Skip to main content

Cara Membuat Klepon yang Enak dan Lumer

Beberapa hari yang lalu, salah satu kue tradisional Indonesia menjadi viral, yaitu klepon. Viralnya kue klepon ini karena dibanding-bandingkan dengan buah kurma yang dijual oleh seseorang di tokonya. Entah disengaja atau tidak, atau hanya mencari sensasi agar banyak orang yang mengetahui toko tersebut, lebih baik abaikan saja. Karena apapun keadaannya, klepon adalah makan sepanjang masa yang ada di Indonesia dan sangat nikmat.

Cara Membuat Klepon yang Enak dan LumerFoto: Shutterstock

Menurut saya, klepon adalah salah satu makanan Islami yang berasal dari Indonesia. Dengan bentuknya yang bulat dan tektur lembut kenyal, warna hijau menyala dengan taburan parutan kelapa, membuat kue tradisional yang satu ini sangat mudah dikenali. Apalagi saat ini, semakin membuat klepon menjadi kue viral.

Nah seharusnya kita semua berterimakasih ke orang yang menganggap kue klepon ini tidak Islami karena sudah membantu kue kelpon menjadi terkenal dan di kenal oleh generasi milineal saat ini. Ambil sisi positifnya saja kalau ada kabar hoax, sisi negatifnya biar dia yang menanggung.

Apalagi kalau klepon sudah berada didalam mulut, di gigit pelan-pelan dan cezz... Meleduk didalam mulut isi klepon tersebut, lumer dan manis banget. Apalagi di makan saat hangat, tambah nikmat banget. Tidak ada yang bisa mengalahkan kenikmatan klepon ini, bahkan kue donat pun kalah. Hehehee...

Kue tradisional yang sudah ada sejak saya belum ada ini, apalagi blog ini, sudah terkenal di seluruh Indonesia dan bahkan menjadi kue favorit yang dilestarikan di Indonesia. Oleh karena itu jika belum mengenal tentang Klepon jangan langsung menganggap kue ini sebagai kue yang tidak Islami karena akibatnya bisa fatal. Jika sudah menganggap sebuah kue sebagai makanan yang tidak Islami maka itu sama halnya menganggap makanan tersebut adalah makanan haram.

Jadi, marilah dalam membuat sesuatu atau menyebarkan suatu informasi, lebih baik di pikir benar-benar, jangan hanya mementingkan kepentingan diri sendiri. Karena bisa jadi yang Anda lakukan adalah benar ternyata salah dan malah merugikan diri Anda sendiri. Yuk belajar menjadi lebih baik lagi.

Cara Membuat Klepon yang Enak dan Lumer

Kembali ke klepon... Nah jika teman-teman ingin membuat klepon, caranya sangat mudah banget dan gak pake ribet. Sekali buat pasti langsung bisa dan jadi dengan sempurna asalkan ada yang menemani biar tetap diarahkan dengan benar. Hehehe.

Selian itu, jika masih baru dalam membuat kue klepon, simak juga beberapa bahan dan cara membuat kue klepon dibawa ini. Semua bahan yang tercantum dibawah ini sesuai dengan kebutuhan porsi yang ingin dibuat. Bisa ditambah dan bisa dikurangi.

Bahan Membuat Klepon:
  • 200 gram tepung ketan putih
  • 25 gram tepung sagu
  • 1 sendok teh air kapur sirih
  • 175 ml santan hangat (dari 1/4 butir kelapa)
  • 25 ml air suji (dari 10 lembar daun suji dan 1 lembar daun pandan)
  • 80 gram gula merah, cacah halus untuk isian
Bahan Taburan Untuk Kue Klepon:
  • 150 gram kelapa parut kasar
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/4 sendok teh garam
Cara Membuat Klepon:
  1. Buat dulu taburan kelapan untuk klepon. Campur semua bahan yang sudah disiapkan dengan rata, kukus di atas api sedang selama 20 menit sampai matang.
  2. Buat olahan klepon dengan cara mencampur tepung ketan, tepung sagu, dan air kapur sirih.
  3. Masukkan santan hangat yang sudah disiapkan sedikit demi sedikit, kemudian tambahkan air daun suji sedikit dan aduk sampai rata atau tercampur semua
  4. Jika adonan sudah tercampur semua dan lembut, ambil secukup kemudian pipihkan. Taruh cacahan gula merah dan gulung adonan agar bulat.
  5. Rebus adonan yang sudah dibentuk dalam air panas mendidih. Diamkan beberapa menit. Jika sudah terapung artinya kue sudah matang. Angkat dan sisihkan.
  6. Gilingkan kue yang sudah masak tersebut kedalam taburan kelapa. Klepon siap dinikmati.
Ternyata sangat mudah ya membuat klepon dan jika Anda ingin menghasilkan profit dari klepon ini, Anda bisa menjualnya. Dan sebagai saran, buatlah kue klepon dengan berbagai aneka rasa. Misalnya isinya diganti dengan cokelat, keju, warnanya diganti dengan warna merah atau kuning. Pasti banyak yang tertarik. Selamat mencoba.

2 Komentar

  1. kirain mas Roni juga ngurus sertifikat halalnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ayo bang, bikin layanan sertifikat online :)

      Hapus