--> Skip to main content
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
Info Ramadhan

Kriteria Aman Dalam Transaksi Jual Beli Online

Kriteria aman dalam transaksi jual beli online memang harus kita pahami dan kita ketahui prosedur tetapnya. Baik itu kita sebagai penjual ataupun sebagai pembeli. Apalagi sebagai penjual, yang benar-benar harus mengetahui bagaimana melakukan transaksi jual beli yang baik dan benar.

Kriteria Aman Dalam Transaksi Jual Beli OnlineFoto: Digitalpoin by Envato

Meskipun dalam transaksi jual beli online dilakukan dengan sangat mudah, namun sebagai penjual tidak boleh mengabaikan prosedur tetap atau kriteria dalam melakukan transaksi ini. Menjual barang tidak hanya sekedar memposting atau melakukan promosi di marketplace lokal ataupun terlebih-lebih di status media sosial seperti Facebook, Instagram atau Whatsapp.

Kriteria ini merupakan syarat dan ketentuan yang harus ditetapkan dalam transaksi jual beli online ini. Meskipun sebagai penjual Anda tidak terikat dengan syarat dan ketentuan tersebut. Namun demi kenyamanan dan keamanan dalam meberikan layanan kepada pembeli maka mau tidak mau Anda harus menerapkannya.

Apa saja kriteria aman dalam transaksi jual beli online? Aman disini tidak hanya mencakup sistem pembayaran yang digunakan atau proses pengiriman barang yang dilakukan, tapi banyak kriteria yang harus dipahami. Karena dari semua kriteria ini memiliki tujuan meningkatkan perkembangan bisnis atau usaha Anda di internet.

Berikut Kriteria Aman Dalam Transaksi Jual Beli Online 

1. Produk yang Dijual Tersedia

Pastikan produk yang dijual benar-benar tersedia dan sudah siap dijual. Jangan melakukan promosi jika produk masih belum tersedia atau masih melakukan inden atau istilah awamnya di keep sedangkan produk masih tersedia dalam beberapa hari.

Jika Anda melakukan cara seperti ini, promosi terlebih dulu tanpa tahu keberadaan barangnya dan membuat pembeli harus menunggu lebih dari 3 hari bahkan tidak ada kejelasan setelahnya, maka Anda akan kehilangan calon pelanggan.

Selain itu perhatikan kualitas produk yang di jual, jangan hanya menampilkan tampilan bagus dan atau konten yang menarik saat promosi, ternyata setelah di terima oleh pembeli produknya tidak sesuai harapan.

2. Harga Sesuai

Tampilkan harga sesuai kualitas produk. Banyak sekali penjual online yang menjual produknya dengan harga sangat terjangkau, dengan tampilan promosi produk yang bagus, namun setelah diterima kualitasnya jelek bahkan tidak sesuai dengan tampilan promosi.

Keadaan seperti ini sebenarnya sama dengan melakukan penipuan. Menipu barang yang di jual dengan promosi yang menarik namun kenyataannya tidak sesuai.

3. Pembayaran Jelas

Pembayaran dalam transaksi jual beli hampir semuanya dilakukan dengan menggunakan uang transfer melalui ATM atau Anjungan Tunai Mandiri. Transaksi paling aman dan sangat mudah. Namun dibalik kemudahan dalam transaksi ini, lebih baik gunakan transaksi opsional untuk menambah kepercayaan pembeli dan menambah keamanan dalam transaksi.

Salah satu pembayaran yang termasuka aman adalah dengan menggunakan sistem COD, Cost Of Delivery. Dengan sistem pembayaran, pembeli akan merasa lebih aman dalam membeli produk secara online.

4. Sistem Pembayaran Tidak Membingungkan

Jangan menggunakan sistem pembayaran yang membingungkan pembeli. Misalkan Nomor Akun Virtual, sistem pembayaran ini masih dirasa membingungkan banyak pembeli karena terkadang nomor akun virtual tidak bisa dilakukan melalui ATM.

Lebih baik gunakan nomor rekening langsung, agar proses transaksi langsung terjadi dan pembeli merasa lebih aman.

5. Packing Baik

Mengirim barang ke pembeli, lakukan packing yang baik yang bisa melindungi barang dalam keadaan apapun. Dan beri keterangan jika barang yang dikirim mudah rusak, mudah tumpah, mudah pecah, atau harus sampai tepat waktu. Jangan mengirim produk cacat, baik itu poduknya sendiri atau box produknya itu sendiri. Upayakan tetap aman dan utuh.

Selain itu, tuliskan alamat pemnjual dan pembeli dengan tepat, lengkap dan benar.

6. Proses Pengiriman Barang Jelas

Dalam melakukan pengiriman barang, meskipun di Indonesia ini sudah banyak sekali jasa pengiriman barang. Untuk penjual, lebih baik gunakan jasa pengiriman yang benar-benar bertanggungjawab, khusus dari segi waktu dan keadaan barang setelah sampai di tangan pembeli.

Barang yang dikirim secara tepat dan benar akan menambah kepercayaan pembeli kepada penjual. Namun jika barang yang dikirim datang terlambat, 1 hari saja, maka yang disalahkan adalah penjual, padahal kebanyakan yang bermasalah adalah ada di jasa pengiriman barang.

7. Respon Baik

Sediakan nomor ponsel yang mudah dihubungi oleh pembeli. Apalagi ini jual beli online, mereka tidak tahu seperti apa produk Anda dan siapa Anda. Munculkan rasa percaya kepada mereka kalau Anda sebagai penjual benar-benar memberikan layanan yang baik dengan memperbolehkan pembeli menanyakan produk yang Anda jual.

Atau hubungi pembeli Anda saat mereka melakukan transaksi. Dengan menanyakan secara langsung besar kemungkinan respon pembeli juga bagus.

Marketplace vs Sosial Media

Poin tambahan untuk pembeli produk online. Untuk keamanan Anda dalam membeli produk secara online, jangan mudah percaya dalam membeli secara online. Apalagi jika dilakukan di media sosial. Begitu juga dengan di marketplace seperti Shopee, Lazada, JD.id, Bukalapah, Tokopedia, dan sabagainya.

Namun yang lebih diperhatikan adalah saat membeli di sosial media seperti Facebook dan Instagram atau bahkan di TikTok. Tips paling aman membeli di media sosial adalah ajak penjual untuk melakukan transaksi pembelian secara COD. Jangan langsung menggunakan Transfer.

Jika mereka tidak bersedia melakukan COD, lebih baik dipikir ulang. Jangan mudah tergiur dengan promosi produk apapun yang ada di sosial media. Ingat, kemudahan dunia online bisa dimanfaatkan oleh para penipu untuk menipu Anda. Termasuk dalam jual beli online.

Dengan memberikan kualitas dan quantitas yang benar-benar sesuai dengan kenyataan untuk setiap produk yang dijual secara online, akan memberikan manfaat yang bagus untuk pertumbuhan bisnis online Anda.

Penjual yang baik tidak sekedar mencari untung dngan memanfaatkan kemudahan dalam transaksi jual beli online. Tapi memperhatikan kebutuhan pembeli atau bahkan pelanggan Anda adalah yang paling penting dengan memberikan pelayanan yang baik.

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]