Skip to main content

Ini Dia Soto Paling Enak Di Kraksaan Probolinggo

Ini Dia Soto Paling Enak Di Kraksaan Probolinggo

Soto adalah masakan berkuah yang memiliki berbagai jenis isian didalamnya. Setiap daerah pasti memiliki masakan yang satu ini namun berbeda rasa. Khusus di wilayah Kraksaan Probolinggo ada soto yang memiliki cita rasa mantul banget, enak dan sangat digemari oleh masyarakan sekitar dan bahkan dari luar kota Probolinggo.

Adalah Soto Koya yang menjadi masakan terkenal yang ada di kota Kraksaan ini yang digemari oleh semua masyarakat di Kraksaan, di luar Kraksaan dan bahkan sampai diluar Probolinggo. Apalagi keberadaan soto koya yang saat ini lebih terkenal dengan sebutan Soto Pak Koya ini sudah ada sejak dulu, bahkan sejak zaman belanda sudah ada  atau sekitar tahun 1950an dan masih populer hingga saat ini.

Soto Pak Koya

Untuk menikmati sajian istimewa khas Probolinggo ini, jika Anda jalan-jalan melewati jalan pantura, tidak sulit untuk mendatangi tempat Soto Koya ini dijual. Berada di pusat kota Kraksaan atau Alun-alun Kraksaan, soto ini tepat berada di disebelah utara Alun-alun kota.

Lokasinya memang agak masuk, namun sangat mudah dijangkau karena berada di area perumahan di kota Kraksaan. Lokasi tepatnya berada di Jl. Mayjend Sutoyo No.10, Patokan Kraksaan Probolinggo. Jika Anda ingin mampir dan menikmati soto khas Kraksaan ini sangat mudah ditemukan.

Jika Anda dari arah Situbondo, Surabaya, Bali, banyuwangi, Lumajang, Jember maka Anda harus berhenti di Alun-alun Kraksaan atau Kantor Bupati Probolinggo dan belok ke utara. Sambil bertanya ke orang-orang sekitar, mereka akan menunjukkan tempat lokasi soto koya ini. Atau Anda bisa menggunakan bantuan Google Map untuk menemukan lokasi soto ini.

Soto Pak Koya Kraksaan

Anda pun juga tidak perlu khawatir akan kehabisan menu istimewa ini karena Soto Pak Koya yang saat ini sudah berjualan lebih dari 70 tahun ini sudah dijalankan oleh generasi penerusnya. Adalah ibu Hj. Mardiyah yang membuat racikan menu soto koya ini tetap memiliki rasa yang enak banget.

Apalagi suwiran ayam yang digunakan dalam soto koya ini adalah ayam kampung betina karena dagingnya yang lebih empuk. Selain itu ada nasi atau lontong yang bisa Anda pilih untuk mengenyangkan perut Anda. Dan yang pasti ada taburan Koya yang menjadi andalan dalam soto dengan kuah yang pekat dengan warna kuning kecoklatan ini sungguh sangat gurih dan sedap.

Apalagi ditambah dengan irisan telur, perkedel, taburan bawang goreng, irisan jerus nipis, sambel pedas, kerupuk udang, dan kecap manis membuat soto koya semakin nikmat. Oiya untuk koya yang digunakan pada soto ini menggunakan parutan kelapa yang disangrai dan bukan menggunakan bahan yang lainnya seperti kerupuk udang atau tepung.

Untuk menikmati soto koya ini Anda cukup membayar Rp 15.000 untuk 1 porsi soto koya dan bisa menikmatinya di tempat yang nyaman dan teduh ini. Oiya soto pak koya buka mulai jam 6 pagi hingga jam 9 malam dengan proses makan di tempat, di bungkus atau dibawa pulang dan belum bisa menerima pesan antar. Kecuali jika Anda menggunakan jasa online, Anda bisa menggunakan jasa mereka.

Belum ada Komentar
Jadilah yang pertama berkomentar di sini