Skip to main content

Tips Memilih Jasa SEO di Indonesia

Tips Memilih Jasa SEO di Indonesia - Sudah pernah menggunakan jasa SEO yang ada di Indonesia? Apakah Anda puas dengan hasil optimasi yang dilakukan layanan jasa SEO tersebut terhadap blog Anda? Jika Anda puas berarti optimasinya berhasil. Jika tidak, berarti ada yang salah dengan optimasi yang dilakukan oleh layanan jasa SEO tersebut.


Di artikel ini, sedikit saya bahas mengenai layanan SEO yang ada di Indonesia agar Anda tepat dalam memilih jasa ini. Tidak semuanya saya share karena dalam memilih menggunakan sebuah jasa itu memiliki banyak faktor yang menjadi pertimbangan. Faktor tersebut tentunya berasal dari blog atau website yang akan di optimasi dan faktor dari penyedia jasa SEO tersebut.

Tips Memilih Jasa SEO di Indonesia

Namun yang PALING UTAMA Dan SEDERHANA dalam memilih dan menggunakan layanan penyedia SEO adalah melakukan Cek kata kunci atau keyword "Jasa SEO", "Layanan SEO", "Jasa SEO Terbaik", "Jasa SEO No.1", "Perusahaan SEO", "Perusahaan SEO Indonesia", bahkan menggunakan keyword "SEO".

Jika website layanan SEO yang Anda gunakan berada di halaman pertama Google untuk keyword yang saya sebutkan diatas maka Layanan tersebut termasuk dalam kriteria untuk di pilih dan digunakan. Sebagaimana kita ketahui bersama, kata kunci yang saya sebutkan diatas memiliki tingkat persaingan yang sangat ketat. Tidak mudah menempatkan posisi keyword tersebut di halaman pertama Google jika bukan orang-orang yang sudah memahami bagaimana melakukan optimasi yang baik pada sebuah website.

Simpelnya; Bagaimana mungkin menggunakan jasa layanan SEO sedangkan keyword untuk jasa SEO pada website yang digunakan tidak berada di halaman pertama? Untuk optimasi kata kunci (Keyword) dengan tingkat persaingan yang ketat saja mereka tidak mampu mendongkrak posisi website mereka. Bagaimana dengan website atau blog orang lain yang akan di optimasi? Nah simpelnya seperti itu... Tapi...

Tapi perlu di ingat, melakukan optimasi pada sebuah website dengan kata kunci atau tingkat persaingan keyword sangat tinggi tidak semudah seperti membuka kulit kacang. Membuka kulit kacang saja terkadang ada yang sulit untuk di buka dan bahkan membuat kulit jari terluka. Seperti itulah dalam melakukan optimasi sebuah website, jika tidak hati-hati dan tidak mengikuti aturan perkembangan Algoritma Google, malah bikin sakit hati dan baper.

Tips Memilih Jasa SEO di Indonesia

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, paling tidak dalam memilih jasa SEO, bukan hanya sekedar rekomendasi dari teman. Tapi berasal dari diri Anda sendiri. Dan pastikan website layanan SEO mereka berada di halaman pertama Google. Bagaimana memberikan dan melakukan optimasi SEO pada website Anda sedangkan website mereka tidak terindeks di halaman pertama Google, bahkan di halaman ketiga Google juga tidak ada.

Nah dibawah ini ada beberapa yang bisa dijadikan info tambahan Anda dalam memilih dan menggunakan Jasa SEO untuk blog atau website Anda. Info yang saya share ini mungkin sedikti berbeda dengan pengalaman yang Anda dapatkan saat menggunakan sebuah layanan jasa SEO di Indonesia.

1. Apa itu Jasa SEO
Jasa SEO adalah sebuah layanan publik secara online yang memberikan layanan untuk menaikan rangking website atau blog di halaman pencarian Google. Tujuannya adalah untuk mendatangkan traffic atau pengunjung website atau blog lebih banyak dengan menggunakan tehnik SEO.

Baca Juga: Apa itu SEO

Meskipun tujuannya sama, tentunya setiap layanan jasa SEO memiliki tehnik yang berbeda-beda. Dan tidak ada yang tahu seperti apa mereka melakukannya. Namun mereka tetap memberikan langkah-langkah konkrit sebelum melakukan optimasi terhadap website Anda seperti menganalisa website Anda. Biasanya analisa yang dilakukan adalah berhubungan dengan optimasi kata kunci (keyword) yang diberikan.

Misalkan Anda memiliki jasa pemasangan CCTV dan ingin memasarkannya secara online melalui website Anda. Maka keyword utama jasa pemasangan CCTV inilah yang akan di optimasi menggunakan tehnik SEO. Jadi tidak semua yang ada di website Anda dilakukan optimasi ke jasa SEO. Cukup fokus pada produk yang Anda pasarkan.

Begitu juga dengan blog Anda yang berisi banyak artikel. Maka yang di optimasi adalah kata kunci utama pada blog Anda untuk halaman homepage atau kata kunci utama pada halaman artikel blog Anda. Jadi fokus pada keyword utama yang akan digunakan untuk mendongkrak rangking blog Anda di halaman search engine.

2. Reputasi dan Profil Penyedia Jasa SEO
Seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Yang paling mendasar dalam menilai sebuah layanan jasa SEO adalah apakah website mereka sudah terindeks di halaman pertama Google untuk kata kunci SEO? Kenapa harus seperti itu? Penyedia jasa SEO di Indonesia itu banyak dan banyak yang mengaku-ngaku No.1, terbaik, profesional, proses cepat terindeks, dan bergaransi. Tapi nyatanya, memainkan kata kunci utama atau keyword utama yaitu S.E.O yang digunakan pada websitenya saja tidak mampu. Bagaimana mengoptimasi websitenya orang lain?

Selain memiliki reputasi yang kuat di search engine seperti yang saya sebutkan diatas. Reputasi lainnya yaitu jasa yang dimiliki benar-benar terkenal baik, banyak digunakan oleh orang lain atau portofolionya banyak, testimoni pengguna benar-benar real, dan respon sangat baik.

Jangan memilih layanan jasa SEO jika responnya sangat tidak baik bahkan lama. Dan kalau bisa komunikasi yang dilakukan tidak hanya menggunakan email saja tapi bisa dihubungi melalui Whatsapp. Kenapa? Karena proses dalam mengerjakan optimasi SEO itu tidak langsung jadi 1 - 3 hari, tapi butuh waktu minimal 1 bulan bahkan untuk hasil tetap bisa membutuhkan waktu 3 bulan. Jadi melakukan komunikasi melalui Whatsapp, penyedia dan customer bisa saling berinteraksi dengan baik.

Selain itu, lihat juga profil penyedia di beberapa sosial media. Ingat sekarang ini zamannya sosial media. Jika penyedia tidak memiliki akun sosial media berarti dia masih jadul dan belum update. Optimasi SEO tidak hanya dilakukan pada website saja tapi juga pada sosial media. Karena salah satu Algoritma Google sudah memberikan peringkat berdasarkan sosial media. Masak iya penyedia jasa SEO tidak mau bersosial media?

Dan profil lainnya adalah mengenai alamat lengkap penyedia jasa SEO tersebut sudah tercantum di website mereka. Jika tidak ada alamat rumah atau kantor dan hanya menyediakan komunikasi via ponsel atau email. Abaikan saja.

3. Harga Jasa SEO
Harga jasa SEO itu mahal, kalau ada yang memberikan harga SEO murah misalkan cuma Rp 100 ribu - Rp 300 ribu, sudah dipastikan hasilnya tidak meyakinkan bahkan bisa jadi hanya menggunakan bantuan robot. Atau bisa juga karena terpaksa. Untuk harga SEO itu biasanya minimal di banderol mulai Rp 500 ribu sampai puluhan juta.

Jadi sebelum memilih untuk menggunakan jasa SEO, persiapkan dulu dana yang akan digunakan. Semua penyedia jasa optimasi search engine ini memiliki harga yang benar-benar fantastis, coba saja cek di Google maka Anda akan mendapatkan info mengenai harga SEO ini.

4. Pemilihan Optimasi SEO Website
Seperti yang saya sebutkan diatas. Sebelum menggunakan jasa SEO, hal pertama yang harus Anda fokuskan adalah kata kunci atau keyword apa yang akan di optimasi pada website Anda. Jika sudah menetapkan kata kuncinya maka penyedia jasa ini akan melakukan analisa terhadap website Anda. Nah ini poin pentingnya.

Penyedia jasa SEO yang baik sebelum melakukan optimasi, dia akan menganalisa website customernya. Dan hasil analisa ini akan dibicarakan kepada Anda. Atau jika mereka tidak mau menganalisa, setidaknya Anda bisa menyampaikan deskripsi utama dari website Anda. Dari deskripsi ini, biasanya penyedia akan memberikan solusi terbaik buat website Anda. Kata kunci apa yang harus di optimasi. Selain itu perubahan apa yang harus dilakukan. Dan juga penyedia biasanya melihat statistik website Anda. Termasuk domain histori yang pernah saya bahas sebelumnya.

Ingat, domain histori yang buruk akan mempengaruhi optimasi website Anda. Dan ini akan menjadi halangan bagi para penyedia jasa SEO.

5. Hasil SEO Tidak Instant
Sabar adalah sikap pertama yang harus Anda keluarkan saat menghadapi hasil SEO pada website atau blog Anda. Kenapa? Karena hasil yang di capai terkadang tidak sebanding dengan uang jutaan yang telah Anda gunakan. Melakukan optimasi pada sebauh website itu tidak semudah yang Anda bayangkan dan hasil yang didapat tidak langsung memberikan peringkat yang baik untuk blog atau website Anda.

Butuh proses. Bahkan ketika optimasi yang dilakukan sudah lebih dari 2 bulan dan Anda sudah menyerah, bisa jadi setelah bulan ketiga ternyata hasilnya sudah mulai nampak. Trafik blog mulai berdatangan. Tentu saja hal ini tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Oleh karena itu, banyak penyedia jasa SEO yang memastikan kalau indeks yang terjadi biasanya dalam bentuk jangka panjang, bukan jangka pendek.

6.Garansi
Pastikan Anda tetap mendapatkan apa yang menjadi tujuan Anda. Jangan menggunakan jasa seo jika mereka tidak memberikan garansi apapun. Memang banyak penyedia yang tidak memberikan garansi uang kembali atau refund. Namun uang yang dari customer jika tidak jadi apa-apa sama dengan merampok mereka.

Meskipun tidak mendapatkan refund, paling tidak customer mendapatkan peringkat blog atau website menjadi lebih baik dan tetap membantu website tersebut semaksimal mungkin. Bayangkan saja jika Anda menggunakan jasa SEO dengan harga Rp 5 juta dan tidak mendapatkan hasil apa-apa? Refund tidak dapat, peringkat blog tidak ada. Ngerampok kan namanya?

Profesionalitas itu sangat diperlukan apalagi untuk sebuah usaha dengan modal besar yang dikeluarkan. Jika tidak mampu memberikan hasil, setidak memberikan kepuasan kepada pelanggan Anda untuk tetap membantu mengoptimasi website mereka. Jangan membiarkan mereka yang telah membayarmu dengan mahal.

7. Brand
Jangan mudah percaya dengan layanan yang menggunakan brand-brand atau merk-merk tertentu dengan menatasnamakan S.E.O. Misalkan "Master SEO", "Mastah SEO", "Jasa SEO No.1", "Layanan SEO Terbaik", "Jasa SEO Terbaik", "Jasa SEO No.1", "Perusahaan SEO Indonesia", "Perusahaan SEO No.1 Indonesia" dan sebagainya. Itu hanya embel-emebl atau pemanis saja. Percuma juga kan menyematkan pemanis seperti itu namun hasilnya pahit.

Itu saja dulu sharing dari saya tentang tips memilih jasa SEO di Indonesia. Artikel yang saya buat ini tidak bermaksud menyudutkan penyedia SEO yang ada, artikel ini adalah artikel yang saya tulis berdasarkan pengalaman saya menggunakan sebuah layanan jasa SEO dengan hasil yang sedikit menyenangkan saja. Semoga bermanfaat.

6 Komentar

  1. Maaf mas, kalo boleh tau template yg digunakan namanya apa ya? Dan versi ke berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini template kompi flexible versi 9 mas

      Hapus
  2. Bagaimana agar setiap artikel ada bayangan hitam gitu mas..
    Bikin artikelnya dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artikel bayangan hitam? yang bagian mana mas? Kotaknya ini kah?

      Hapus