Skip to main content
Menu

Tips Memilih Perumahan untuk Tempat Tinggal

Tips Memilih Perumahan untuk Tempat Tinggal

Oleh karena itu, sebelum bertempat tinggal diperumahan, ada beberapa tips memilih perumahan yang sesuai dengan pilihan Anda

Baca Juga

Bertempat tinggal diperumahan tentunya sangat berbeda dengan bertempat tinggal dirumah yang dibangun dengan perencanaan, proses dari awal hingga desain rancangan rumah yang akan dibuat. Sedangkan perumahan adalah rumah yang dibuat sesuai dengan konsep pengembang dengan berbagai desain yang sama anatar satu rumah dengan rumah yang lainnya.

Tips Memilih Perumahan untuk Tempat Tinggal

Meskipun perumahan memiliki bernagai tipe, semua desain yang dibuat tetap dari pengembang sehingga mau tidak mau setiap customer menyesuaikan pilihan mereka sesuai dengan kebutuhan rumah yang mereka inginkan.

Apalagi semakin besar ukuran tipe rumah, semakin mahal biaya beli rumah tersebut, namun belum tentu sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Karena terkadang perebdaan anatar tipe rumah tertinggidan terendah hampir sama. Perbedaan keduanya hanyalah luas rumah dan adanya penmabahan ruangan atau tidak.

Oleh karena itu, sebelum bertempat tinggal diperumahan, ada beberapa tips memilih perumahan yang sesuai dengan pilihan Anda atau sesuai dengan yang Anda butuhkan. Memilih disini bukan harus memilih perumahan yang besar dan luas, akan tetapi menyesuaikan dengan keadaan Anda sekarang dan beberapa tahun kedepan.

Memilih perumahan yang tepat untuk menjadi tempat tinggal adalah keputusan penting dalam hidup Anda bersama keluarga. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari lokasi, fasilitas, anggaran, hingga keamanan. Akan tetapi faktor yang paling utama adala jumlah anggota keluarga Anda yang akan tinggal dalam satu rumah tersebut.

Jika Anda hanya bersama istri Anda atau hanya ada 2 orang yang akan tinggal diperumahan tersebut, memilih perumahan untuk masa depan Anda dan keluarga juga perlu dipertimbangkan.

Tips Memilih Perumahan untuk Tempat Tinggal

Berikut tips-tips yang berguna untuk membantu Anda dalam memilih perumahan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Simak dengan baik, ya!

1. Lokasi Perumahan

Tentukan dan pertimbangkanlah lokasi perumahan yang Anda inginkan. Apakah Anda ingin tinggal di tengah kota yang ramai atau lebih suka suasana yang tenang di pinggiran kota?

Faktor-faktor seperti jarak ke tempat kerja, sekolah, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan juga perlu dipertimbangkan. Pastikan bahwa lokasi perumahan tersebut memiliki akses yang mudah dan cukup fasilitas yang diperlukan.

2. Fasilitas Perumahan

Periksa fasilitas yang tersedia di dalam dan sekitar perumahan yang ingin Anda pilih. Apakah terdapat area rekreasi, taman bermain anak, kolam renang, atau pusat kebugaran?

Pastikan bahwa ada fasilitas umum seperti tempat ibadah, supermarket, dan transportasi umum yang mudah dijangkau. Semakin lengkap fasilitas yang tersedia, semakin nyaman Anda akan tinggal di perumahan tersebut.

3. Keamanan Perumahan

Keamanan adalah salah satu hal yang paling penting dalam memilih perumahan. Pastikan bahwa perumahan yang Anda pilih memiliki sistem keamanan yang baik, seperti pagar yang tertutup, sistem keamanan 24 jam, dan kamera pengawas.

Selain itu, perhatikan juga tingkat kejahatan di sekitar perumahan tersebut. Anda dapat mencari informasi ini melalui masyarakat sekitar, atau kepolisian setempat.

4. Biaya Perumahan

Tentukan anggaran yang Anda siapkan untuk membeli atau menyewa perumahan. Jangan terlalu memaksakan diri untuk memilih perumahan yang di luar kemampuan keuangan Anda.

Sebelum memutuskan untuk membeli perumahan baik itu cash atau kredit, buatlah perencanaan keuangan yang matang dan pastikan bahwa cicilan atau biaya sewa perumahan tersebut masih terjangkau setelah memenuhi kebutuhan hidup lainnya.

5. Bangunan dan Infrastruktur

Sebelum membeli atau menyewa perumahan, pastikan untuk memeriksa kondisi bangunan dan infrastruktur yang ada. Periksa apakah ada kerusakan atau kebocoran pada dinding, atap, dan pipa.

Selain itu infrastruktur seperti listrik, air, dan internet berfungsi dengan baik dan jika ada masalah, bicarakan dengan pengelola perumahan untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Perlu diingat, ketika Anda sudah memulai proses pembelian unit rumah makan proses pengerjaan atau pembangunan rumah akan dikerjakan. Dari proses pengerjaan ini sedikit banyak tidak melibatkan Anda. Karena dalam proses pembelian sudah dijelaskan secara detail bangunan-bangunan atau ruangan-ruangan yang akan dibuat.

Jadi ketika perumahan sudah selesai dibuat untuk Anda, mau tidak mau seperti apapun bentuknya sudah sesuai dengan kesepakatan. Tapi Anda tetap wajib melakukan cek setiap detail bangunan yang sudah selesai dibuat. Apakah ada yang rusak atau tidak.

Apalagi jika Anda ditawari unit rumah yang sudah selesai dibangun, yang biasanya selesai 80% hanya tinggal proses pembuatan dapur, pemasangan air, listrik dan bagian depan rumah. Anda harus lebih cermat lagi untuk mengecek apakah bangunan yang sudah dibuat itu masih bagus dan tidak retak.

Jangan sampai Anda menerima atau tinggal dirumah dengan kondisi yang tidak sesuai dengan keinginan Anda. Meskipun memilih tipe perumahan yang kecil, Anda tetap berhak mendapatkan layanan yang sama dengan yang lainnya. Karena disini Anda membayar!

Banyak sekali sebenarnya yang harus diperhatikan sebelum memilih perumahan untuk tempat tinggal Anda dan keluarga. Mulai dari kepemilikan sertifikat tanah dan rumahnya, kepemilikan meteran listrik (PLN), proses pembayaran cash atau credit, dan biaya-biaya tak terduga yang harus Anda tanyakan.

Baca Juga: Perumahan Shila Sawangan Bermasalah

6. Jumlah Keluarga

Faktor utama dalam memilih tempat tinggal diperumahan adalah berapa jumlah Anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah tersebut. Semakin banyak jumlah anggota keluarga, maka kebutuhan ukuran perumahan yang dibutuhkan juga semakin luas.

Tentunya hal ini juga memengaruhi keuangan Anda, butuh anggaran yang lebih besar jika memilih tipe perumahan dengan ukuran yang lebih luas. Jika anggaran tidak cukup untuk membeli rumah, pikirkan untuk melakukan pembelian dengan cara kredit dengan catatan keuangan Anda masih cukup untuk kebutuhan keluarga.

Memilih perumahan yang tepat memang membutuhkan waktu dan pemikiran yang matang. Namun, dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan Anda dapat menemukan perumahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat mencari perumahan impian Anda!