Skip to main content
Yuk Belajar Wesbite!

Apa Perbedaan Web Developer, Web Designer Dan Web Master?

Apa Perbedaan Web Developer, Web Designer Dan Web Master?
Apa Perbedaan Web Developer, Web Designer Dan Web Master? Meski sama-sama berkubang dalam satu web namun ketiga aktivitas yang berhubungan dengan web ini yaitu Web Developer, Web Designer dan WebMaster ternyata memiliki aktivitas yang berbeda. Dari namanya saja sudah beda tentu untuk aktivitasnya juga berbeda. Akan tetapi meski memiliki pengertian yang berbeda, ketiga jenis aktivitas ini masih banyak yang beranggapan kalau ketiganya adalah sama. Untuk itulah, dalam artikel ini kami mencoba sedikit menjelaskan perbedaan antara web developer, designer, dan master.

Apa Perbedaan Web Developer, Web Designer Dan Web Master
Dan perlu diketahui juga, jika Anda bisa menguasai salah satu dari ketiga aktivitas web tersebut, mungkin Anda sudah tidak ada di blog ini, tidak perlu melakukan blogwalking, atau hal-hal dasar dalam blog. Dan mungkin Anda sudah memiliki perusahaan dalam bidang web dan beberapa karyawan didalamnya. Itu hanya satu yang Anda kuasai, bagaimana kalau ketiganya?

Perbedaan Web Developer, Web Designer Dan Web Master
Kami sendiri masih seorang pemula yang belum begitu paham mengenai ketiga aktivitas di internet ini, namun belajar tentang semua itu adalah sesuatu yang wajar termasuk materi yang kami tulis ini adalah sebagian kecil dari proses belajar kami tentang web dan blog. Mengenai ketiga perbedaan antara web designer, web master dan web developer juga kami pelajari dari berbagai sumber atau referensi di internet seperti dibawah ini:

Web Developer
Web Developer adalah seseorang yang berhubungan dengan pembuatan suatu website atau blog. Web Developer menciptakan aplikasi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrograman atau script-script khusus. Beberapa tugas dan tanggungjawab seorang web developer adalah pembuatan database website, mengatur domain dan hosting, membuat tampilan web, dan sebagainya.

Menjadi seorang web developer bukanlah sesuatu yang mudah, perlu belajar dengan serius, fokus dan tekun. Namun jika Anda sudah bisa menguasai bahasa pemograman dan menjadi seorang web developer maka besar kemungkinan Anda mampu menghasilkan profit yang lumayan besar.

Web Designer
Dilihat dari namanya saja pasti sudah diketahui kalau web designer adalah seseorang yang bertugas memberikan tampilan yang baik, desain website yang bagus sesuai dengan keinginan pemesan atau tampilan yang dibuat sendiri. Intinya tampilan website secara visual dikelola oleh seorang web designer. Beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan web designer ini yaitu menampilkan gambar yang baik, warna yang serasi, animasi, video, dan multimedia lainnya.

Dalam pekerjaannya mereka juga menggunakan kode script tertentu seperti CSS, HTML dan JavaScript serta tool atau aplikasi pembuat animasi atau editor gambar seperti CorelDraw, PhotoShop, AE, dan sebagainya.

Web Master
Kalau web master ini berfokus pada optimasi website atau blog dan memegang kendali pada design serta perkembangan web. Tugas seorang web master lebih berat dari seorang web design dan developer karena seorang web master bisa menjadi web design dan developer. Webmaster inilah yang akan memanage atau mengatur perkembangan website, menjaga agar askes website selalu bisa diakses, menjaga tampilan web, mengoptimasi SEO web, membuat konten, mempromosikan web dan sebagainya. Lebih komplit!

Dari ketiga perbedaan diatas, mana yang lebih baik? Semuanya baik karena semuanya sebenarnya sama-sama mengatur sebuah web atau bahkan beberapa website atau blog. Bahkan jika dilihat dari sisi profitable, semuanya sangat menjanjikan dan menguntungkan. Nah sekarang kita sudah sama-sama mengerti tentang perbedaan web master, web developer, dan web designer, selanjutnya bagaimana cara menjadi mereka? Tentu harus belajar dan banyak latihan yang bisa dilakukan secara mandiri (otodidak) atau melalui kursus secara private. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.