Skip to main content

Berapa Penghasilan Menjadi Youtuber?

Berapa Penghasilan Menjadi Youtuber? Sudah tahu kan siapa itu Youtuber? Singkatnya, youtuber itu adalah orang yang membuat konten video dan di unggah atau di upload ke layanan berbagi video yaitu Youtube. Apakah semua pengguna bisa disebut sebagai Youtuber? Tentu saja tidak. Karena ada jenis pengguna yang ada pada Youtube yaitu pengguna bebas dan pengguna terdaftar. Dan kedua jenis pengguna ini sama-sama bisa menonton video di youtube secara bebas.

Berapa Penghasilan Menjadi Youtuber

Pengguna bebas ini adalah pengguna yang tidak memiliki akun di Youtube atau belum terdaftar namun tetap bisa menonton semua konten video yang ada disana. Sedangkan untuk pengguna terdaftar adalah pengguna yang sudah memiliki akun di Youtube. Dan juga bisa menonton semua video yang ada di web layanan berbagi video ini.

Apakah pengguna bebas ini bisa disebut sebagai Youtuber? Tidak. Karena mereka hanya bisa menonton saja. Apakah pengguna terdaftar atau yang sudah memiliki akun di Youtube bisa disebut sebagai youtuber? Bisa iya dan bisa juga tidak. Pengguna yang sudah memiliki akun bisa disebut sebagai youtuber jika mereka sudah mengupload atau mengunggah video ke youtube. Jika mereka tidak mengunggah video maka hanya bisa menonton dan bisa melakukan reaksi atau feedback pada semua konten video yang telah di tonton.

Apa Reaksinya?
Pengguna youtube yang sudah memiliki akun selain bisa menonton semua video, juga bisa melakukan reaksi atau feedback dari video yang telah ditontonnya. Apa feddbacknya? Mengomentari isi video, memberikan respon Suka atau Tidak Suka (Like and Dislike) dan bahkan bisa menjadi penggemar dari konten video tersebut yang disebut sebagai Subscriber.

Apakah untuk menjadi Subscriber harus memiliki akun youtube? Tentu dan harus dalam keadaan Login. Meskipun sudah punya akun tapi belum Login, tentu tidak bisa melakukan subscribe pada channel yang ada di youtube.

Berapa Sih Penghasilan Menjadi Youtuber?

Nah, berbicara penghasilan youtuber, tentunya selama ini Anda berpikiran kalau penghasilan youtuber itu sangat besar. Bisa menghasilkan jutaaan rupiah hingga puluhan juta rupiah. Padahal tidak semudah itu penghasilan yang mereka dapatkan. Penghasilan menjadi seorang youtuber itu sebenarnya sangat kecil, bahkan bisa-bisa tidak menghasilkan apapun meskipun video yang dibuat sudah puluhan video. Kenapa?

Jika Anda mengetahui penghasilan sebenarnya dari seorang youtuber, mungkin Anda bakalan mundur untuk menjadi seorang youtuber. Apalagi untuk membuat 1 video saja susahnya minta ampun. Ya, video itulah yang menjadi sumber penghasilan Anda. Namun bukan hanya 1 video yang menjadi sumber penghasilannya. Buanyak video!

Dan jika Anda masih baru di dunia youtuber, membuat 1 video yang unik, menarik, yang bermanfaat, dan dibutuhkan oleh orang lain, susahnya minta ampun! Apalagi prosesnya yang harus berhadapan dengan Google sebagai penentu kesuksesanmu di youtube. Kok Google? Di artikel lain di blog ini sudah saya bahas.

Begini ceritanya...
Jika Anda sudah memiliki beberapa video di youtube dan sudah memonetisasi video yang ada di channel youtube Anda, maka video tersebut sudah siap menghasilkan uang karena di video sudah bisa menampilkan iklan. Pernah melihat iklan yang ada di video youtube? Nah, itulah sumber penghasilanmu di video youtube. Iya, iklan yang tampil di video itu yang bisa memberikanmu uang. Mulai dari 100 rupiah hingga menjadi puluhan juta rupiah.

Bagaimana kalau video belum menampilkan iklan? Jangan ngarep bisa menghasilkan uang. 100 video pun kalau belum dimonetisasi atau didaftarkan agar bisa menghasilkan uang dengan ikut Program Google Adsense, gak bakalan video itu memberikan apapun, bahkan views dan subscribernya banyak. Mengenai monetisasi sudah saya bahas di artikel yang lain.

Sekarang Berapa Penghasilan Sebenarnya Menjadi Seorang Youtuber?
Langsung saja ya, kalau bahas teknis agak ribet karena artikel ini saya bikin buat yang tanya-tanya ke saya tentang youtube. Bagi yang sudah ekxpert jika baca artikel ini, tutup saja kalau tidak sesuai dengan pemikirannya. Gini buat yang tanya-tanya, Jika Anda menonton video di youtube, tentu ada banyak video yang menampilkan iklan. Iklan dalam bentuk video juga.

Nah, iklan inilah aset berharga pemilik video di channel youtube tersebut. Iklan yang tayang dalam video youtube tersebut memiliki nilai rupiah dalam 1000 kali tayang. Setiap 1000 kali tayang, rupiah yang dihasilkan adalah sekitar Rp 4.000 - Rp 11.000 atau kalau dalam dollar hanya $0.30 sampai $0.80. Angka Rp 4.000 - Rp 11.000 atau $0.30 sampai $0.80 adalah harga dari sebuah iklan yang tayang khusus untuk Indonesia yang diberikan oleh Google Adsense.

Jika di channel youtube Anda terdapat 1.000 subscriber dan yang menonton video (views) sekitar 500 views dalam 1 hari. Dan 500 views ini tidak mengabaikan iklan yang tayang, misalkan tetap menonton iklan atau melakukan klik pada iklan tersebut. Maka penghasilan dari 1 video tersebut adalah 500x0.3:1000 = 0.15$ dalam 1 hari!. Maka pendapatan yang dihasilkan adalah $0.15 x 14.000 = Rp 2.100 dalam satu hari. Dan dalam 1 bulan, hanya bisa menghasilkan Rp 63.000!

Bagaimana jika channel Anda memiliki 1 juta subscriber dan yang menonton atau yang menayangkan video sekitar 500.000 views dengan aturan iklan yang tayang di video tetap tayang atau di klik. Maka dalam satu hari pendapatan yang dihasilkan sekitar $150. Dan dalam satu bulan 14.000 x 150 = 2.100.000!

Bagaimana dengan video channelnya seorang artis yang bisa mencapai 2.000.000 views. Dollar yang dihasilkan sekitar $600! Sekarang dikalikan dengan nilai tukar rupiah Rp 14.000 maka hasilnya adalah Rp 8 Jutaa hanya dalam 2 jam! Sedangkan kita tahu, views dari video channelnya artis melebihi dari 5 - 10 juta views dalam 1 bulan!

Itu itung-itungan kasarnya loh ya, karena semua kembali ke Google Adsense dalam menerapkan semua penghasilan yang didapatkan oleh seorang youtuber. Selain itu juga, tergantung dari jumlah views bukan jumlah subscriber serta banyaknya jumlah tayang iklan atau iklan yang di klik dalam video. Percuma jika views banyak, subscriber banyak namun iklan di skip terus maka tidak akan menghasilkan apa-apa.

Oleh karena itu, sebelum membuat channel youtube, persiapkan dulu konten video yang akan di upload ke channel Anda. Jangan video yang asal-asalan, karena Anda bukan seorang artis atau public figure yang melakukan apa saja sudah pasti selalu di tonton oleh banyak orang. Meskipun bukan artis, buatlah konten semenarik mungkin dan unik agar orang tertarik dan penasaran untuk menonton video yang Anda upload.

Memang penghasilan menjadi youtuber sangat menjajikan tapi harus mengikuti aturan dan proses yang Ada yang jika Anda masih baru akan dibuat takjub dengan proses yang harus dilalui. Selamat mencoba.

Belum ada Komentar

Posting Komentar