Skip to main content
Segera Lakukan Ini Setelah Mengganti Template Blog!

Segera Lakukan Ini Setelah Mengganti Template Blog!

Segera Lakukan Ini Setelah Mengganti Template Blog! Selama tidak merubah secara keseluruhan kode template blog atau dengan kata lain mengganti template blog maka cara yang kami share ini tidak perlu dilakukan. Mengganti template blog maka akan merubah struktur dari kode html blog tersebut, jika struktur html berubah maka tampilan blog otomatis akan berubah. Dan tentunya yang paling berpengaruh adalah perubahan dari metadata blog itu sendiri.

Metadata html dalam sebuah blog berisi tag-tag html yang berisi informasi penting tentang blog atau website itu sendiri. Meskipun metadata ini tidak ditampilkan secara langsung di halaman blog atau website tapi keberadaan metadata ini sangat penting bagi keberadaan sebuah blog. Dengan adanya metadata inilah keberadaan sebuah blog dan seluruh konten yang ada didalamnya bisa diketahui oleh mesin pencari. Informasi yang ditampilkan di halaman pencarian seperti Google berasal dari metadata yang dimiliki oleh sebuah blog.

Segera Lakukan Ini Setelah Mengganti Template Blog
Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat blog, mengganti template blog, atau merubah kode template blog maka perhatikan penggunaan metadata yang ada disetiap template atau tema yang Anda gunakan khususnya blog dengan platform Blogspot. Namun Anda juga tidak perlu khawatir ketika ingin mengganti template blog Anda karena masing-masing template yang disediakan oleh pembuat template tersebut sudah menyertakan metadata html blog yang sudah baik atau bisa dikatakan sudah memenuhi unsur SEO Friendly meskipun template yang Anda gunakan adalah gratisan.

Baca Juga Meta Tag Seo Friendly dan Valid HTML5 2019

Namun yang perlu dilakukan setelah mengganti template blog secara keseluruhan adalah ada 2 hal yang harus Anda lakukan yaitu:
1. Lakukan Submit URL
Setelah mengganti kode template blog dan merapikan seluruh tampilan blog dengan baik dan sudah lengkap. Segera submit url blog di Google Search Console. Hal ini dilakukan untuk memberitahukan ke googlebot (spider) agar segera mengcrawler ulang blog Anda karena ada perubahan metadata atau struktur html dari blog tersebut. Seperti yang telah kami sebutkan, mengganti template berarti mengganti seluruh tampilan blog termasuk meta tag dan struktur html blog.

2. Update Artikel Baru
Setelah mengganti template blog, segera update artikel baru. Cara ini tujuannya hampir sama dengan poin pertama yaitu agar googlebot bisa mengetahui adanya update terbaru dari blog yang telah mengganti templatenya, yang pastinya setelah URL artikel di submit ke seacrh console. Untuk jumlah artikel yang harus di update cukup 1 saja dan pastinya artikel utama yang sesuai dengan topik blog.

Jika Anda tidak bisa mengupdate artikel baru setelah mengganti template blog, maka yang harus Anda lakukan adalah membuat artikel terbaru terlebih dulu sebelum mengganti template dan jadikan artikel tersebut sebagai artikel draft. Dan setelah template diganti maka artikel draft tersebut langsung dipublish.

Baca Juga Cara Membuat Artikel yang Baik

Jadi saran kami setelah Anda mengganti template blog, segera lakukan dua cara diatas. Jangan membiarkan blog yang tampilannya diganti secara keseluruhan tanpa melakukan submit ulang seperti yang telah kami jelaskan diatas. Karena terkadang beberapa blog yang mengganti templatenya tidak bisa di index oleh Google dan bahkan hilang dari halaman pencarian Google.

Dan saran kami yang terakhir adalah jangan sering-sering mengganti kode template blog secara menyeluruh karena itu akan berdampak buruk pada blog dan seluruh konten blog Anda. Kalau hanya sekedar merubah beberapa tampilan, lebih baik modifikasi kode-kode template yang berhubungan dengan tampilan tersebut. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.