Skip to main content

Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan

Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan - Keberadaan uang memang menjadi salah satu faktor dalam menunjang keberlangsungan hidup setiap manusia, namun besar kecilnya uang bukan menjadi salah satu faktor uang itu selalu ada atau tidak setiap harinya. Penghasilan besar bukan tanpa ada masalah uang itu selalu ada, begitu juga penghasilan kecil tidak selalu menjadi kendala dalam memenuhi kebutuhan setiap hari. Namun yang menjadi faktor utama keberadaan uang agar tetap selalu ada adalah bagaimana mengelola keuangan secara baik dan benar. (image: thestreet.com)

Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan

Seberapa banyak uang yang kita miliki, bukan menjadi jaminan akan memberikan kebahagian dalam hidup kita jika yang ada selalu digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat sehingga keberadaan uang tersebut semakin lama semakin berkurang. Begitu juga sebaliknya, uang yang sedikit bisa membuat yang punya menjadi lebih bermanfaat jika dibandingkan dengan uang yang banyak, jika dalam mengelola keuangan dilakukan dengan sangat baik.

Untuk itu, jika ingin keberadaan uang yang kita miliki bisa berdaya maksimal dan tidak menimbulkan kerugian saat ini atau pada waktu mendatang, alangkah baik untuk mempelajari bagaimana cara mengelola keuangan yang baik. Baik itu untuk diri sendiri atau keluarga. Dan dibawah ini adalah salah satu cara dalam mengelola keuangan yang baik dengan cara menghindari kesalahan dalam mengelola keuangan:

Jangan Menumpuk Tagihan
Jika Anda memiliki tagihan, apapun itu, segera bayar dan jangan di tunda. Meskipun ada kebutuhan lain yang lebih mendesak, gunakan uang yang ada untuk membayar tagihan. Karena tagihan sama halnya dengan hutang piutang, yaitu berhubungan dengan orang lain meski dalam pembayarannya berbeda.

Wajib Menabung
Banyak atau sedikit penghasilan yang Anda miliki, menabung adalah salah satu cara membuat keuangan Anda tetap aman, khususnya untuk jangka panjang. Usahakan untuk tetap menabung, meskipun tabungan yang ada dalam jumlah skala kecil namun manfaat yang didapatkan sangat besar. Jangan hanya selalu berpikiran "Saya tidak bisa menabung karena penghasilan sehari-hari hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari". Apakah Anda tidak bisa menyisihkan uang Rp 1000 - Rp 5000 setiap harinya?

Jangan Meminjam Uang Jika Tidak Ada Manfaatnya
Apa yang Anda rencanakan ketika meminjam uang dalam jumlah besar? Untuk memenuhi kebutuhan perabotan rumah tangga atau untuk usaha? Jika kebutuhannya hanya untuk keperluan yang tidak memberikan hasil dan tidak untuk jangka panjang, lebih baik jangan meminjam karena itu akan menambah beban keuangan Anda. Diwaktu yang akan datang ada tagihan yang semakin membengkak yang bisa jadi tidak terbayarkan karena tidak adanya penghasilan tambahan untuk membayar utang tersebut.

Sisihkan Uang Receh
Pernah mengabaikan uang Rp 100 - Rp 1000 diatas meja? Tentu pernah karena beranggapan masih ada uang dalam jumlah yang lebih besar. Mulai dari sekarang, cobalah menyediakan tempat khusus untuk uang-uang receh tersebut karena sewaktu-waktu uang tersebut pasti dibutuhkan. Cara ini bukan menabung tapi menyisihkan uang-uang receh ditempat khusus yang biasanya terabaikan di meja atau dibawah kursi.

Asuransi
Untuk yang memiliki penghasilan lebih, sangat dianjurkan untuk melakukan asuransi. Asuransi ini bertujuan untuk mengendalikan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terduga, misalnya kesehatan, kerusakan pada kendaraan, dan pendidikan. Jangan takut melakukan asuransi selama perusahaan yang Anda gunakan sangat terpercaya.

Uang memang menjadi faktor yang bisa menentukan keseimbangan hidup dalam memenuhi segala kebutuhan kita sehari-hari, namun bukan dalam jumlah besar atau kecil uang yang kita miliki yang menentukan semuanya tapi bagaimana cara kita dalam mengelola keuangan yang baik dan benar untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

Belum ada Komentar

Posting Komentar