Skip to main content

Cara Mengatasi Ponsel yang Mengalami Overheat

Ponsel yang sering digunakan terlalu lama akan mengalami overheat alias panas, khususnya pada bagian belakang ponsel. 

Cara Mengatasi Ponsel yang Mengalami OverheatFoto: cfamedia.ng


Apapun ponsel yang Anda gunakan saat ini, tidak menjamin ponsel tersebut terhindar dari overheat atau panas berlebih pada pemukaan ponsel tersebut. Apalagi jika gadget yang satu ini digunakan secara terus menerus akan cepat menyebabka ponsel menjad panas cepat panas.

Apabila keadaan ini dibiarkan terlalu lama, maka akan menimbulkan masalah pada ponsel. Masalah yang timbul karena ponsel sering overheat adalah mulai kerusakan komponen hingga bisa menyebabkan ponsel terbakar dan meledak.

Sedangkan untuk penyebab ponsel panas atau overheat adalah karena beberapa pemakaian seperti:
  1. Bermain game di ponsel terlalu lama.
  2. Mendengarkan musik atau video terlalu lama.
  3. Menghidupkan ponsel secara terus menerus.
  4. Melakukan panggilan terlalu lama.
  5. Me-charge ponsel terlalu lama dan sering.
  6. Alat charge yang tidak kompatibel.
  7. Ada aplikasi yang berjalan dibelakang layar (auto start).
  8. Memori ponsel full.
Jika semua penyebab itu terjadi pada ponsel Anda maka yang mengalami beban adalah baterai ponsel dan mesin ponsel. Kedua komponen ini akan bekerja secara ekstra dan lama-kelamaan akan membuat ponsel menjadi panas atau mengalami overheat.

Lantas bagaimana cara mengatasi ponsel yang overheat atau panas saat digunakan?
Dari semua penyebab yang disebutkan diatas, tentu dapat diambil kesimpulan kalau masalah ponsel overheat diakibatkan karena penggunaan yang tidak tepat. Oleh karena itu, gunakan ponsel secara baik dan tidak terlalu sering.

Jangan Gunakan Ponsel Terlalu Lama
Menggunakan ponsel secara terus menerus dan dalam keadaan menyala terus akan membuat ponsel mudah panas.

Matikan Ponsel Saat Di-Charge
Mematikan ponsel saat baterai di isi ulang akan membuat daya tahan ponsel dan baterai semakin awet. Dan ponsel terhindar dari efek panas langsung karena pengisian baterai.

Hapus Aplikasi yang Tidak Penting
Aplikasi yang tidak penting atau jarang digunakan lebih baik di hapus. Apalagi aplikasi yang selalu berjalan dibelakang layar. Selalu cek aplikasi-aplikasi yang tidak tertutup dengan sempurna.

Bersihkan File Sampah Secara Berkala
Saat ini rata-rata ponsel sudah memiliki aplikasi bawaan yang selalu memberitahukan kalau ada file sampah yang bisa di hapus. Segera hapus file samah tersebut agar kinerja ponsel tetap baik. Jika tidak lakukan secara manual. Khususnya file-file sampah pada aplikasi Whatsapp yang menyimpan secara otomati atau sesuai pengaturan.

Matikan Ponsel Jika Tidak Digunakan
Pada waktu malam hari atau tidur, lebih baik matikan ponsel. Ponsel juga butuh istirahat. Dengan mematikan ponsel akan membuat umur ponsel dan baterai semakin awet.

Itulah beberapa cara sederhana mengatasi ponsel yang mengalami overheat atau panas. Dan yang terpenting sebelum mengalami gangguan, lebih baik gunakan ponsel sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan. Ponsel rusak karena dari pemiliknya buka karena orang lain.

Belum ada Komentar

Posting Komentar