Skip to main content
➜ Bikin Websitemu.. GRATIS Domain & Unlimited Hosting

Macam Macam Jenis Blog yang Bisa Anda Buat

Macam Macam Jenis Blog yang Bisa Anda Buat
Macam Macam Jenis Blog yang Bisa Anda Buat - Keberadaan sebuah blog sudah menjadi bagian terpenting dalam dunia Internet karena sudah banyak sekali blog-blog yang memberikan informasi penting, baik itu secara umum atau khusus. Seiring bertambahnya jumlah blog tersebut, semakin banyak pula macam-macam jenis blog yang bisa ditemukan. Dan blog-blog yang ada tersebut dibuat sesuai dengan kebutuhan, mulai dari blog-blog yang dibuat secara gratisan sampai dengan blog-blog yang dibuat dengan berbagai variasi tertentu.

Macam Macam Jenis Blog yang Bisa Anda Buat
Jika Anda bergelut atau akan membuat sebuah blog, tentunya Anda juga sudah mengetahui berbagai macam jenis blog tersebut. Namun yang umum dan sering banyak digunakan adalah blog-blog dengan platform mudah, mudah digunakan dan mudah dibuat. Salah satunya adalah Blogger atau Blogspot. Namun, meskipun Blogger merupakan salah satu platform blog yang sering digunakan, yang menjadi banyak pilihan adalah blog yang menggunakan Wordpress.org, blog premium dengan segala fitur lengkap yang dimilikinya.

Baca Juga Perbedaan Blog dan Website Serta Cara Membuat.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah membuat blog? Atau memiliki rencana untuk membuat blog? Jika iya, lebih baik kita pelajari terlebih dulu beberapa macam jenis blog yang nantinya bisa kita pilih dan digunakan untuk membuat blog. Berikut beberapa macam jenis blog menurut penggunaan dan konten yang dimilikinya:

Platform Blog
Menurut bentuknya, blog ini terbagi kedalam beberapa kategori yaitu blog gratisan, blog berbayar, micro blog dan blog-blog yang digunakan sebagai journal atau perusahaan.

1. Blog Gratis
Blog yang bisa digunakan oleh semua orang dan tidak perlu membayar untuk menggunakan layanan blog ini. Salah satu layanan penyedia blog gratis adalah Blogspot.com Contoh jenis blog ini adalah digital-poin.blogspot.com

2. Blog Berbayar
Blog yang menggunakan domain dan hosting dalam pembuatannya. Untuk memiliki blog jenis ini Anda harus memiliki domain dan hosting yang bisa Anda dapatkan dipenyedia layanan domain dan hosting. Contoh blog jenis ini adalah digitalpoin.id

3. Micro Blog
Micro blog digunakan hanya sebatas informasi dengan konten utama didalamnya. Baik itu berupa gambar atau teks. Salah satu micro blog yang terkenal adalah Twitter.com atau Line.com

4. Journal Blog
Blog yang digunakan secara umum yang ditulis oleh banyak orang, baik itu sebagai media informasi atau yang lainnya. Salah satu blog jurnal terkenal adalah Viva, Kompasiana atau yang dari luar seperti Livejournal.

5. Corporate Blog
Blog khusus yang hanya digunakan oleh perusahaan yang menampilkan tentang profil perusahaan tersebut.

Blog Berdasarkan Konten atau Isi
Memiliki blog dengan topik tertentu akan membuat pemilik blog tersebut lebih fokus mengembangkan blognya, namun memiliki blog dengan berbagai topik juga sangat baik asalkan bisa mengurusnya dengan baik pula. Nah berdasarkan konten tersebut, blog dibagi menjadi beberapa macam jenis blog yaitu:

1. Niche Blog
Blog yang hanya membahas satu jenis topik khusus, seperti topik Kesehatan, topik Tutorial, topik Pendidikan dan sebagainya.

2. General Blog
Blog yang membahas berbagai macam jenis topik didalamnya. Blog seperti ini dikenal dengan blog gado-gado karena isinya yang memiliki berbagai topik campuran, ada topik Pendidikan, topik Kesehatan, dan sebagainya jadi satu dalam satu blog.

Blog Berdasarkan Tujuannya
Sebelum membuat blog, salah satu poin utamanya adalah tujuan dari pembuatan blog tersebut. Apa tujuan Anda membuat blog? Agar saat membuat blog lebih fokus lagi, alangkah baiknya untuk menentukan tujuan dari blog tersebut. Berdasarkan tujunannya, blog terbagi menjadi beberapa jenis blog yaiut:

1. Personal Blog
Blog yang berisi pengalaman atau pendapat sendiri dari pemilik blog tersebut. Blog personal ini bisa dibuat menggunakan blog gratisan atau berbayar, salah satu contoh blog personal yaitu sahronie.blogspot.com

2. Blog Personal Branding
Blog yang dibuat dengan tujuan agar merek atau produk yang dimiliki jadi terkenal, dan biasanya merek dari blog yang digunakan menggunakan nama pemilik blog tersebut dan atau dari nama produk yang dikembangkan.

3. Blog Monetize
Blog yang dibuat dengan tujuan utama untuk menghasilkan uang. Blog-blog seperti ini bisa berasal dari blog gratisan, blog berbayar, blog dengan niche, blog gado-gado dan sebagainya.

Blog Berdasarkan Formatnya
Berdasarkan format konten, blog dibagi menjadi beberapa macam jenis blog yaitu:

1. Blog Vlog
Blog yang isinya hanya berupa video.

2. Blog Link
Blog yang hanya berisi link-link saja.

3. Photo Blog atau Wallpaper Blog
Blog yang hanya berisi gambar atau foto.

4. Audio Blog
Blog yang berisi audio, seperti blog-blog musik.

5. Blog Iklan
Blog yang hanya berisi iklan saja. Blog seperti ini menjadi penyedia pemasangan iklan, baik itu iklan baris atau iklan gambar.

Dari uraian diatas, jika Anda sudah memiliki blog, termasuk yang manakah blog Anda? Atau buat Anda yang ingin membuat blog, blog seperti apa yang Anda inginkan? Itulah macam-macam jenis blog yang bisa kita ketahui bersama. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.