Skip to main content

10 Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona COIVUD-19 ala Digital Poin

10 Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona COIVUD-19 - Tidak dapat dipungkiri, kita hidup berada diantara keadaan yaitu Sehat dan Sakit. Simpelnya kita bisa selalu sehat jika kita keadaan tubuh selalu dalam keadaan prima atau dengan kata lain imun atau kekebalan tubuh dalam kondisi baik. Begitu juga ketika sakit, imun dalam tubuh tidak maksimal ketika kondisi kesehatan juga kurang baik.

10 Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona COIVUD-19
Banyak hal yang mendasari atau menjadi faktor utama seseorang itu Sehat dan sakit. Untuk keadaan sehat, tentu semua sudah mengetahui kalau kondisi tubuh dalam keadaan prima karena sudah menjaga asupan kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan serta pola-pola hidup sehat yang selalu dilakukan dan dijaga setiap hari. (image:thats-what-she-said.ca)

Begitu juga ketika sakit, banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Baik itu secara langsung atau tidak langsung, baik itu terjadi karena kesalahan sendiri dan karena faktor dari luar. Misalkan jatuh dari sepeda, mengalami luka dan sakit, karena datang dari suatu wilayah yang terserang wabah penyakit juga menjadi sakit, karena bersentuhan dengan orang yang sakit, karena lingkungan yang tidak sehat, karena faktor makanan yang dikonsumsi tidak sehat, karena tertular oleh virus atau bakteri dari orang lain atau mahluk hidup lainnya. Banyak sekali yang menjadi faktor penyebab seseorang itu sakit.

Termasuk saat ini, suatu wabah penyakit yang melanda dunia, yaitu wabah virus Corona atau yang biasa dikenal dengan COVID-19. Kita semua sudah tahu informasi tentang virus ini dan sudah tahu dari mana virus ini berasal dan juga sudah tahu bagaimana pemerintah memberikan langkah-langkah awal dalam melakukan pencegahan penyebaran virus Corona ini. Tidak hanya pemerintah, bahkan beberapa pemerhati kesehatan juga memberikan tips bagaimana cara mencegah penyebaran virus Corona atau Covid 19 ini.

Dari semua informasi yang ada di Internet atau yang dikeluarkan oleh berbagai pemerhati kesehatan, bahkan pemerintah Indonesia memberlakukan sistem Social Distancing.

Social distancing adalah mengurangi jumlah aktivitas diluar rumah dan melakukan interaksi dengan orang lain, dengan tujuan agar tidak terjadi kontak langsung dengan orang lain.

Untuk itu kami dari Digital Poin juga sangat menghimbau untuk selalu menjaga kesehatan pribadi, kesehatan keluarga dan lingkungan serta menerapkan pola hidup sehat yang juga disarankan oleh WHO dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona ini diantaranya yaitu:
  1. Kenali gejala dan tanda-tanda terpapar Virus Corona atau COVID-19.
    Dengan mengetahui gejala dan tanda-tanda terpapar virus Corona maka akan memudahkan Anda untuk segera melakukan tes kesehatan dan pengobatan. Meskipun obat atau vaksin untuk virus Corona masih belum Anda tapi tanaga medis akan berupaya untuk tetap mengobati Anda.
  2. Mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun atau hand sanitizer setalah melakukan aktivitas baik didalam rumah atau diluar dirumah.
    Kenapa harus mencuci tangan? Karena kuman, bakteri dan virus terbanyak yang ada pada setiap manusia ada di tangan. Tangan adalah anggota tubuh yang sangat aktif, menyentuh ini, melakukan ini dan sebagainya.
  3. Hindari menyentuh area wajah sebelum cuci tangan.
    Virus corona menyerang saluran pernafasan, jika tangan yang tidak bersih selalu menyentuh arean wajah msialnya hidung maka bakteri, kuman atau virus akan menempel dan terhirup dalam hidung sehingga akan menyebabkan terjadinya pilek, batuk, dan demam jika imun tubuh tidak baik. Untuk itu hindari terlalu sering menyentuh area wajah kecuali tangan sudah bersih.
  4. Hindari kumpul-kumpul dengan teman atau berada dilingkungan ramai jika tidak penting banget.
    Penyebaran virus terjadi karena menyentuh benda yang terpapar oleh virus corona, penularan melalui manusia yang terpapar oleh virus corona dari cairan tubuh mereka yang menular secara droplet yaitu melalui batuk pilek. Untuk itu kenapa tidak boleh berada dikeramaian? Karena kita semua tidak tahu orang-orang yang berada diluar sana, apakah terpapar oleh virus corona atau tidak.

    Inilah salah satu alasan kuat kenapa pemerintah sangat menyarankan untuk tetap tinggal dirumah selama beberapa pekan ini, 2 minggu sampai 3 bulan. Agar penyebaran virus corona tidak bertambah meluas.
  5. Melakukan Self-Isolation jika Sakit dan atau ada anggota keluarga ada yang tidak sehat.
    Poin ini hampir sama dengan poin no. 3 diatas.
  6. Ikuti aturan atau himbauan pemerintah setempat dalam melakukan pencegahan penyebaran virus Corona.
  7. Ikuti aturan atau himbauan tenaga kesehatan setempat dalam melakukan pencegahan penyebaran virus Corona.
  8. Lakukan pola hidup sehat, makan teratur, perbanyak minum air putih, olahraga di rumah secara teratur, jaga kebersihan diri dan lingkungan.
  9. Jangan anggap remeh atau sepele.
    Saat ini masih banyak masyarakat yang terlalu menyepelekan wabah virus Corona atau COVID-19 dengan tidak menjaga kesehatan mereka. Anda boleh tidak peduli dengan kesehatan Anda tapi lihat lah disekitar Anda, imun dalam tubuh Anda mungkin kuat melawan virus namun belum tentu orang-orang disekitar Anda memiliki imun tubuh yang sama kuatnya dengan Anda. Jika Anda terpapar virus Corona dan Anda menyebarkan virus tersebut kepada orang lain, reaksi tubuh mereka akan beda-beda. Maka virus itu akan berpindah ke orang lain karena ulah Anda!.

    Jangankan virus Corona, virus flu biasa saja jika Anda bersin-bersin didepan orang lain katakanlah keluarga Anda, makan jika imun dalam tubuh keluarga Anda itu tidak kuat, mereka akan tertular flu juga.
  10. Cek Kesehatan dan tidak perlu panik. Segera lakukan cek kesehatan atau bantuan medis jika mengalami gejala batuk pilek, deman, dan sesak nafas. Jangan panik, meskipun gejala terpapar virus corona sama dengan batuk pilek biasa, jika segara melakukan cek kesehatan kemungkinan besar untuk menjadi lebih parah akan kecil.
Itulah 10 cara mencegah penyebaran virus Corona atau Covid 19 yang bisa kami informasikan, infomasi diatas kami ambil dari berbagai sumber dan kami rangkum dengan penjelasan sederhana agar lebih mudah dimengerti. Semoga bermanfaat dan semoga kita semua dilindungi dari virus Corona, Aamiin.
Buka Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

4 Komentar

  1. Yang paling digembor-gemborkan pemerintah sekarang ini kan social distancing, masyarakat dihimbau tidak berkerumun. Tapi sayang banget, di daerahku masih banyak banget yang gak peduli dengan himbauan itu. Masih banyak yang nongkrong di kafe juga warkop. Mudah-mudahan tetap diberikan kesehatan saja lah. Susah bikin orang ngerti betapa pentingnya social distancing, padahal di dekat tempat tinggalku sudah ada korban nyawa dari COVID-19 ini.😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Innalillahi... iya mbak, namun bagaimana lagi, banyak alasan yang mereka sampaikan jika diingatkan, khususnya yang berhubungan dengan keadaan ekonomi.

      Aamiin, dan semoga wabah ini segera berlalu

      Hapus
  2. iya kak, semoga kita terhindar dari wabah mematikan ini ya. ayooo semua rajin2 cuci tangan yaak huhuhu

    Tetap sehat dan berbahagia ya kak. Apalagi bahagia katanya meningkatkan sistem imun yee kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, boleh menganggap virus ini sangat berbahaya tapi jangan sampai bikin parno terlalu berlebihan karena tidak baik juga buat kondisi tubuh.

      Hapus