Skip to main content
Dampak Buruk Menggunakan Hosting Gratisan

Dampak Buruk Menggunakan Hosting Gratisan

Dampak Buruk Menggunakan Hosting Gratisan - Ketika Anda membuat blog atau website maka yang ada butuhkan adalah sebuah domain dan hosting sebagai media penyimpanan. Hosting digunakan untuk menyimpan berbagai media yang akan dimasukkan kedalam sebuah website dengan url domain. Dalam penggunaan sebuah web hosting, ada 2 cara untuk mendapatkan dan menggunakannya yaitu dengan cara membeli hosting (berbayar) atau dengan cara gratisan.

Namun sayangnya dengan alasan minim biaya, banyak para blogger pemula yang lebih tertarik dalam menggunakan hosting gratis daripada yang berbayar. Sebenarnya tidak ada masalah Anda menggunakan web hosting gratisan asalkan tujuan dari penggunaan hosting gratisan untuk blog atau website Anda tersebut digunakan sebagai pembelajaran dalam membangun atau membuat sebuah website atau blog.

Dampak Buruk Menggunakan Hosting Gratisan

Dampak Buruk Menggunakan Hosting Gratisan

Akan tetapi jika Anda mengetahui dampak buruk yang ditimbulkan dalam menggunakan hosting gratis ini, mungkin Anda akan berpikir 2x untuk menggunakan hosting gratis. Ada dampak buruk dalam menggunakan hosting gratis yang perlu diketahui yaitu:

1. Server Tidak Stabil
Jangan harap mendapatkan akses yang stabil saat membuka website atau blog Anda jika menggunakan hosting gratis. Jangankan yang gratis, hosting yang berbayar pun terkadang masih mengalami gangguan. Ingat faktor terpenting dalam mengakses atau membuka blog atau website Anda adalah kecepatan server. Jika blog atau website Anda sangat lambat alias lemot maka besar kemungkinan para pengunjung (Visitor) blog Anda akan tidak betah dan kecewa.

2. Kapasitas Terbatas
Kapasitas penyimpanan file jika menggunakan hosting gratis tentu terbatas dan dibatasi. Sehingga dalam menyimpan berkas-berkas website akan terganggu bahkan tidak bisa diakses. Jangan biarkan blog atau website Anda terganggu dengan keberadaan hosting gratis apalagi jika blog atau web Anda sudah mulai besar, Anda akan bingung sendiri dalam mengatur perpindahan berkas-berkas ke hosting yang baru atau berbayar. Jadi, jika Anda ingin membuat website atau blog dengan hosting, lebih baik langsung menggunakan hosting berbayar agar Anda secara bebas dalam mengatur file-file yang akan digunakan atau disimpan.

3. Keamanan Data Tidak Terjamin
Tentu saja pihak penyedia hosting gratisan tidak akan peduli dengan data atau file-file yang Anda simpan. Mereka hanya menyediakan tempat, masalah keamanan belum tentu mereka menjaminnya dengan baik. Bayangkan saja ketika Anda menggunakan hosting gratis dan tiba-tiba adalah gangguan dari server penyedia hosting gratisan tersebut sehingga membuat seluruh data Anda hilang, siapa yang akan disalahkan?

4. Tidak Full Support
Ketika blog atau website Anda mulai tumbuh dan besar namun menggunakan hosting gratis, tiba-tiba ada masalah pada blog atau website Anda yaitu blog tidak bisa diakses, server lemot, file-file yang tersimpan hilang atau masalah-masalah lainnya. Ketika Anda membutuhkan bantuan, Anda tidak akan direpon dengan cepat, bisa-bisa diabaikan dan tidak dipedulikan.

Untuk itulah, jika ingin membuat dan mengembangkan blog bisnis dan ingin menggunakan hosting, lebih baik menggunakan hosting berbayar. Hosting berbayar tentunya lebih terjamin dan yang pastinya ada full support jika ada gangguan pada website Anda yang berhubungan dengan server. Untuk mendapatkan hosting murah dan berkualitas, silahkan baca Jasa Penyedia Hosting Terbaik Indonesia

Itulah sekilas tentang dampak buruk menggunakan hosting gratis yang dapat terjadi pada website atau blog Anda. Jika tidak ingin menggunakan hosting pada blog atau website Anda, buatlah blog di Blogspot.com dan lakukan custom domain pada blogspot tersebut, Anda hanya butuh domain saja dan tidak perlu hosting seperti pada blog digitalpoin.com ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.