--> Skip to main content
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
Info Ramadhan

Tips Aman Membeli Produk Secara Online

Tips Aman Membeli Produk Secara Online - Saat ini sudah masuk era digital yang semuanya bisa dilakukan secara mudah dan menyenangkan. Salah satunya adalah jual beli online. Namun kedua aktivitas ini memiliki perbedaan yang sangat mendasar. Untuk menjual produk secara online semua orang bisa dilakukan, bahkan tanpa barang sekalipun bisa menjual, seakan-akan produknya sudah ada.

Tips Aman Membeli Produk Secara OnlineFoto: Envato Pro

Tentu Anda pernah tertarik untuk membeli produk yang diposting oleh teman Anda misalkan di Facebook, di Status Whatsapp atau di Instagram. Saat melakukan promosi tersebut, mereka memposting semua gambar dari produk-produk yang mereka jual. Ketika Anda tertarik dan memesan salah satu produk tersebut ternyata dari informasi dari yang menjual produk tersebut masih ditanyakan dulu, apakah stok produk masih ada atau tidak.

Nah inilah kelebihan menjual produk secara online, yang penting melakukan promosi dulu, masalah produk ada atau tidak, itu urusan belakangan. Toh nanti bisa dialihkan ke produk yang lain yang sejenis namun beda warna. Siapa tahu pembeli tertarik dengan produk lainnya.

Kecuali Anda melakukan pemesanan produk melalui toko online yang sudah menyediakan produk dengan stok yang tersedia. Bahkan yang sudah memiliki toko online pun terkadang produknya juga tidak tersedia, apalagi yang mengandalkan promosi sebarek via Status Whatsapp atau Facebook.

Tips Membeli Secara Online

Berbeda ketika membeli secara online. Apapun bentuk produk yang di beli tentunya ada rasa was-was yang selalu timbul. Apakah benar produk ini ada? Apakah benar produk yang dijual sesuai yang digambar? Apakah ini tidak penipuan? Dan rasa was-was lainnya.

Karena saat ini dengan adanya kemudahan dalam bertransaksi secara online, banyak orang yang bisa berbuat apa saja untuk mendapatkan sesuatu dari kemudahan tersebut. Termasuk menjual produk yang belum tentu jelas keberadaannya.

Oleh karena itu, dalam membeli produk secara online, apapun bentuknya lebih baik jangan mudah tergiur dengan penawaran-penawaran yang mereka lakukan sebelum memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Membeli Di Toko Online Resmi

Membeli di toko online resmi seperti di Shopee, Lazada, JD.id, Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya belum tentu memberikan jaminan keamanan dalam bertransaksi. Apalagi di lapak-lapak tersebut bukan berasal dari 1 lapak tapi banyak lapak yang mempromosikan produk mereka disana.

Untuk membeli produk di lapak-lapak tersebut, agar transaksi aman, lebih baik hubungi dulu penjualnya. Dan semua hal yang ingin ditanyakan mengenai produk yang akan Anda beli tersebut.

Meskipun sudah ada penilaian pada produk yang dijual, belum tentu penilaian tersebut adalah penilaian yang sebenarnya. Karena semua penilain, koemntar atau review tentang produk yang dijual bisa dilakukan dengan cara-cara yang tidak benar.

2. Membeli Di Sosial Media

Facebook, Instagram, dan Whatsapp adalah media sosial online yang menyediakan berbagai macam konten. Semuanya yang ada didunia ada disana. Termasuk jual beli online. 

Untuk membeli produk di media sosial ini, tentunya harus lebih ekstra hati-hati lagi. Lebih banyak resiko yang harus diterima ketika membeli produk online melalui media sosial ini. Salah satunya adalah penipuan.

Bagaimana caranya agar terhindar dari penipuan dalam membeli di sosial media? 

Kalau membeli produk yang di promosikan di Whatsapp tentunya lebih aman karena mereka menjual atau mempromosikan melalui status WA. Dan tentunya Anda kenal dengan orang yang mempromosikan produk di WA tersebut. Karena tidak mungkin status dari nomor WA yang tidak dikenal yang bisa muncul di pemberitahuan status Whatsapp Anda.

Berbeda jika membeli produk di Facebook atau Instagram. Sebagus apapun produk tersebut, belum tentu sesuai dengan keinginan Anda. Agar membeli di Facebook atau Instagram aman, cara yang sangat mudah dilakukan adalah Lakukan transaksi secara COD atau Cost of Delivery

3. Membeli Produk Secara Cost of Delivery

Tidak ada yang paling mudah, menyenangkan dan sangat aman dalam bertransaksi secara online jika dengan dengan cara COD. Saat ini Cost of Delivey adalah satu-satunya yang memberikan kemana bagi pembeli dalam melakukan transaksi secara online.

Jangan mudah tergiur dengan penolakan apapun yang dilakukan penjual ketika Anda mengajukan untuk melakukan COD. Semua penjual seharusnya bisa melakukan COD, kecuali Anda benar-benar percaya dengan penjual tersebut.

Cost of Delivery, ringkasnya adalah barang yang di beli akan dibayar saat sudah diterima oleh pembeli. Dengan menggunakan sistem COD ini, tentunya masing-masing kedua belah pihak sama-sama diuntungkan. Penjual sudah menerima uang dari harga jual produk dan pembeli tidak mengeluarkan uang sebelum barang diterima. Namun pembeli masih berhadapan dengan pihak kurir atau pihak jasa pengiriman barang karena mereka yang membayar barang pesanan pembeli.

Itulah beberapa tips aman membeli produk secara online yang bisa saya share. Sebagai pembeli jika melakukan transaksi secara COD, jadilah pembeli yang bijak. Begitu juga jika jadi penjual, jadilah penjual yang baik dengan memperhatikan segara kemanan dari produk yang Anda jula. Semoga bermanfaat.

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]