Skip to main content

Manfaat Membaca Buku Untuk Kesehatan Manusia

Manfaat Membaca Buku Untuk Kesehatan ManusiaFoto: Envato Premium

Manfaat Membaca Buku Untuk Kesehatan Manusia - Apakah Anda masih menjadi bagian dari orang-orang yang suka membaca buku? Seharusnya iya, karena membaca buku memiliki manfaat yang sangat baik untuk daya ingat dan memperkuat kinerja otak. Namun untuk beberapa bulan terakhir ini, membaca buku mungkin sudah bukan menjadi menu wajib untuk dibaca. Keberadaan buku sudah diganti dengan ponsel.

Banyak orang yang lebih suka untuk melihat atau menonton langsung daripada harus membaca sebuah berita atau tulisan. Bahkan saat ini jika tidak dipantau, banyak sekali anak-anak yang enggan untuk membaca buku. Keberadaan ponsel lebih mendominasi perubahan perilaku mereka.

Dana juga keberadaan ponsel seharunya memudahkan untuk membaca buku karena saat ini buku konvensional sudah banyak beralih ke buku digital. Tentu saja ada nilai lebih dan nilai kurangnya membaca buku digital, namun membaca buku konvensional tentunya lebih memiliki nilai lebih.

Dan dibalik kelebihan membaca buku secara konvensional tersebut ada manfaat yang bisa didapatkan yaitu menjaga kesehatan fisik dan mental manusia. Dan dibawah ini adalah beberapa manfaat membaca buku :

1. Membantu Memperkuat Otak

Membaca buku secara rutin dapat membantu otak menjadi lebih kuat dan sehat. Hal ini di picu dengan adanya rangsang positif yang selalu diterima oleh saraf-saraf di otak dari kinerja saraf yang optimal. Jika dibandingkan dengan otak yang tidak digunakan, otak akan lebih mudah lelah dan kinerja saraf tidak maksimal.

2. Membantu Meningkatkan Empati

Apa sih itu empati? Jika Anda sering membaca buku-buku sosial atau komik-komik tentang kehidupan sosial atau komik asmara, maka hal tersebut akan membantu Anda merasakan sesuatu yang ada didalam buku tersebut. Misalnya ikut terharu dengan kejadian yang di baca di buku atau merasa marah karena alur cerita yang tidak sesuai dengan jalan pikiran Anda.

Bahkan sekalipun Anda membaca buku tentang cerita tindakan kekerasan, sebenarnya Anda merasakan sesuatu yang tidak boleh dilakukan dan mungkin harus di cegah. Karena sistem saraf bawah sadar Anda mengontrol untuk peduli dengan apa yang telah Anda baca tersebut.

Peduli untuk bebrbuat baik, peduli untuk tidak seperti apa yang terjadi dalam cerita buku tersebut dan sebagainya. Darisinilah Anda mulai merasakan empati, merasakan apa yang orang lain rasakan.

3. Membantu Meningkatkan Kosakata

Tentunya iya, jika rutin membaca maka akan banyak sekali istilah-istilah yang banyak ditemui dari setiap bacaan yang di baca tersebut. Bahkan dari setiap kosakata atau istilah tersebut terkadang terbawa kedalam percakapan sehari-hari.

4. Membantu Mengurangi Stress

Sekalipun Anda membaca buku tentang tindakan kekerasan atau cerita horor, Anda tidak akan pernah merasakan stress. Kenapa? Stress tidak terjadi kepada seseorang hanya karena membaca buku. Bahkan seorang pelajar pun sebenarnya tidak pernah merasakan stress hanya dengan membaca buku.

Tidak ada yang merasakan stress dengan membaca buku kecuali tidak mengerti apa kandungan dari buku yang dibaca. Dan kalau tidak mengerti maka Anda tentunya akan membiarkan buku tersebut.

Nah, agar membaca buku lebih menyenangkan, bacalah buku tentang hiburan, humor, masakan, asmara, buku pantun, dan yang lainnya.

5. Membantu Istirahat Lebih Baik

Mengalami gangguan istirahat tidur? Bacalah buku tapi jangan buku digital karena buku digital menimbulkan efek cahaya yang kurang baik untuk kesehatan mata, baca lah buku cetak. Buku cetak dapat membantu mengatasi masalah istirahat tidur Anda.

Itulah beberapa manfaat membaca buku yang bisa membantu kesehatan manusia. Ayo membaca buku mulai sekarang! Gunakan waktu 30 menit untuk membaca buku cetak agar hidup lebih seimbang.

Belum ada Komentar
Jadilah yang pertama berkomentar di sini