--> Skip to main content
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
Info Ramadhan

Penyebab Berat Badan Tidak Turun Turun

Penyebab Berat Badan Tidak Turun Turun

Penyebab berat badan tidak turun disebabkan banyak hal yang kurang diperhatikan, khususnya saat melakukan diet. Menurunkan berat badan yang dilakukan secara ketat dan tidak teratur juga bisa menjadi pemicu berat badan susah turun. Kenapa diet ketat menjadi salah satu pemicu berat badan tidak turun-turun?

Semua orang khususnya wanita tentunya menginginkan bentuk badan yang ideal, bahkan ingin langsing atau super langsing., dan saking langsingnya malah terlihat seperti orang kurang gizi. Nah, serba repotkan? Kurus terlalu kurus, gendut terlalu malah menjadi obesitas.

Semua itu kembali ke masing-masing individu untuk membentuk tubuh ideal mereka, bahkan ada yang mengatakan kalau memiliki badan kurus itu sudah merupakan impian mereka. Dan ada juga yang mengatakan kalau memiliki tubuh gendut itu adalah impiannya, menarik dan lucu.

Hmm.. Namun tahukah Anda kalau badan kurus atau gendut itu tentunya berhubungan dengan berat badan. Dan dengan badan yang kurus tentunya memiliki berat badan yang lebih ringan jika dibandingkan dengan yang gendut.

Sedangkan yang berbadan gendut identik dengan timbunan lemak yang notabene bisa berisiko menyebabkan terjadinya berbagai keluhan penyakit seperti kolesterol meningkat, gangguan metabolisme, penyakut jantung, penyakit kecing manis atau DM, obesitas, dan gangguan mobilitas.

Oleh karena itulah, beberapa keluhan diatas dan berbagai penyakit yang beresiko diderita oleh orang gendut banyak yang meninginkan untuk memiliki tubuh yang ideal dengan cara menurunkan berat badan mereka.

Namun karena ketidaktahuan dalam melakukan diet, banyak yang salah atau keliru dalam melakukan program diet ini sehingga berat badan yang mereka impikan malah tidak menjadi nyata. Hanya merasa seperti tersiksa karena sudah melakukan menahan lapar, mengurangi makan, berolahraga namun hasilnya nihil.

Kenapa diet gagal? Kenapa berat badan tidak turun-turun? Inilah penyebab berat badan yang tidak turun-turun yang sebenarnya adalah masalah kecil yang seharusnya bisa diatasi namun tidak pernah disadari:

1. Tidak Membuat Jadwal Makan

Memantau dan menetukan jenis makanan dan minuma yang dikonsumsi setiap harinya adalah salah satu yang bisa menentukan keberhasilan dalam menurunkan berat badan dengan baik. Dengan membuat daftar dan jadwal makan maka akan diketahui jumlah porsi yang dikonsumsi setiap harinya.

Ingat, menentukan makanan yang dikonsumsi itu bukan berarti tidak boleh makan karbo atau tanpa protein dan hanya mengkonsumsi sayuran atau buah saja. Tapi keseimbangan dalam menentukan jumlah porsi makanan adalah cara terbaik dalam mengurangi berat badan.

2. Menghindari Makan Protein

Seperti yang disebutkan diatas, diet tidak hanya makan sayur dan buah saja. Jika itu yang dilakukan maka akan mendapatkan tubuh menjadi lemah. Oleh karena itu, protein sangat membantu dalam menurunkan berat badan karena mengkonsumsi protein membuat Anda cepat kenyang.

Selain itu, kebutuhan protein bagi tubuh adalah sebagai energi, tidak mungkin energi yang didapatkan hanya sekedar mengkonsumsi sayur dan buah. Malah akan membuat tubuh menjadi lemas.

3. Minum yang Manis-Manis

Berbanding terbalik dengan protein yang diabaikan, banyak yang mengatakan kalau minuman manis akan membantu tubuh untuk menunda lapar. Dengan  menunda lapar diharapkan tubuh menjadi lebih kurusan. Tentu saja tidak, minuma manis lebih beresiko mengandung banyak gula, jika gula yang masuk kedalam tubuh, maka tidak akan mudah untuk menurunkan berat badan Anda.

Lebih baik hindari minuman yang mengandung gula, lebih baik ganti minuma manis dengan mengkonsumsi minuman rendah gula seperti susu kedelai dan teh hijau.

4. Jarang Olahraga

Poin ini tidak perlu dijelaskan panjang lebar, karena semua orang pasti tahu apalagi yang sedang melakukan program diet. Olahraga adalah superpenting untuk membantu membakar lemak dalam tubuh, pastikan olahraga minimal 30 menit dan cukupi kebutuhan protein selama masa olahraga.

5. Makan Berlebih

Ingin kurus, ingin berat badan turun tapi porsi makan tetap malah bertambah. Kapan mau turun berat badannya?

Jangan beranggapan dengan menunda makan bebebarapa jam dan makan lagi adalah solusi untuk menurunkan berat badan. Bukan, bukan seperti itu, itu adalah cara yang tidak tepat dan malah akan membuat Anda menjadi lebih nyaman karena itu hanya menunda lapar saja.

6. Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memang enak dan sedap untuk dimakan, dengan aroma dan rasa yang terdapat dalam makanan tersebut membuat orang lebih doyan untuk mengkonsumsinya. Namun makan saji tidak sangat cocok bagi Anda yang sedang melakukan program diet. Kenapa?

Secara penyajian, porsi makanan cepat saji memang terbilang sedikit namun porsi sedikti yang ditampilkan makan tersebut belum tentu memiliki nilai gizi yang sesuai dengan porgram diet Anda.

Jumlah lemak, jumlah protein, jumlah gula dan nilai gizi lainnya harus diperhatikan. Karena rata-rata makanan cepat saji memiliki nilai gizi yang berlebih yang malah membuat tubuh menjadi lebih melar.

7. Kurang Tidur

Jika Anda kurang tidur atau sering melekan apalagi ditemani dengan secangkir kopi manis dan camilan, jangan harap memiliki tubuh dengan berat badan ideal. Tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengatur metabolisme dalam tubuh.

8. Tidak Mengurangi Karbohidrat

Mie, nasi putih, kentang goreng, roti dan beberappa macam kue adalah sumber makanan yang kaya akan karbohidrat. Dan tahukah Anda, karbo adalah salah satu sumber yang meningkatkan lemak dalam tubuh. Semakin tinggi lemak yang dihasilkan, maka semakin sukses Anda menggemukan tubuh dan itu artinya berat badan semakin meningkat.

9. Kurang Minum Air Putih

Mencukupi kebutuhan air setiap hari bagi tubuh dapat membantu meningkatkan proses pembakaran kalori dalam tubuh. Dan selain itu air putih sangat bagus untuk membantu metabolisme tubuh yang lainnya.

10. Gangguan Kesehatan

Stres dan depresi adalah dua diantara beberapa gangguan kesehatan yang memicu tubuh gagal untuk menurunkan berat badan. Kenapa? Karena ketika orang mengalami stres atau depresi, mereka akan cenderung untuk memilih makan dan berdiam diri. Selain itu juga, gangguan tidur juga dapat membuat Anda untuk selalu makan dan makan.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan berat badan yang ideal, lakukan pola makan yang baik dan teratur, olahraga rutin dan istirahat yang cukup. Dengan pola yang baik, Anda dengan mudah menurunkan berat  badan dan membuat tubuh menjadi lebih ideal.

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]