mudah untuk di makan.

Berikut Cara Merebus Daging yang Cepat Empuk

Cara dibawah ini adalah cara yang sangat sederhana sekali namun hasilnya akan membuat daging yang sudah direbus akan menjadi empuk dan mudah untuk di makan :

  1. Rebus air dalam panci yang digunakan untuk merebus daging. Masak air sampai mendidih terlebih dulu jangan memasak daging secara langsung.
  2. Masukkan daging yang sudah dibersihkan kedalam air yang sudah di masak mendidih.
  3. Biarkan daging direbus selama 5 menit. Jika sudah 5 menit, tutup panci yang berisi daging dan matikan kompor.
  4. Biarkan daging selama 30 menit didalam panci yang tertutup.
  5. Setelah 30 menit, rebus kembali daging dalam panci dalam keadaan tertutup. Dan biarkan selama 7 menit.

Ingat, selama proses memasak tersebut, jangan membuka tutup panci. Biarkan selalu dalam keadaan tertutup rapat. Tujuan memasak daging seperti ini adalah agar waktu yang digunakan untuk merebus daging membuat daging menjadi benar-benar empuk. Sangat disarankan untuk menggunakan panci dengan penutup yang agak berat agar benar-benar rapat.

Cara ini adalah salah satu yang digunakan untuk memasak daging agar cepat empuk. Masih ada beberapa cara yang sangat tradisional yang sampai saat ini masih digunakan oleh para ibu, salah satunya adalah menambah daun pepaya muda kedalam rebusan daging.

Selain itu ada lagi yang harus diperhatikan dalam memasak daging yaitu memilih atau menggunakan daging yang mudah untuk di masak. Pilih bagian daging yang benar-benar mudah untuk di masak. Kalau daging yang di beli adalah daging yang sudah tua dan keras, otomatis saat di masak juga akan membutuhkan waktu yang lama bahkan hasilnya pun tidak empuk. Selamat mencoba.

Ning Deasy
Penulis:
Ning Deasy
Belajar untuk menjadi lebih baik lagi...

8 komentar

  1. Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis
    lumayan lama rebusnya....30 menit.....

    bermanfaat.... thank you for sharing
    • Roni
      Hehe iya, sesuai tips dari chefnya seperti itu
      :)
  2. Andie
    Benerr! Ini cara mertua bikin daging empuk, emang ada rumusnya 5, 30, 7 gitu-gitu cuma sepertinya mirip-mirip sama tulisanmu bang hahaha
    • Roni
      Hahaha emang bener mas, ini caranya pake rumus itu, 5-30-7 hehee
  3. Gustyanita Pratiwi
    aku save dulu mas roni...baru ja kemarenan beli daging versi banyak....kalau dipresto cepat empuk dan ga boros di gas elpiji hihihi
    • Roni
      Silahkan mbak, makasih sebelumnya
      Betul banget, solutip pake presto :)
  4. Nurul Sufitri
    Aku pernah mencoba metode ini. Awalnya ga yakin beneran matang atau ga nih hihihi ternyata beneran matang dagingnya. TFS mas. Hemat beginian ga mesti beli panci presto yang mehong wkwkwkwk :D
    • Roni
      Hehehee ternyata sukses juga ya mbak meskipun agak meragukan. Padahal cara ini dari chef lo :)
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]