Skip to main content
➜ Cooming Soon.. Hosting Murah Berkualitas!

Cara Membuat Toko Online Menggunakan Whatsapp Terbaru

Cara Membuat Toko Online Menggunakan Whatsapp Terbaru
Cara Membuat Toko Online Menggunakan Whatsapp Terbaru - Sudah menjadi rahasia umum, bahwa saat ini Whatsapp adalah satu-satunya aplikasi yang sangat banyak penggunanya alias paling populer, menurut berbagai sumber saat ini pengguna Whatsapp (WA) sudah mencapai milyaran orang dan itu terus bertambah setiap harinya. Mulai dari anak-anak hingga orang tua semuanya menggunakan WA!

Sepertinya, sudah tidak ada lagi aplikasi dengan fitur yang sama yang bisa menyaingi keberadaan Whatsapp, apalagi semua fitur yang ada di beberapa aplikasi yang sama semuanya sudah ada di Whatsapp. Ditambah dengan adanya 2 aplikasi dengan fungsi yang berbeda yang dimiliki oleh Whatsapp yaitu Whatsapp Personal dan Whatsapp Bisnis, semakin membuat aplikasi ini banyak digunakan oleh orang.

Cara Membuat Toko Online Menggunakan Whatsapp Terbaru
Tidak hanya mengandalkan fitur-fitur yang ada dengan konsep kekinian atau mengikuti perkembangan dan kemauan pengguna, penggunaan Whatsapp juga sangat tergolong mudah, simpel dan tidak terlalu mengandalkan ini dan itu yang membuat pengguna bingung. Whatsapp jauh lebih mudah! Salah satunya adalah menjadikan Whatsapp sebagai Toko Online!

Bagaimana Cara Membuat Toko Online Menggunakan Whatsapp Terbaru?
Saat ini untuk membuat toko online membutuhkan sebuah layanan yang bisa menyimpan semua data base yang ada, mulai data produk sampai dengan data base konsumen. Selain itu, untuk membuat toko online juga dibutuhkan yang namanya domain sebagai alamat online dari brand usaha Anda dan membutuhkan hosting untuk menyimpan segala data yang digunakan. Dan sayangnya juga untuk membuat toko online tidak semudah yang dibayangkan, bahkan toko online dengan tampilan sederhana pun sangat sulit untuk membuatnya.

Salah satu contoh toko online yang menggunakan layanan Blogspot dan dengan tampilan yang sangat baik bisa Anda CEK DISINI, jika Anda tertarik untuk membuat toko online menggunakan Blogspot dan Gratis Domain .com hubungi kami :)

Namun jika Anda tidak memiliki dana lebih untuk membuat toko online menggunakan layanan Blog, Anda bisa menggunakan aplikasi Whatsapp dan membuatnya secara gratis.. tis.. dan tis selamanya. Bagaimana caranya? Gunakan aplikasi Whatsapp Bisnis untuk membuat toko online Anda. Whatsapp Bisnis memiliki banyak fitur dan sangat cocok untuk digunakan sebagai media jualan produk Anda jika dibandingkan dengan Whatsapp Personal.

Di Whatsapp Bisnis terdapat fitur-fitur yang sangat lengkap seperti membuat Autorespon, Menampilkan Toko Online, Mengatur Jam Kerja, Membuat Balasan Otomatis, dan Mengetahui Data Statistik. Lalu bagaimana cara membuat toko online menggunakan Whatsapp?

Fitur Katalog Whatsapp Bisnis
Untuk membuat toko online menggunakan Whatsapp, Anda bisa memanfaatkan fitur terbaru dari Whatsapp Bisnis yaitu Fitur KATALOG. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa membuat katalog atau daftar produk per item sesuai dengan kebutuhan Anda. Sehingga dari proses pembuatan katalog dari produk-produk usaha Anda tersebut, maka tampilannya akan seperti sebuah toko online yang sangat menarik.

Beruntung sekali ada fitur Katalog dari Whatsapp Bisnis ini, dengan fitur ini Anda sudah tidak perlu membeli Domain dan Hosting untuk membuat sebuah toko online, cukup dengan menggunakan Whatsapp Anda sudah memiliki toko online yang selalu berada dalam genggaman Anda dan sangat mudah digunakan! Mudah, cepat dan aman karena calon customer bisa langsung mengetahui nomor ponsel penjual.

Bagaimana Cara Membuat Toko Onlinenya?
Sebelum membuat toko online menggunakan aplikasi Whatsapp Bisnis ini, silahkan update terlebih dulu aplikasi WA Bisnis Anda karena fitur Katalog (Catalog) adalah fitur terbaru dari Whatsapp Bisnis yang baru dirilis pada bulan Oktober 2019 ini dan fitur ini muncul jika aplikasi Whatsapp Bisnis di ponsel Anda sudah terupdate ke versi yang terbaru. Atau jika fitur Katalog sudah ada sebelumnya dan jika item-item produk di Toko Online tidak bisa di share, silahkan Update aplikasi Whatsapp Anda agar fungsi dari fitur Katalog ini bekerja dengan baik.

Berikut Cara Membuat Toko Online di Whatsapp Bisnis:
  1. Buka aplikasi Whatsapp Bisnis Anda, jika belum, Anda pasang dulu dan ambil di Playstore.
  2. Setelah aplikasi WA Bisnis dibuka, pilih buka Setelan (Settings) dengan cara tab tanda (icon) titik tiga di pojok kanan atas.
  3. Selanjutnya buka menu Setelan Bisnis
  4. Buka menu Katalog. Didalam tampilan menu Katalog ini akan tampil Pengelola Katalog. Ditampilan halaman ini Anda bisa menambahkan item-item produk yang akan Anda jual.
    Untuk menambahkan item produk yang dijual, klik icon Plus bulat warna hijau di pojok kanan bawah.

    toko online whatsapp

  5. Selanjutnya akan tampil halaman Kosong yang digunakan untuk menambahkan gambar produk, nama produk, harga produk, deskripsi lengkap produk.
    Berikut tampilan item produk dengan deskripsi yang sudah lengkap.

    toko online membuat toko online

    Jika gambar item produk salah, Anda bisa menggantinya dengan cara: Tab agak lama pada gambar sehingga muncul notifikasi seperti gambar dibawah ini. Pilih Keluarkan dengan icon tong sampah.


  6. Jika item produk dan deskripsi sudah benar dan siap untuk dipajang di Katalog WA, tab Simpan untuk menyimpan item produk yang telah dibuat.

    whatsapp bisnis

  7. Jika saat menyimpan muncul tulisan warna merah "Perlu memperbarui setidaknya satu bidang" berarti ada yang salah atau ada yang belum terisi dibagian deskripsi produk. Koreksi sampai benar dan tab Simpan.

    Cara membuat toko online Cara membuat toko online

  8. Ulangi untuk mengUpload produk-produk yang lain.
  9. Jika item produk sudah benar di upload, maka hasilnya akan terlihat seperti berikut:

    membuat toko online whatsapp

  10. Pada tampilan diatas masih ada icon Jam warna hijau di pojok item produk. Artinya produk katalog Anda masih ditinjau oleh pihak Whatsapp untuk disetujui.

    Jika sudah disetujui maka item-item produk di Katalog sudah bisa digunakan, bisa di share ke teman dan sebagainya.

    Cara Membuat Toko Online Menggunakan Whatsapp Bisnis Terbaru
Untuk produk Katalog yang belum disetujui, Anda tidak bisa membagikan item produk yang telah dibuat. Silahkan tunggu beberapa saat sampai pihak Whatsapp menyetujui produk Katalog Anda. Waktu yang kami butuhkan untuk disetujui oleh pihak Whatsapp kurang lebih 15 menit, dan mungkin waktu ini berbeda dengan yang lainnya.

Cara Membagikan / Promosi item Produk di Katalog
Jika produk yang telah Anda pasang di halaman Katalog Whatsapp telah disetujui oleh Whatsapp, Anda bisa membagikan produk tersebut. Berikut langkah-langkah membagikan produk di halaman Katalog:

Toko Online Whatsapp
  1. Buka menu Katalog. Didalam menu Katalog ini tampil item produk yang telah dibuat, tab salah satu item produk.
  2. Selanjutnya akan tampil halaman produk seperti gambar ini dan klik icon Share (panah) dipojok kanan atas.
  3. Pilih kontak yang akan dibagikan produk Anda dan klik icon Kirim.
  4. Berikut hasil share item produk yang telah berhasil kami kirim ke nomor WA kami sendiri :)
Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video dibawah ini, klik untuk menontonnya:

Cara Membuat Toko Online:
youtube image


Cara Share item Produk:
youtube image


Itulah cara membuat toko online menggunakan whatsapp bisnis, silahkan manfaatkan fitur Katalog yang ada di Whatsapp Bisnis ini sebaik-baiknya untuk mempromosikan produk Anda. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.