Cara Membuat Email di Google Mail (Gmail.com)

Cara Membuat Email di Google Mail (Gmail.com)

Cara Membuat Email di Google Mail (Gmail.com) - Email atau Elektronic Mail adalah surat elektronik yang digunakan untuk mengirimkan surat secara online atau melalui media internet. Pada awal penggunaannya, email hanya digunakan sebagai surat elektronik, namun seiring perkembangan dunia digital, email tidak hanya sebatas surat elektronik tapi sebagai salah satu media yang sangat penting dalam pembuatan akun, pembuatan blog, pembuatan website dan sebagainya.

Fungsi email saat ini memang banyak sekali, selain sebagai surat elektronik yang bisa mengirimkan file dalam bentuk teks, gambar, video dan file-file aplikasi dalam bentuk zip (file kompres). Keberadaan email saat ini sangat penting dan setiap orang harus memiliki email tersebut. Kenapa harus memiliki email? Tanpa email, Anda tidak bisa menggunakan ponsel Anda secara penuh. Untuk membuka aplikasi dalam ponsel saja, misalnya Google Play Store, Anda diharuskan menggunakan email untuk membukanya.

Apalagi jika Anda sebagai seorang blogger atau internet marketing (tukang jualan di internet) maka Anda harus bahkan wajib memiliki 1 email bahkan beberapa email. Jika tidak memiliki email, jangan harap Anda bisa menjadi seorang blogger, jangan harap Anda memiliki sebuah blog, jangan harap Anda bisa jualan di internet. Lantas bagaimana cara membuat email?

Cara Membuat Email di Google Mail (Gmail.com)

Persiapan Sebelum Membuat Email di Google Mail (Gmail.com)

Sesuai judul artikel ini, untuk membuat email sebenarnya tidak hanya menggunakan Google Mail (Gmail) tapi bisa juga menggunakan layanan penyedia email lainnya seperti Yahoo Mail, Outlook, Yandex Mail, Mail, Aol Mail, Proton Mail, Zoho Mail, iCloud Mail, Facebook Mail, dan banyak lagi yang bisa Anda temukan di Google dengan menggunakan kata pencarian "free mail" atau "layanan email gratis".

Diantara banyaknya penyedia layanan email yang bisa ditemukan di Google, mana yang harus digunakan?
Kami sangat menyarankan untuk menggunakan Google Mail atau Gmail dalam membuat email, kenapa? Karena Gmail adalah satu-satunya penyedia email gratisan yang banyak digunakan, baik oleh diri sendiri dan media lainnya. Untuk pertama kali, lebih baik Anda menggunakan Gmail, jangan lainnya dulu. Untuk yang lainnya boleh digunakan setelah Anda memiliki email dari Gmail ini :)

Sebelum membuat email, ada beberapa persiapan yang harus Anda persiapkan agar saat membuat email Anda tidak kebingungan saat membutuhkannya. Berikut hal-hal yang harus Anda persiapkan:
  1. Laptop: Digunakan untuk membuka dan mengakses internet, jadi pastikan Anda sudah memiliki akses atau terhubung dengan internet.
  2. Ponsel: Digunakan untuk verifikasi akun email yang telah dibuat agar keamanan akun email Anda tetap terjaga.
  3. Kertas dan pulpen: Digunakan untuk menulis dan mencatat alamat akun email dan password email yang telah berhasil dibuat. Dengan tujuan agar tidak lupa. Jika tidak apa kertas atau pulpen, bisa menggunakan aplikasi notepad atau microsoft word yang ada di laptop atau di ponsel.
  4. Data pribadi: Digunakan untuk mengisi data akun email Anda.

Cara Membuat Email di Google Mail (Gmail.com)

Setelah membaca beberapa penjelasan diatas, berikut cara membuat email yang bisa dilakukan dengan menggunakan laptop atau komputer. Apakah membuat email bisa menggunakan ponsel? Bisa, silahkan baca Cara Membuat Email Menggunakan Ponsel

Silahkan perhatikan langkah-langkah dalam membuat email berikut ini:
  1. Pastikan laptop atau komputer sudah terhubung dengan internet.
  2. Buka browser Google Chrome di laptop atau komputer Anda. Setelah browser terbuka, maka akan muncul tampilan halaman seperti gambar dibawah ini:
    Membuat Email Google
  3. Buka link http://mail.google.com‎ atau klik menu Gmail yang ada di browser, perhatikan gambar berikut:
    Bikin Email Google
  4. Setelah http://mail.google.com terbuka atau Anda mengklik menu Gmail, maka akan muncul tampilan halaman seperti dibawah ini dan langsung klik BUAT AKUN
    Buat Email Google
  5. Selanjutnya akan terbuka halaman seperti dibawah ini dan isi kolom sesuai dengan data nama Anda. Sebagai contoh, nama Anda adalah Dewi Andini, isi kolom Nama Depan dan Nama Belakang sesuai nama Anda. Bagaimana jika hanya memiliki Nama Depan saja? Misalnya Maryam, untuk nama belakang isi saja dengan kata lain sesuka Anda, bisa dengan angka atau huruf.

    Membuat Email

    Membuat Email

    Setelah mengisi nama pada kolom, isi kolom Nama Pengguna dengan nama Anda. Jika namanya Dewi Andini, diisi dengan dewiandini sehingga nanti akan terlihat dewiandini@gmail.com

    Selanjutnya isi kolom Sandi. Sandi ini bisa disebut juga sebagai Password yang akan digunakan untuk Login (masuk) ke akun email Anda nantinya. Isi kolom Sandi dengan kombinasi angka, huruf dan simbol dan mudah diingat. Untuk menjaga keamanan akun email Anda, jangan mengisi Sandi atau Password dengan tanggal lahir, angka, nama sendiri, atau salah satu nama keluarga. Contoh Sandi: Fr35b4#Gt

    Agar sandi atau password yang dibuat tidak lupa, tulis terlebih dulu di kertas, begitu juga dengan alamat email Anda.

    Jika form data akun email sudah terisi semua, klik tombol Berikutnya
  6. Saat mengklik tombol Berikutnya tampil halaman berikut ini, itu artinya sudah ada alamat email dewiandini@gmail.com yang menggunakan. Solusinya, silahkan tambahkan angka atau huruf dibelakang alamat email tersebut, contonya: dewiandini.id@gmail.com, dewiandini.admin@gmail.com, dewiandini.2019@gmail.com, dan seterusnya sampai alamat email yang dimasukkan tersedia. Misalkan dewiandini@gmail.com diganti dengan dewiandini.2019@gmail.com

    cara buat email

    Setelah mengganti alamat email dan mengklik tombol berikutnya, akan tampil halaman form seperti gambar berikut ini. Isi semua form, kecuali form alamat email pemulihan tidak perlu diisi karena Anda belum memilikinya, kecuali setelah Anda membuat email kedua setelah ini, boleh diisi.

    membuat email terbaru

    cara membuat email terbaru

    Setelah semua form terisi, klik tombol Berikutnya
  7. Selanjutnya lakukan verifikasi nomor ponsel, klik tombol Kirim. Ini dilakukan untuk menjaga keamanan akun email Anda.


    Masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui email. Contoh kode verifikasi: G-760835

    Membuat Email Blog

    Jika sudah menerima kode verifikasi melalui email, masukkan kedalam kolom dan klik tombol Verifikasi

    Membuat Email
  8. Pada tampilan selanjutnya, silahkan pilih Ya, Saya ikut

    Membuat Email Gmail
  9. Pada halaman berikutnya, scrool dulu kebawah dan klik tombol Saya Setuju

    Membuat Google Mail
  10. Tunggu sejenak (loading), Anda akan diarahkan ke akun email Anda di Gmail dan setelah itu akan tampilan halaman Selamat Datang, klik tombol Berikutnya, lalu klik tombol OK

    Cara Membuat Email Baru

    Membuat Email Baru

    Cara Membuat Email
  11. Dan akun email Anda sudah jadi.
Kini Anda sudah berhasil membuat email dengan menggunakan gmail, setelah selesai membuat email, selanjutnya apa yang harus dilakukan? Berikut hal-hal yang wajib Anda lakukan setelah membuat email:
  1. Simpan akun email (alamat dan password email) dengan sebaik-baiknya, jangan sampai lupa. Inilah alasannya kenapa kami sangat menyerankan untuk mencatat alamat email dan password Anda.
  2. Pastikan nomor ponsel selalu aktif sampai kapanpun, karena nomor ponsel ini digunakan untuk memverifikasi akun Anda jika Anda login menggunakan laptop atau komputer lainnya atau ditempat lainnya. Jika suatu saat Anda ingin mengganti nomor ponsel yang terhubung dengan akun email Anda, pastikan Anda juga mengganti nomor ponsel yang terhubung tersebut di akun email Anda. Baca Cara Mengganti Nomor Ponsel Akun Email
  3. Jangan membagikan kata sandi atau password akun email kepada orang lain, sekalipun itu pasangan Anda. Suruh saja pasangan Anda membuat email. Ingat, email termasuk salah satu data pribadi seseorang. Boleh-boleh saja orang lain mengetahui isi email yang Anda sendiri memberitahunya, tapi sangat tidak disarankan orang lain mengetahui data akun email Anda, khususnya password atau kata sandi.
Bagaimana jika saya lupa dengan alamat email Anda? Jika alamat email Anda lupa, misalnya alamat emailnya adalah dewiandini2019@gmil.com, baca tipsnya Cara Mengatasi Alamat Email yang Lupa

Bagaimana jika saya lupa dengan password atau kata sandi akun email saya? Baca Cara Membuka Email Lupa atau Password Hilang

Itulah cara membuat email menggunakan gmail atau google mail terbaru dan terlengkap. Gunakan secara bijak akun email Anda, jangan sampai pihak Google menghapus akun Anda karena penggunaan yang tidak wajar.
Artikel Sebelumnya:
Artikel Selanjutnya:
Buka Komentar
Bisnis Fun
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.
Blogger
Disqus
Diskusi yuks...

Tidak ada komentar