Skip to main content
➜ Cooming Soon.. Hosting Murah Berkualitas!

Membuat Blog Tutorial: Artikel Penjelasan, Gambar & Video Panduan

Membuat Blog Tutorial: Artikel Penjelasan, Gambar & Video Panduan
Membuat Blog Tutorial: Artikel Penjelasan, Gambar & Video Panduan - Ada banyak sekali jenis-jenis blog yang bisa dibuat tergantung dari kemampuan dan minat untuk membuat blog tersebut. Salah satu jenis blog yang banyak peminatnya adalah blog tutorial. Blog tutorial adalah blog yang berisi konten tentang tutorial atau panduan yang membahas masalah-masalah khusus dan memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Namun untuk membuat blog tutorial ini tidak semudah membuat blog-blog dengan jenis-jenis tertentu. Misalnya blog data, yang langsung memberikan informasi dalam konten tersebut.

Membuat Blog Tutorial: Artikel Penjelasan Gambar & Video Panduan
Loh apa bedanya blog tutorial dan data? Jenis blog itu sebenarnya banyak sekali macamnya, sedangkan untuk blog tutorial dan data adalah bagian dari pembagian jenis-jenis blog tersebut. Sedangkan macam-macam blog bisa Anda lihat jenisnya di Macam Macam Jenis Blog yang Bisa Anda Buat. Sedangkan perbedaan antara blog tutorial dan informatif adalah dari segi konten yang disampaikan. Blog tutorial berisi konten yang memberikan solusi atau adanya petunjuk dari permasalahan yang disampaikan dalam konten tersebut. Blog tutorial masuk dalam kategori blog informatif yang memberikan dan menyampaikan konten secara lengkap.

Untuk membuat blog tutorial dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman yang baik karena didalam blog jenis ini langsung menyampaikan permasalahan dan memberikan solusi didalam konten yang dibuat. Dan juga dalam membuat blog tutorial ini disertai dengan konten yang benar-benar memberikan penjelasan dari setiap isi yang ada. Seperti apa dan apa saja konten yang harus ada didalam blog tutorial?

Membuat Blog Tutorial: Artikel Penjelasan, Gambar & Video Panduan

Setiap konten yang ada didalam blog tutorial sebenarnya hampir sama dengan blog-blog jenis lainnya, namun untuk blog jenis ini memang diperlukan beberapa atau mungkin banyak penjelasan yang harus disampaikan, baik itu penjelasan singkat atau panjang lebar, yang terpenting bisa dimengerti dan dipahami. Berikut beberapa konten yang ada didalam blog tutorial:

Artikel
Semua blog, bahkan blog untuk jenis wallpaper tetap membutuhkan artikel. Artikel sangat penting keberadaannya untuk sebuah blog. Begitu juga dengan blog jenis tutorial. Artikel yang baik dengan penjelasan yang singkat dan mudah dimengerti akan memberikan pemahaman yang mudah bagi pembaca blog.

Gambar
Sama halnya dengan artikel, gambar sangat dibutuhkan didalam blog tutorial karena gambar bisa memberikan penjelasan yang lebih mudah dimengerti oleh pembaca blog.

Video
Video, haruskah blog tutorial dilengkapi dengan video? Kalau menurut kami, keberadaan video didalam blog tutorial sangat dibutuhkan karena dengan video akan lebih mudah dipahami oleh pembaca blog. Namun jika Anda membaca artikel Haruskah Blog Tutorial Berisi Video Panduan? Maka akan ada pemahaman tersendiri penting tidaknya sebuah video didalam sebuah konten blog.

Sumber Referensi
Memberikan penjelasan tambahan jika beberapa isi dalam artikel yang dibuat berasal dari sumber yang lain namun memiliki kesesuaian dengan ide yang Anda miliki.

Bagaimana Cara Membuat Blog Tutorial?
Untuk membuat blog tutorial, sebenarnya sama saja dengan membuat jenis blog-blog yang lain. Bedanya hanyalah konsep yang dibuat. Kalau untuk membuat blognya silahkan baca di Cara Membuat Blog. Sedangkan untuk konsep dalam membuat blog tutorial yaitu:

Masalah
Meskipun konten yang ada didalam blog tutorial tidak selalu berisi masalah, namun blog jenis ini tetap menyampaikan permasalahan yang perlu dibahas yang dijabarkan dalam bentuk artikel.

Solusi
Karena adanya masalah yang disampaikan maka solusi untuk pemecahan dari masalah tersebut juga harus diberikan yang dijelaskan dalam bentuk teks (artikel), gambar dan video jika dibutuhkan.

Bagaimana dengan blog Anda? Apakah termasuk blog tutorial atau blog dengan jenis lainnya? Jika blog Anda termasuk dalam blog tutorial, jangan lupa untuk memberikan penjelasan yang lengkap didalam artikelnya tersebut dengan konten yang memadai, gambar atau mungkin bisa dilengkapi dengan video.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.