--> Skip to main content
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
Info Ramadhan

Sejarah Hari Ibu 22 Desember di Indonesia

Sejarah hari Ibu di Indonesia tentunya menjadi hari yang sangat istimewa bagi seluruh ibu-ibu di Indonesia. Namun meskipun peringatan hari ibu ditandai pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya, ternyata masih banyak yang belum mengetahui sejarah hari ibu yang ada di Indonesia.

Sejarah Hari Ibu 22 Desember di IndonesiaFoto: Digitalpoin

Mungkin selama ini, kita semua hanya sekedar mengetahui tanggal hari ibu saja dan ikut-ikutan memberikan ucapa selamat hari ibu dan menyebarluaskan ucapan tersebut di akun sosial media Anda semua. Sedangkan untuk sejarah hari ibu, belum tentu mengetahuinya. Hehehe

Ternyata, menurut berbagai sumber media yang saya seraching di Google, sejarah terbentuknya peringatan hari ibu ini terbentuk saat pelaksanaan Kongres Perempuan yang pertama yaitu pada tanggal 22 - 25 Desember 1928 di Yogyakarta.

Momen dari pelaksanaan Kongres Perempuan inilah yang menjadi awal terbentuknya sejarah hari ibu di Indonesia. Sedangkan kongres perempuan pertama ini, terbentuk setelah dicetuskannya Sumpah Pemuda pada tahun yang sama dan bulan yang berbeda.

Dengan adanya Kongres Perempuan Indonesia Pertama ini juga yang menjadi cikal bakal terbentuknya pergerakan atau bangkitnya perempuan di Indonesia. Karena didalam kongres tersebut, puluhan organisasi perempuan yang berasal dari Jawa dan Sumatera tergabung dalam Kowani 1, Kongres Wanita Indonesia 1.

Pada tahun 1935, dilaksanakan Kongres Wanita Indonesia II di Jakarta, yang melahrikan Deklarasi Ibu Bangsa. Dan pada tahun 1938, dilaksanakan Kongres Wanita Indonesia III di Bandung. Dan pada saat itu, pada tanggal 22 Desember, Hari Ibu tertulis dalam KepPres No. 316, tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur Nasional.

Nah itulah sejarah hari ibu tanggal 22 Desember yang terjadi di Indonesia. 

Semoga dengan adanya peringatan hari ibu yang diperingati setiap tahun ini, menjadikan kita semua lebih peduli lagi terhadap ibu kita, lebih patuh, lebih mengabdi lagi dan hormat kepada ibu kita sendiri. Bukan hanya sekedar memberikan ucapan selamat hari ibu saja.

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

2 komentar

  1. Megaroid.com
    Mas bikin komentar blogger seperti ini gimana , saya menggunakan kompi plexaible
    • Roni
      Di ganti semua kode komentar yang digunakan kompi flexible mas dengan kode komentar bawaan blogger. Dan beberapa kode lainnya.
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]