Skip to main content

Membuat Sambal Ayam Bakar Sederhana ala Emak

Membuat Sambal Ayam Bakar Sederhana ala Emak

Masakan ayam bakar pasti semua orang sangat ingin mencicipinya, dan untuk menikmati hidangan ini rata-rata semua orang membelinya di warteg atau restoran. Sedangkan untuk membuat sendiri, biasanya masih menunggu adanya hajatan atau acara pesta yang menyajikan hidangan ayam bakar.

Apalagi sebagai orang desa, untuk menikmati ayam bakar itu tentunya tidak setiap hari membuatnya. Berbeda dengan ayam goreng biasa atau ayam goreng krispi yang masih bisa dibuat setiap hari sebagai lauk pauk keluarga. Sedangkan ayam bakar, biasanya ada di hari-hari istimewa.

Begitu juga dengan bumbu untuk membuat masakan dengan bahan utama ayam. Ayam yang dimasak dengan santan atau gulai, berbeda dengan ayam yang dimasak dengan cara dibakar. Khusus ayam bakar ini, ada sambal istimewa yang membuat masakan ini jadi lebih nikmat dan gurih.

Sambal ayam bakar memiliki cita rasa agak manis dan pedas. Dua rasa inilah yang membedakan masakan ayam bakar berbeda dengan yang lainnya. Bahkan untuk sambalnya sendiri terkadang banyak yang mengaplikasikannya ke menu-menu makanan dengan cara dibakar seperti lele bakar, gurami bakar, dan sebagainya.

Untuk membuat sambal ayam bakar ini ternyata sangat mudah caranya, dan bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak. Dibawah ini adalah resep sambal ayam bakar ala emak yang sering membuat ayam bakar tapi kalau tidak ada ayamnya, bisa ke ikan, yang penting sambalnya disajikan dengan rasa yang enak banget.

Bahan-bahan Sambal Ayam Bakar

1. 5 buah cabe rawit merah. Untuk kebutuhan cabe ini bisa disesuaikan dengan selera pedas Anda. Jika ingin pedas, bisa ditambahnya cabenya.

2. 2 buah jeruk nipis, diambil airnya. Cara mengambil air jeruk nipis yaitu dikupas dulu kulisnya, lalu diperas langsung kedalam gelas. Cara ini akan membuat air nipis lebih banyak daripada harus diperas langsung dengan kulitnya.

3. Kecap manis secukupnya, antara 5 - 6 sendok.

4. Daun kemangi secukupnya. Atau paling tidak ada 3 - 4 tangkai dan ambil daunnya.

Cara Membuat Sambal Ayam Bakar

Berikut step by step membuat sambal ayam bakar ala racikan emak yang sudah tersohor dalam keluarga:

1. Haluskan cabe rawit. Halus lebih baik karena akan membuat sambel akan lebih meresap ke daging ayam atau ikan yang digunakan. Dan saat dicocol-cocol akan lebih terasa pedasnya.

2. Campurkan air jeruk nipis, kecap manis dan daun kemangi hingga rata.

3. Hidangkan samabl dengan ayam bakar. Cara memakannya, bisa dengan diolesi diatas daging atau dengan cara diambil sambalnya menggunakan daging ayam.

4. Selamat menikmati.

Mudahkah cara membuat sambal ayam bakar? Ini bukan sambal terasi loh, kalau ayam bakar menggunakan sambal terasi tentunya kurang pas.

Belum ada Komentar
Jadilah yang pertama berkomentar di sini